Friday, September 11, 2020

Kalimat Ekfektif Kelas VI


Tema 2
Bahasa Indonesia
Salamat siang anak-anak, bagaimana kabarnya semua,semoga dalam keadaan sehat-sehat saja ya, selamat datang di Blog Dunia Belajar ibu Lusi,setelah dua minggu kita melaksanakan tatap muka,kembali kita on line,dikarenakan untuk  menjaga kesehatan bersama.

Tetap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kali ini kita akan membahas pelajaran dengan
Kompetensi Dasar  :
3.4
Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa,  mengapa, dan bagaimana.

 4.4 Memaparkan informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.

Tujuan Pembelajaran:
1.       Setelah membaca teks tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, siswa
mampu mengidentifikasi ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan.

Materi Pembelajaran : 
Kalimat Efektif
Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
Pengertian  kalimat Efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa,baik dari segi ejaan maupaun tanda baca, sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.

Syarat-syarat kalimat efektif

 Ada beberapa syarat Kalimat Efektif  yaitu;
1.       Mudah dipahami oleh pembaca dan pendengar
2.       Tidak menimbulkan kesalahan dalam menafsirkan maksud penulis atau pembicara.
3.       Menyampaikan pemikiran penulis atau pembicara kepada pembaca dan pendengar.
4.       Sistematis dan tidak bertele-tele.

Nah, apa ciri-ciri kalimat efektif?

Ciri-ciri kalimat efektif
Berdasarkan  ciri-cirinya kalimat efektif adalah  kalimat yang mengandung gagasan pembicara
/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur subye,predikat,objek.dan keterangan tempat(SPOK)

Ringkasnya ciri-ciri kalimat efektif adalah:
1.       Memiliki unsur penting atau pokok(minimal subjek dan predikat)
2.       Menggunakan struktur bahasa  yang tepat.
3.       Memenuhi kaidah ejaan yang berlaku
4.       Menggunakan pilihan kata(diksi) yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
Contoh!
Para pejuang  mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan gagah berani.
               S                           P                                  O                            K
a.       Para pejuang                         = Subjek
b.      mempertahankan                   = predikat
c.       kemerdekaan Indonesia        = Objek
d.      dengan gagah berani             = Keterangan

Nah, anak-anak selanjutnya mari kita menemukan kalimat efektif pada teks Pertempuaran Ambarawa  halaman 65-66.


Gunakanlah peta pikiran dengan aspek apa,di mana, kapan,siapa,mengapa dan bagaimana.
1.        Aspek Siapa
Tentara sekutu dipimpin oleh Brigadir Bethel    mendarat  di Semarang
-----------------------------------------------------------     ------------   ----------------
                          S                                                                  P                 K
Pada contoh  kalimat nomor 1  pola kalimat adalah SPK
Tentara sekutu dipimpin oleh Brigadir Bethel                  = S
mendarat                                                                            = P
di Semarang                                                                       = K

2.        Aspek Apa
Maksud tentara sekutu  adalah mengurus tawanan perang.
Maksud tentara sekutu                 = S
mengurus                                      = P
tawanan perang                             = O

3.        Aspek Kapan
Terjadi pertempuran  antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat(TKR) dengan gabungan pasuikan Inggris dan NICA pada tanggal 26 Oktober 1945.

4.       Aspek  di mana
Pertempuran Tentara Keamanan  Rakyat  dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA terjadi di Magelang

5.       Aspek mengapa
       Pertempuaran /Insiden terhenti karena Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan
       perundingan dan kata sepakat.

6.       Aspek bagaimana
Pasukan yang dipimpin oleh Soedirman  menggunakan taktik gelar sumpit urung atau pengepungan rangkap dari kedua sisi.

Nah.... anak-anak itulah beberapa contoh kalimat efektif yang dapat kita temukan pada teks pertempuran Ambarawa, dengan menggunakan peta pikiran aspek kata tanya , anak-anak tentu bisa menemukan kalimat efektif yang lain ,dan   Anak- anak  dapat menentukan  unsur kalimatnya?
Jangan lupa gunakan  peta pikiran dengan aspek apa,di mana, kapan,siapa,mengapa dan bagaimana.

Semoga dapat dipahami,  di ulang kembali membacanya,semoga bermanfaat bagi anak-anak, selamat belajar, sampai bertemu pada materi selanjutnya.

 Salam sehat selalu. Ingat ya disiplin diri dengan mematuhi protokol kesehatan adalah salah satu cara mencegah penularan virus corona.

4 comments: