Monday, August 10, 2020

Kegiatan Keagamaan Masa Pandemi.


 Kegiatan Keagamaan  Masa Pandemi.

Jumat,7 Agustus 2020 dilaksanakan Kegiatan Keagamaan yang biasa dilakukan bersama-sama dengan anak didik tercinta kali ini bapak dan ibu guru pun melaksanakan juga,meski masih dalam suasana pandemi, yang belum tahu sampai kapan akan berakhir.
 Khusus hari Jumat pertama tiap bulan, di sekolah kami selalu diadakan kegiatan keagamaan  untuk anak-anak. Berbagai kegiatan dilakukan selama kurang lebih 35 menit. Namun untuk kali ini, bapak ibu guru melakukan suatu kegiatan berdoa bersama yaitu membaca Yasin.

Kegiatan dilakukan di Mushola sekolah yang baru saja selesai dibangun, bapak ibu guru terlihat khusuk melantunkan doa-doa. Sebelumnya bapak dan ibu guru masing-masing  melakukan Sholat Dhuha. Doa dipimpin oleh Pak Samidi sebagai guru kelas dua,ada   tiga permohan yang disampaikan dalam doa-doa itu.

Yang pertama adalah mendoakan salah satu siswa  yang kurang lebih 5 bulan yang lalu meninggal dunia karena sakit.Siswa tersebut merupakan siswa kelas lima,yang biasa dipanggil Rere. Rere adalah sosok anak yang manis, pendiam dan juga baik hati. Rere juga anak yang tekun belajar, olahragapun sering dikuti dengan baik. Rere juga tergabung dalam kegiatan senam yang sering mengikuti berbagai lomba.
Suatu hari Rere mengalami sakit,hingga dipanggil  untuk menghadap Sang Pencipta.  Guru-guru tidak menyangka Rere akan pergi secepat itu,orang tua dan keluarga pun merasa sangat kehilangan. Tapi semua adalah kehendak yang Kuasa. Semoga Rere bahagia di Surga.

Doa yang kedua, merupakan permohonan doa yang dipanjatkan khusus untuk salah seorang guru SDN 2 Rejang Lebong yang saat ini menderita sakit. Semoga segera diangkat penyakitnya dan segera disembuhkan. Supaya dapat beraktivitas kembali seperti sedia kala.Amin.

Doa yang ketiga dalah permohanan doa yang dipanjatkan untuk keselamatan  kita yaitu, kepala sekolah,dewan guru dan staf SDN 2 Rejang Lebong agar senatiasa diberi kesehatan, dijauhkan dari segala macam marabahaya terutama dari covid-19 ini.Mohon keselamatan dalam menunaikan tugas dan seluruh kegiatan yang dilaksanakan di sekolah. Meski dalam situasi pandemi mohon agar dapat melakukan tugas yang menjadi amanah dengan baik.

Selesai doa bersama, dilanjutkan dengan menyantap makanan yang  sudah disediakan, sebagai ujud  kebersamaan dan kekompakan guru dan staf, sering dilakukan makan bersama .

 Pakaian seragam berwarna merah  salam bagi ibu-ibu dan warna putih bagi bapak-bapak menambah semakin ceria guru-guru yang selalu antusias untuk melaksakan tugas, yaitu tugas pembelajran jarak jauh yang dilaksanakan dari sekolah. 

Berbagai kendala dihadapi guru dengan penuh sukacita,meski terkadang ada rasa lelah terlihat dari raut wajah,namun semua itu dapat dilalui dengan penuh keihklsan. Penulis yakin bahwa setiap tugas yang dilalsanakan dengan penuh keihklasan akan membuat kebahagia, senang,tentram juga ada kepuasan tersendiri dalam diri.  Salam Sehat ( lusia07blogspot.com.)

4 comments: