Monday, February 8, 2021

Mengenal AKM

 

Senin, 8 Februari 2021

Tantangan Menulis Blog hari ke-8

Lomba Blog PGRI

Mengenal AKM

Oleh Lusia Wijiatun 

Masih banyak timbul pertanyaan AKM itu bagaimana, banyak diantara kita pendidik belum begitu jelas bagaimana maksudnya.Pada masa pandemi ini, hampir segala bentuk kegiatan tidak  dapat dilakukan secara langsung. Kegiatan Pembelajaran jarak jauh tidak hanya untuk para  peserta didik, namun para guru pun idealnya mengikuti pembelajaran jarak jauk juga.

Sebagai guru hendaknya ahtif mencari informasi yang berhubungan dengan pendidikan. Apalagi banyak media yang menyediakan berbagai informasi sebagai refrensi untuk mengetahui hal-hal baru yang tidak dapat diperoleh secara langsung.

Apabila tidak mau ahtif dengan berbagai media yang tersedia saat ini,  maka akan banyak ketinggalan. Bagaimana tidak, kita akan buta sama sekali dengan yang namanya informasi.

Bersyukur sekali bu Widi, yang walau rada-rada gaptek masih mempunyai banyak keingitahuan.Tak jarang dia membuka menutup androidnya untuk mencari berbagai informasi. Bu Widi juga menyadari kemapuan iptek yang dimilikinya merupakan kemampuan dadakan atau karena terpaksa.

Namun sekarang sudah menjadi hal yang biasa, meski terkadang masih bertanya ke sana ke sini, demi untuk memenuhi keingitahuannya itu. Seperti saat ini, banyak yang membicarakan apa itu AKM.Beberapa teman bu Widi  menganggap dirinya senior  sering menanyakan hal itu kepadanya.Penasaran ya, mari belajar bersama dengan bu Widi yang sedang mencari tahu tentang AKM.

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)

Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. Terdapat dua kompetensi mendasar yang diukur AKM: literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Baik pada literasi membaca dan numerasi, kompetensi yang dinilai mencakup keterampilan berpikir logis-sistematis, keterampilan bernalar menggunakan konsep serta pengetahuan yang telah dipelajari, serta keterampilan memilah serta mengolah informasi. AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekedar penguasaan konten.

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia dan untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.( sumber: hasilun.puspendik.kemendikbud.go.id)

 Dalam chanel youtubenya Mentrin Nadien Makarim menjelaskan bahwa Peningkatan sistem evaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan merdeka belajar yang didukung sepenuhnya oleh Presiden Jokowi. Dengan tujuan utama untuk mendorong mutu pembelajaran dan hasil belajar para murid. Untuk itu kemendikmen mengeluarkan kebijakan Asessmen Nasional yang dirancang bukan hanya sebagai pengganti Ujian Nasional.Tepatnya sebagai penanda perbahan paradigma  pendidikan. Perubahan mendasar  Asasmen Nasional adalah tidak lagi  hasil pencapaian murid secara individu, tapi  untuk mengevaluasi sistem pendidikan berupa input, proses  dan hasil belajar. Potret pelayanan   dan kinerja dan hasil dari tiap sekolah sebagai cermn  kita bersama-sama melakukan refleksi untuk mempercepat perbaikan sistem pendidikan di Indonesia.

Asesmen Nasional terdiri dari tiga bagian yaitu, 

1.Asesmen Kompetensi Minimum(AKM) 

Dirancang untuk capaian murid dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi. Kedua aspek  minimum menjadi  syarat  untuk berkontribusi dalam masyarakat terlepas dari bidang kerja dan karir yang ingin ditekuninya  dimasa depan. Fokus pada kedua aspek tersebut bukan berarti mengecilkan mata pelajaran lainnya. Karena justru membantu murid dalam bidang lainnya.terutama untuk berpikir  dan mencerna dalam bentuk tertulis maupun angka atau kwantitatif .Kemapuan numeratif mencakup keterampilan berpikir logis dan sistimatis.

2.Survey Karakter

Dirancang untuk mengukur pencapaian murid dari hasil belajar sosioemosional berupa karakter untukk mencetak profil pelajat Pancasila. Dengan enam indikator utama yaitu, 

            a.beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berahklak mulia

b.kebhineka tunggal

c.kemandirian

d.gotong royong

e.bernalar kritis

f. kreatifitas 

3. Survey Lingkungan Belajar

Untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran lingkungan  sekolah. Asesmen Nasional 2021  dilakukan sebagai pemetaan dasar ,deslai  dari kwalitas yang nyata dari lapangan  sehingga tidak ada koskwensi bagi sekkolah dan murid.

Kemendikbud juga akan membantu sekolah dan dinas pendidikan dengan cara menyediakan laporan hasil  asesmen yang menjelaskan profil ,kekuatan dan karya perbaikan sekolah dan daerah sehingga sangat penting dipahami oleh kepala nsekkolah dan guru ,murid dan orang tua bahwa asesemen nasional 2021 tidak memerlukan  persiapan khusus maupaun tambahan sehingga menjadi beban fisikologi, todak usah cemas tidak perlu bimbel.untuk Sesmen Nasional. Dalam halmini mentri Ndiem Makarin mengajakk kkita untuk mensuksekan pelaksanaan Asesmen Nasional 2021. Diman asesmen Nasional merupakan bagian ndari reformasi pendidikan di Indonesia.

 

Demikian teman-teman sedikit ulasan tentang AKM yang diperoleh bu Widi, untuk selanjutnya masih dalam tahap belajr juga. Meskipun kebijakan AKM sudah sejak tahun lalu ita dengar, namun terkadang nuntukk memahami butuh proses,apalagi di usia seperti bu Widi yang tidak lagi muda ini. Namun masih tetap memounyai semangat yang tinggi,rasa ingin tahunya membuatnya selalu bersemangat. Semoga bu selalu sehat agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik. Amin

 

Salam Literasi

Salam sehat dan Bahagia

Lusia Wijiatun,S Pd

No pokok anggota PGRI 07030489783

Lusiaucis07blogspot.com

5 comments:

  1. Terimakasih infonya Bu, jadi semakin tergambarkan tentang AKM

    ReplyDelete
  2. Mantap ulasannya Bu...menbah wawasan tentang AKM

    ReplyDelete
  3. Terima kasih ulasannya Bu,semakin menambah wawasan tentang AKM,semangat dan terus berkarya

    ReplyDelete
  4. Terima kasih ulasannya bu,menambah wawasan ttg AKM

    ReplyDelete