Wednesday, June 24, 2020

TIGA CARA MUDAH GURU MEMBERIKAN CONTOH KEDISIPILINAN


TIGA CARA MUDAH GURU MEMBERIKAN CONTOH KEDISIPILINAN

Sebagai guru yang tidak lagi muda yang biasa disebut dengan kata senior, merupakan tugas yang tidak mudah. Biasanya guru senior akan menjadi panutan bagi guru-guru muda dan staf lainnya, bahkan bagi peserta didik juga.Oleh karena itu guru senior  harus menjadi teladan yang baik .Lalu bagaimana caranya agar menjadi guru yang dapat menjadi panutan atau contoh tauladan yang baik adalah dengan bersikap disiplin adalah dengan cara disiplin.

 Disiplin merupakan perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

Ada tiga cara mudah memberi contoh kedisiplinanan.

1.     1.  Disiplin waktu 
       Merupakan suatu hal yang harus dilalkukan oleh seorang guru, dengan melaksanakan tugas tepat waktu atau waktu yang sudah ditentukan adalah merupakan bentuk tanggung jawab atas pelaksanaan tugas. Oleh karena  setiap guru harus disiplin dengan waktu. Apabila seorang guru sudah melaksankan tugas tepat waktu secara otomatis siswa atau guru lainnya dapat mengikuti  dengan tulus iklas. Pada awalnya akan merasaberat namun lama-lama akan terbiasa juga.

2.      2. Selalu berpakaian seragam sesuai ketentuan.

Dengan memakai seragam yang sudah ditentukan dan rapi serta menarik adalah salah satu contoh yang mudah untuk membiasakan diri berdisiplin.Berpakaian rapi apalagi selalu seragam sesuai dengan ketentuan akan terlihat lebih menarik baik bagi  siawa-siswa atau guru lainnya.

3.      3.  Selalu komitmen dalam tugas.

Komitmen dalam tugas merupakan contoh dalam kedisplinan, terutama kepada siswa, misalkan seorang guru memberikan tugas atau PR  kepada siswa  dan akan memberi nilai maka sudah kewajiban guru untuk memberi nilai dengan tidak menunda – nunda, dengan demikian siswa akan selalu disiplin dalam mengerjakan tugas/PRnya.

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete