Monday, August 10, 2020

Pesiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi



Pesiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi
by Lusia Wijiatun,S.Pd

    
Sahabat bu guru terkasih, nah bertemu lagi  ya.
Sudah berjalan lima minggu pelaksanakan kegiatan belajar mengajar daring di sekolah bu guru bertugas. Kegiatan berjalan lancar,sejauh ini tidak ada kendala dalam penyampaian materi pelajaran kepada siswa.

Pembelajaran dilaksanakan secara daring dan luring, pembelajran daring disampaikan langsung oleh guru melalui Wa, Youtube, vidio pembelajaran, pdf dan  blog.Sedangkan luring berupa pemberian tugas yang diberikan secara daring  dan  tugasnya  evaluasi dari pembelajaran daring,diantar langsung oleh orang tua siswa kepada guru kelas yang selalu siap mengoreksi dan memberikan masukan tentang kemajuan belajar siswa kepada orang tuanya.

Melalui pertemuan dewan guru ,kepala sekolah dan pengawas pada hari Selasa,4 Agustus 2020. Ada beberapa hal yang disampaikan bapak Pengawas Bangkit Situmorang,M.Pd dalam menanggapi situasi covid 19ini.Banyak sekali perubahan baik perubahan sosial maupun perubahan dalam bidang pendidikan, Sejak Covid 19 PJJ menjadi hal baru dalam sistem pembelajaran,baik cara daring,luring bahkan antar jemput. Berbagai upaya sudah dilakukan, Besyukur bagi sekolah yang berada dalam kota yang mempunyai sinyal bagus untuk pelaksanaan daring. Pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan dari sekolah.

Untuk sekolah yang berada jauh dari kota pembelajaran luring dilakukan sesuai kesepakatan K3s.pihak sekolah dan orang tua. Untuk pembelajran tatap muka  dapat dilaksanakan  selama 1 jam.
Apabila sekolah akan melaksanakan  pembelajran tatap muka  harus dengan kesepatan dan menerapkan protokol kesehatan.

Berdasarkan hal yang disampaikan pengawas maka hari ini Kamis,6 Agustus 2020 diadakan pertemuan dewan guru dan kepala sekolah berserta staf SDN  2 Rejang lebong. Adapun tujuan pertemuan  tersebut untuk mendiskusikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka yang akan dilaksanakan pada bulan September mendatang.



Persiapan menuju pembelajaran tatap muka harus benar-benar matang.oleh karena itu perlu kordinasi dan kerja sama  yang baik antar guru di sekolah.Karena hal ini merupakan tatanan baru yang akan segera dilaksanakan. Persiapan meliputi  Adminitrasi guru  misalnya Daftar hadir siswa dan perangkat pembelajran, 

Protokol kesehatan diusahan melalui poster agar lebih jelas terlihat tata pelaksanaan sesuai protokol kesehatan yang diharapkan.Untuk sanitizer dihimbau kepada siswa untukk membawa sendiri-sendiri,masker pun harus siap.
Sebelum pelakasanaan pembelajran tatap muka, akan ada tim yang memantau persiapan oleh karena itu , semua harus disiapkan segera.

Proses Pembelajaran yang akan dilakukan di sekolah ini adalah  pertama siswa harus mengisi formulir/angket riwayat perjalanan dan formulir persetujuan orang tua,Jadwal pelaksanaan akan dilakukan dengan sistim sip-sip,tiapa kelas terdiri dari 2 kelompok, senin ,Rabu Jumat kelompokA  dan untuk hari Selasa, Kamis dan  Sabtu kelompok B. Hal itu dilakukan agar tidak terjadi kerumunan.
Jam Belajar yang dilaksanakan untuk kelas 1 dan kelas 2 dilaksanakan pukul 07.30 – 09.30,dan untuk kelas 3-6 dilaksanakan pukul 07.30 – 10.00
 Teknik pelaksanaannya adalah sebagai berikut.
·         Masuk  halaman sekolah cuci tangan, masuk bilik, termogan,kemudian masuk kelas.
·         Pembelajaran pemberian materi, dan tugas agar dapat dikerjakan di rumah.
·         Selama kegiatan pembelajaran anak-anak hanya berada di dalam kelas dengan tempat duduk yang sudah diatur sesuai protokol kesehatan.
·         Setelah selesai pembelajaran siswa pulang dengan tertib lansung menuju penjemputan masing-masing.
Demikian beberapa persiapan yang dilakukan sekolah bu guru,semoga lancar sukses dan corona juga cepat berlalu.

 Nah agar persiapan mantap  maka pihak sekolah akan berkordinasi dengan orang tua dengan cara mengadakan sosialisasi secar a bertahap, dengan protokol kesehatan yang sudah diatur.
 Salam Sehat.

No comments:

Post a Comment