Saturday, June 20, 2020

Mencoba Menulis ke 23 Pembagian Raport di Tengah Pandemi covid-19 II


Mencoba Menulis ke 23

Pembagian Raport di Tengah Pandemi covid-19 II


Hari ini Sabtu 20 Juni 2020, pembagian Raport gelombang kedua. Pada gelombang kedua ini  terdiri dari kelas 3,4 dan 5. Sama dengan gelombang pertama pengambilan raport dilakukan oleh orang tua siswa. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerumunan anak-anak.

Seperti yang kita ketahui bahwa yang paling mudah terjadinya kerumunan itu adalah nak-anak. Oleh karena itu pihak sekolah mengharapkan pengambilan dilakukan orang tuanya.
Teknik pengambilan sama dengan gelombang pertama,Namun untuk gelombang kedua ini harus lebih ditertibkan lagi. Mengungat rombel lebih banyak dari pada gelombang pertama.

Rombel untuk kelas 3,4 dan 5 terdiri dari  11 Rombel, maka pengambilan raport disesuaikan dengan jadwal yang sudah di share di group kelas masing-masing.  Untuk Kelas 3 dimulai pada pukul 08.00 sampai dengan pukul 09.00. Untuk kelas 4 dimulai dengan pukul 09.00-10.00 dan untuk kelas 5 dimulai pukul 10.00 sampai denagn pukul 11.00.


Para orang tua siswa sangat antusias untuk mengambil hasil belajar anak-anak  mereka,yang selama 3 bulan ini dilaksanakan pembelajaran daring. Yang tentu saja tidak lepas dari pengawasan mereka.Pembelajaran daring yang dilakukan selama ini juga atas kerjasama dengan orang tua siswa,sehingga dapat menimbulkan interaksi yang baik antar siswa,guru dan orang tua Hal inilah yang sangat penting untuk suksesnya pembelajran daring di sekolah.

Begitu juga pembelajaran tahun pelajaran yang akan datang, dikatakan bahwa untuk  siswa sekolah dasar  pembelajaran tatap muka baru dapat dilaksanakan pada bulan September. Namun  pemebejaran awal tahun tetap dilaksanakan  tanggal 13 Juli 2020. Oleh karena itu harus siap  pembelajran daring  sebagai upaya agar kegiatan pembelajaran tetap berjalan dengan baik.Untuk itu sebagai guru kami harus siap, guru harus dapat menyampaikan materi pembelajaran dalam situasi apapun.

Bedasarkan hasil Konfrensi Virtual Blogger PGRI yang dilaksanakan pada hari Kamis,18 Juni 2020 ada dua pendekatan yang dapat dilakukan dalam proses PJJ yaitu,
1.       Pedekatan taatp muka virtual
2.       Pendekatan LMS
Nah, semua pendekatan itu harus melakukan beberapa tahapan diantaranya persiapan,pelaksanaan,peyelesaian.(www.kompasiana.com)

Tujuan pembelajran akan tercapai  dengan tuntas bila semua pihak dapat melaksanakan dengan sunggguh-sungguh yaitu guru ,siswa ,orang tua dapat berkerjasama dengan baik.

Apalagi sekarang ini sudah banyak contoh-contoh pembelajran daring yang efektif yang dapat digunakan guru sebagai media. Namun demikian kami juga berharap semoga dalam waktu dekat ini pembelajaran luring atau tatap muka dapat dilaksanakan.

Kegiatan pengambilan Raport berjalan dengan tertip, Pada umumnya masyarakat dan orang tua siswa sudah mengerti dan  memahami protokol kesehatan saat pandemi covid -19. Pihak sekolah tinggal mengingatkan saja agar tertib dalam pengambilan sudah sesuai dengan jadwal yang ditentukan.

Namun tidak menutup kemungkinan masih ada juga orang tua yang lupa atau tidak mengindahkan sama sekali. Puji Tuhan tidak banyak hanya satu orang saja  yang tidak mengikuti aturan, untuk itu kita dapat memaklumi dan kita juga menyediakan masker cadangan yang diberikan Cuma-cuma kepada mereka yang terpaksa tidak memakai.

Pukul 11.00 kegiatan selesai,  Sekolah sudah terlihat sepi, kami guru-guru mulai beranjak dari tempat masing-masing. Bekemas-kemas  dengan hati lega dan bahagia karena tugas untuk tahun ini selesai. Istirahat sejenak di rumah dan  empat hari ke depan mulal PPDB bagi yang mendapat tugas, dan yang tidak mendapat tugas boleh bersiap –siap dari rumah saja untuk membuat  persiapan tahun pelajaran yang akan datang yaitu tahun 2020/2021.  Semoga semua dapat berjalan dngan lancar. Ketulusan dan Keihklasan  dalam bekerja akan membuat tugas menjadi ringan dan hati menjadi riang. Salam blogger  pemula

3 comments:

  1. 'kita semua guru-guru mulai beranjak dari tempat masing-masing' mungkin kata 'kita' bisa diganti 'kami'. kalau sudah memakai kata 'semua' sebaiknya tidak menggunakan kata ulang jamak 'guru-guru', karena semua sudah berarti jamak. ada beberapa typo 'pembelajran' mungkin yang dimaksud 'pembelajaran'. sekian komentar saya. mohon maaf, harap maklum.... semangat terus menulis!

    ReplyDelete
  2. Oh, ya trims banyak madukannya pak,akan dipervaiki.

    ReplyDelete
  3. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete