Tema : Membangun
Indonesia melalui dunia Pendidikan dengan pembelajaran dalam jaringan yang
efektif dan menyenangkan.
Judul : Pembelajaran di Tengah Pandemi
Oleh Lusia Wijiatun,S.Pd
Indonesia adalah negara
kepulauan yang terletak di garis Khatulistiwa.Pulau yang terdiri dari pulau
besar dan kecil membentang luas di antara dua Samudra, beberapa pulau terpisah oleh selat,
teluk dan lautan luas,sehingga disebut Zambrud Khatulistiwa.Selain itu negara Indonesia yang memilik tanah yang subur, hijau membentang bagaikan
permadani di pelataran. dan mendapat julukan sebagai Paru-paru dunia.
Indonesia yang indah terlepas
dari penjajahan bangsa lain pada tangggal 17 Agustus 1945.Ketika itu baru saja
dijajah oleh bangsa Jepang, namun sebelumnya sudah dijajah bangsa asing lainnya,
dan yang sangat lama menjajah adalah Belanda. Penjajahan Belanda tidak
terhitung dengan puluhan tahun tapi lebih terkenal dengan ratusan tahun yaitu 350 tahun yang disebut juga 3,5 abad. Waktu yang demikian lamanya membuat
hampir seluruh hasil bumi Indonesia terkuras habis.
Sangat bersyukur,berkat
perjuangan para pahlawan negara Indonesia dapat terlepas dari penjajahan. Pada
masa penjajahan, banyak putra bangsa Indonesia
yang tidak dapat mengenyam
pendidikan,hanya kalangan bangsawan dan orang-orang kaya saja yang dapat menikmati pendidikan kala
itu.
Kaum perempuan pun tidak
banyak yang mendapat pendidikan,perempuan yang dianggap rendah tidak perlu
bersekolah. Hingga suatu hari ada seorang perempuan bangsawan membela kaum
perempuan. Akhirnya dapat mengenyam pendidikan dimulai dari sekolah
keputrian. Kartini adalah seorang putri bangsawan yang dapat merasakan
penderitaan kaun perempuan. Melalui surat-suratnya Kartini menceritakan kepada
sahabatnya yang ada di Eropa. Kumpulan surat-surat Kartini disebut Habis gelap terbitlah terang.
Banyak tokoh lainnya juga yang memperjuangkan pendidikan.
Tujuan utama pendidikan
nasional ketika terlepas dari penjajahan yaitu mencerdaskan dan meningkatkan
kualitas serta kemampuan bangsa. Tujuan yang sebenarnya dari pendidikan zaman kemerdekaan adalah untuk mengisi tata kehidupan dan pembangunan. Namun karena kondisi saat itu, kondisi
politik yang tidak stabil berpengaruh dengan dinamika pendidikan saat itu. Maka
terjadi perubahan arah dan orientasi pendidikan nasional misalnya pada masa
awal kemerdekaan .
Melalui SK Mertri pendidikan,pengajaran dan kebudayaan No.104/Bhg.0 tanggal 1 Maret 1946 tujuan pendidikan berorientasi pada usaha menanamkan jiwa patriotisme dan lebih jauh dimaksudkan untuk menghasilkan patriot-patriot bangsa yang rela berkorban untuk bangsa dan negaranya. Pada tanggal 25 November 1945 berdiri Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) yang mempunyai asas-asas perjuangan sebagai berikut:
Melalui SK Mertri pendidikan,pengajaran dan kebudayaan No.104/Bhg.0 tanggal 1 Maret 1946 tujuan pendidikan berorientasi pada usaha menanamkan jiwa patriotisme dan lebih jauh dimaksudkan untuk menghasilkan patriot-patriot bangsa yang rela berkorban untuk bangsa dan negaranya. Pada tanggal 25 November 1945 berdiri Persatuan Guru Republik Indonesia ( PGRI) yang mempunyai asas-asas perjuangan sebagai berikut:
1. Mempertahankan
dan menyempurnakan Republik Indonesia
2. Mempertinggi
tingkat pendidikan dan pengajaran sesuai dengan dasr-dasar kerakyatan.
3. Membela
hak dan nasib buruh pada umumnya dan guru pada khususnya.
Masa itu pendidikan di
Indonesia tidak berjalan sepenuhnya,karena pada saat itu indonesia masih dalam
masa agresi dari Belanda ,sehingga para pengajar pun ikut berjuang untuk
mempertahankan kemerdekaan .
Banyak muridpun mengungsi ke
tempat lain dan tidak dapat melanjutkan pendidikannya,sekolah ditutup.Saat Indonesia sudah mulai aman
sekolah bengangsur angsur dibuka kembali. Sekolah-sekolah di Indonesia normal kembali setelah perang
kemerdekaan berakhir pada akhir 1949.
Hingga masa kemerdekaan
pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menentukan tujuan pendididikan di
Indonesia agar lebih jelas dan maju.Dengan demikaian maka bisa mengarah pada
pencapaian kompetensi yang dibutuhkan
serta pembelajaran yang kondusif dan efektif. Berdasarkan tujuan tersebut banyak dikeluarkan kebijakan dalam bidang pendidikan yang digunakan
untuk merencanakan dan mengatur
pendidikan. Setelah
kemerdekaan pendidikan di Indonesia
berlandaskan Pancasila dan UUD 1945. Salah satunya adalah UUD1945 pasal 31 yang
mengatur mengenai sistem pendidikan nasional.
Berdasarkan uraian di
atas sebagai guru penulis harus dapat
mengatasi bagaiman cara menyampaikan pembelajaran dalam situasi apapun. Itulah wujud yang akan
penulis lakukan untuk meneruskan perjuangan para pendiddik dan pengajar pada
masa lalu yang begitu gigih dan tekun dalam perjuangan terutama dalam bidang
pendidikan.
Pendidikan masa pendemi covid-19 yang terjadi saat ini, pendidikan masih dalam
penyempurnaan kurikulum 13 yang selalu mengalami revisi hingga tahun 2018. Tanpa
kita ketahui sebelumnya akan mengalami
perubahan dalam cara penyampaiannya. Penyampaian pembelajaran dengan tatap muka berubah menjadi tatap HP,Laptop atau Nootbook. Pembelajaran dalam jaringan adalah menjadi pilihan yang
tepat untuk saat ini,agar siswa dapat belajar meskipun di rumah saja.
Berdasarkan Surat Edaran nomor 39962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020
tentang pebelajaran daring dan bekerja dari rumah dalam rangka pencegahan
Penyebarab corona virus Disease(Covid-19).Dan Surat Edaran nomor 4 tahun tangga
24 Maret 2020 tentang pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat
Penyebaran Corona Virus Disease(Covid -19) seluruh
kegiatan belajar mengajar disekolah maupun perguruan tinggi menggunakan metoda dalam jaringan atau online.
Berbagai upaya dilakukan guru untuk
melaksanakan tugas mulia ini, sebagai guru Sekolah Dasar yang tidak lagi
muda,bukanlah suatu hal yang mudah
melaksanakan tugas ini. Namun semangat tidak boleh kendur, untuk menghadapi
tantangan ini penulis harus belajar lebih giat, penulis tidak menyerah begitu
saja, penulis tidak mau kalah dengan
guru yang muda-muda. Meskipun harus bertanya dan belajar dengan mereka.
Penbelajaran daring yang efektif
adalah pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan semua pihak. Antara lain
siswa,guru dan orang tua. Ketiga elemen ini harus saling mendukung dan bekerja
sama. Tanpa adanya kerja sama yang baik atau kolaborasi yang baik maka
pembelajaran dalam jaringan efektif tidak akan berjalan dengan baik pula.
Saat ini negara Indonesia sedang mengalami perubahan besar
disegala bidang. Bidang pendidikan pun terkena imbasnya. Untuk menghadapi semua ini penulis ingin
ikut membangun Indonesia melalui
dunia Pendidikan dengan pembelajaran dalam jaringan yang efektif dan
menyenangkan.
Ada beberapa model pembelajaran jarak
jauh saat ini yang dapat digunakan. Antara lain , Facebook, Instagram, WhatsApp,
zoom, google, clasroom, youtube, blog dan
masih banyak lainnya. Sejauh ini penulis sudah memakai beberapa cara yaitu,WhatsApp Group,
Youtube, Video powerpoint, Blog.
1. WhatsApp,
digunakan penulis sebagai sarana utama pembelajaran daring, melaui WhatsApp Group
penulis menyapa seluruh siswa, mengajak berdoa dan menjelaskan apa yang akan
dipelajari setiap harinya.
2. Youtube,
digunakan penulis untuk menyampaikan materi pelajaran yang akan di share melalui WhatsApp. Persiapan yang
dilakukan adalah, menyiapkan materi
dengan powerpoint kemudian memberikan penjelasan dengan cara merekam
suara dan menampilakan contoh-contoh
yang berhubungan dengan materi pelajaran, kemudian di unggah ke youtube.
Contoh,
https;//youtu,be/6suHKtXQNj8
https;//youtu,be/6suHKtXQNj8
https://www.youtube.com/watch?v=GrvDAmSr4dA&feature=youtu.be
3. Vidio,
Persiapan yang yang dilakukan sama dengan persiapan bila menggunakan youtube,
namun hanya sebatas powerpoint yang ditampilkan
melalui video saja, tanpa di unggah ke youtube.
4. Blog, Penulis juga mengunakan media Blog untuk menyampaikan materi pembelajaran,
Caranya, penulis menyiapkan materi dan menjelaskan di Blog secara rinci.
Contoh,
Keempat media ini lah yang digunakan penulis untuk pembelajaran
jarak jauh yang efektif,namun yang lebih sering digunakan adalah adalah WhatsApp dan Blog. Alasannya adalah ketika penulis menyampaikan
materi melalui Blog, maka nilai yang diperoleh siswa saat diberikan evaluasi melalui google forms sebagai umpan balik pembelajaran yang disajikan, itu lebih baik daripada bila
penulis menggunakan melalui media lainnya.
Maka bagi penulis media apapun yang digunakan,media yang efektif
adalah bagaimana cara guru mengemas materi pembelajaran yang di sampaikna kepada
siswa hingga menjadi pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan,karena alasan
sudah dijelaskan di atas, alasan tersebut dapat diperoleh dari orang tua siswa
yang menceritakan keadaan anaknya ketika belajar. Hal ini dapat menambah
semangat anak anak dalam mengikuti pembelajaran dalam jaringan.
Selain dari
keempat media sosial yang digunakan, alokasi waktu juga merupakan hal yang
harus dipertimbangkan. Sesuai dengan kelebihan pembelajaran daring antara
lain, dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.Selain batas waktu yang ditentukan
dalam pembelajaran pada jam sekolah,bagi siswa yang tidak mempunyai hp sendiri diberi kesempatan
untuk menggunakan hp orang tuanya saat orang tuanya pulang dari bekerja.
Untuk itu guru harus selalu menyediakan waktu bagi anak didik untuk
menyelesaikan tugasnya atau untuk menjelaskan hal-hal yang belum dipahami.
Kolaborasi
antar guru kelas pun sangat dibutuhkan,demi terlaksananya pembelajaran daring. Kolaborasi dapat dilakukan
dengan pembagian tugas dalam penyajian materi. Misalnya bila ada lima rombongan
belajar dalam kelas yang sama maka pembagian tugas materi dapat disampaikan
secara bergantian,sesuai dengan kesepakatan kelima guru kelas tersebut. Hal ini
dapat sedikit meringankan beban dalam menyiapkan materi pelajaran.
Lima bulan
sudah pelaksanaan daring dilakukan. Perubahan dunia pendidikan semakin
terasa,kualitas sumber daya manusia yang diharapkan untuk menyongsong generasi
emas menjadi terganggu dengan adanya pandemi covid 19 ini. Pendidikan yang akan menentukan
bangsa akan menyongsong masa depan. Inilah yang menjadi tantangan, bukan hanya
bagi para pendidik dan pengajar namun akan menjadi tantangan bagi kita semua.
Menurut Prof
Eko Indrajit dalam youtubenya,pandemi covid-19 mampu memporakpodakan segala lini
kehidupan,hanya saja jika semua bisa melewati dengan baik maka masyarakat akan
lebih tangguh. Hal ini tentu berlalu di dunia pendidikan. Pada masa pandemi
ini,siswa guru,dan orang tua punya peranan tersendiri untuk menjalankan
aktifitas pendidikan.
Dari
penjelasan Prof Eko Indrajit, terlihat jelas bahwa peran guru, orang tua dan
masyarakat sangat penting.Perlunya kolaborasi antar elemen-elemen yang sudah
disebutkan. Semoga Pandemi covid-19 cepat berlalu. Sehingga pendidikan kembali
normal seperti yang diharapkan.
Harapan yang
ingin dicapai adalah supaya rantai penularan covid-19 ini segera dapat
dihentikan. Supaya kehidupan kembali normal begitu juga dengan pendidkan.Mari
kita masing-masing dapat melaksanakan protokol kesehatan dengan baik. Disiplin
diri adalah salah satu cara agar dapat terhindar dari penularan pandemi
covid-19.
Salam sehat
selalu
Blogger
Pemula.
Daftar Pustaka
warta sejarah.blogspot.,kumparan.blogspot,
Tirto.id, Cekaja.com, Kompas.com
peserta lomba blog nomor 48
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteterimakasih OmJai
ReplyDeleteMantap bu ..๐๐ป
ReplyDeleteTerimakasih bu Fitri.
ReplyDeleteDengan perubahan sistem pendidian di era new normal semoga pendidikan di Indonesia dapat berjalan dengan baik sesuai tuntutan kurikulum sehingga menciptakan Sumber Daya Manusia yang cerdas
ReplyDeleteAmin,terimakasih
DeleteSemoga cepat berlalu virus convid 19nya amin ya rabbal alaamiin
ReplyDeleteGood luck bunda sayang ��
Amin,terimakasih.
DeleteSemoga Pandemi segera berakhir, siswa2 kita segera dapat bersekolah seperti biasa dengan aman,nyaman dan menyenangkan dengan bimbingan guru amin
ReplyDeleteSemoga Pandemi segera berakhir, siswa2 kita segera dapat bersekolah seperti biasa dengan aman,nyaman dan menyenangkan dengan bimbingan guru amin
ReplyDeleteAmin, terimakasih ibu Ka dukungannya.
ReplyDeleteSemoga keadaan segera membaik, aktivitas bisa berlangsung seperti sedia kala.. aamiin ya Rabbal'alamin
ReplyDeleteSemangat bunda
Amin,terimakasih
DeleteMantap๐
ReplyDelete