Tema 2
Bahasa Indonesia
Salamat siang anak-anak, bagaimana kabarnya semua,semoga
dalam keadaan sehat-sehat saja ya, selamat datang di Blog Dunia Belajar ibu
Lusi,setelah dua minggu kita melaksanakan tatap muka,kembali kita on
line,dikarenakan untuk menjaga kesehatan
bersama.
Tetap dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kali ini kita
akan membahas pelajaran dengan
Kompetensi Dasar :
3.4
Menggali informasi penting dari buku sejarah menggunakan
aspek apa, di mana, kapan, siapa,
mengapa, dan bagaimana.
4.4 Memaparkan
informasi penting dari buku sejarah secara lisan, tulis, dan visual dengan
menggunakan aspek apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana serta
memperhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif.
Tujuan Pembelajaran:
1. Setelah
membaca teks tentang Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, siswa
mampu mengidentifikasi
ciri-ciri kalimat efektif pada teks tentang semangat persatuan.
Materi Pembelajaran :
Kalimat Efektif
Apa yang dimaksud dengan kalimat efektif?
Pengertian kalimat
Efektif adalah kalimat yang sesuai dengan kaidah bahasa,baik dari segi ejaan
maupaun tanda baca, sehingga mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar.
Syarat-syarat
kalimat efektif
Ada beberapa
syarat Kalimat Efektif yaitu;
1. Mudah
dipahami oleh pembaca dan pendengar
2. Tidak
menimbulkan kesalahan dalam menafsirkan maksud penulis atau pembicara.
3. Menyampaikan
pemikiran penulis atau pembicara kepada pembaca dan pendengar.
4. Sistematis
dan tidak bertele-tele.
Nah, apa ciri-ciri kalimat efektif?
Ciri-ciri kalimat
efektif
Berdasarkan ciri-cirinya kalimat efektif adalah kalimat yang mengandung gagasan pembicara
/penulis yang terdiri atas kata-kata yang mempunyai unsur
subye,predikat,objek.dan keterangan tempat(SPOK)
Ringkasnya ciri-ciri kalimat efektif adalah:
1. Memiliki
unsur penting atau pokok(minimal subjek dan predikat)
2. Menggunakan
struktur bahasa yang tepat.
3. Memenuhi
kaidah ejaan yang berlaku
4. Menggunakan
pilihan kata(diksi) yang tepat sesuai dengan kebutuhan.
Contoh!
Para pejuang mempertahankan kemerdekaan
Indonesia dengan gagah berani.
S P O K
a. Para
pejuang =
Subjek
b. mempertahankan = predikat
c. kemerdekaan
Indonesia = Objek
d. dengan
gagah berani = Keterangan
Nah, anak-anak selanjutnya
mari kita menemukan kalimat efektif pada teks Pertempuaran Ambarawa halaman
65-66.
Gunakanlah peta pikiran dengan
aspek apa,di mana, kapan,siapa,mengapa dan bagaimana.
1. Aspek Siapa
Tentara sekutu dipimpin oleh
Brigadir Bethel mendarat
di Semarang
----------------------------------------------------------- ------------ ----------------
S P K
Pada contoh kalimat nomor 1 pola kalimat adalah SPK
Tentara sekutu dipimpin oleh
Brigadir Bethel = S
mendarat =
P
di Semarang =
K
2. Aspek Apa
Maksud tentara sekutu adalah mengurus tawanan perang.
Maksud tentara sekutu = S
mengurus = P
tawanan perang = O
3. Aspek Kapan
Terjadi pertempuran antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat(TKR)
dengan gabungan pasuikan Inggris dan NICA pada tanggal 26 Oktober 1945.
4. Aspek di mana
Pertempuran Tentara
Keamanan Rakyat dengan pasukan gabungan Inggris dan NICA terjadi
di Magelang
5. Aspek
mengapa
Pertempuaran /Insiden terhenti karena
Soekarno dan Brigadir Bethell melakukan
perundingan dan kata sepakat.
perundingan dan kata sepakat.
6. Aspek
bagaimana
Pasukan yang dipimpin oleh
Soedirman menggunakan taktik gelar
sumpit urung atau pengepungan rangkap dari kedua sisi.
Nah.... anak-anak itulah beberapa contoh kalimat efektif
yang dapat kita temukan pada teks pertempuran Ambarawa, dengan menggunakan peta
pikiran aspek kata tanya , anak-anak tentu bisa menemukan kalimat efektif yang
lain ,dan Anak- anak dapat menentukan unsur kalimatnya?
Jangan lupa gunakan peta pikiran dengan aspek apa,di mana,
kapan,siapa,mengapa dan bagaimana.
Semoga dapat dipahami,
di ulang kembali membacanya,semoga bermanfaat bagi anak-anak, selamat
belajar, sampai bertemu pada materi selanjutnya.
Salam sehat
selalu. Ingat ya disiplin diri dengan mematuhi protokol kesehatan adalah salah
satu cara mencegah penularan virus corona.
sangat jelas bu,,terima kasih
ReplyDeleteterimakasih kembali
DeleteSangat jelas bu, terima kasih
ReplyDeleteterimakasih kembali,atas kunjungannya.
Delete