Saturday, June 20, 2020

Pengalaman Ibu Siska Menerbitkan Buku

Pengalaman Ibu Siska Menerbitkan Buku

Jumat, 19  Juni 2020

Hadir sebagai nara sumber malam ini adalah ibu Siska Destiana, beliau lahir di Klaten, 12 Desember 1985. Ibu muda ini  adalah Sarjana Ilmu Komunikasi yang  menyelesaikan pendidikannya di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto pada tahun 2008.

Beberapa profesi disandang oleh ibu muda ini,semakin membawa dirinya menjadi wanita karir yang sukses. Banyak kegiatan yang dikutinya,banyak pula penghargaan yang diperolehnya. Ibu muda ini semakin enegik dalam menulis berbagai bentuk tulisan Misalnya,  Berita,esai artikel, Best Practice bahkan beberpa buku sudah diterbitkannya. Pada malam ini Ibu Siska akan menyampaikan pengalamannya dalam menerbitkan buku. Mari kita ikuti kisahnya.



Salam diucapkan oleh ibu muda ini sambil memperkenalkan diri. Ibu ini mengajak berdiskusi bersama tentang menulis buku  ragam non fiksi.

Mengapa?
Nonfiksi adalah  menurut KBBI  yang tidak bersifat fiksi,tetapi berdasarkan fakta dan kenyataan.
Karya informatif  di mana penulis bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan akurasi informasi yang disajikan.

Ragam nonfiksi
1.       Berita
2.       Esai
3.       Catatan perjalanan
4.       Arikel Informatif
5.        Best Practis
Berita
adalah cerita atau keterangan mengenai keajadian atau peristiwa hangat
Teknik penulian berita itu ada dua yaitu
Hard News adalah berita terbaru, tulislah dengan to the point denagn tidak bertele-tele.langsung,lugas dan jelas.
Feature, dengan menulis artikel kreatif,informatif dan bersifat menghibur. Contoh feature yang diangat juga tentang relawan kemanusiaan yang bertgas pagi dan  kuliah sore.
Menulis Berita yang baik adalah Bagaimana menulis berita yang baik? Pertama harus terpenuhi dulu semua unsur beritanya. Apa itu? 5W+1H (Who, What, When, Where, Why, dan How).

Jadi sebuah berita harus bisa menceritakan siapa melakukan apa, kapan dan di mana dilakukannya, mengapa melakukan itu, dan bagaimana ia melakukannya.

Kedua, ada nilai aktualitas dan faktualitas dalam berita. Aktualitas itu kecepatan berita ditayangkan. Jadi makin cepat sebuah peristiwa diangkat menjadi berita dan ditayangkan/dimuat, akan lebih diminati khalayak.

Kemudian faktualitas, ini bicara tentang kebenaran. Jadi sebuah berita harus benar-benar berdasarkan peristiwa nyata. Makin dekat sebuah berita dengan keseharian khalayak, biasanya akan makin diminati.

Terakhir, kemampuan menulis kita berbanding lurus dengan kemampuan membaca, yakin dan selalu percaya itu. Jadi, makin banyak  membaca berita, maka  akan lebih mudah memproduksi diksi kata yang menarik pada naskah berita.


Esai,
adalah karangan prosa yang membahas masalah sepintas lalu dari sudut pandang pribadi penulisnya. Sering disebut juga opini.
Mengangkat Topik lalu dikupas, beriakn solusi,atau tanggapan sesuatu,bahasa interaksinya di sebut esai.
Contoh esai adalah tulisannya yang berjudul Stop mjadi ortu yang egois, adalh tulisan yang sudah lama dan diposting di Kompasiana, semapai di viwer ribuan. Cerita yang menanggapi sebuag flm India.

Catatatan Perjalanan

Ragam fiksi berikutnya yang paling cepat ditulis tentang perjalanan, yaitu cerita tentang suatu perjalanan, mulai dari tempat tujuan, budaya daerah,makanan khas dan seterusnya. Bahkan gambar garbar di mana orang melakukan treveling.

Berhubung  ibu Siska belum pernah memprodusi  tentang perjalanann makan contoh yang diberikan adalah catatatan tenatang perjalannan seorang temananya. Temannya yang mempunyai blog perjalanan.

Artikel Informatif

Adalah tulisan yang berisi informasi  tentang suatu hal,yang bertujuan untuk menambah pengetahuan pembaca.Isinya murni dalam bahasa populer sering disebut dengan “artikel feature.”
Mengannat sebuah topik lalu diulas menjadi tulisan yang populer.misalnya artikel tentang Mengenal Relawan.

Dalam artikel informatif biasanya kita menyampaikan informasi atau pengetahuan kepada khalayak tentang suatu hal. Misal bagaimana cara mengajar dengan menyenangkan. Oleh karena itu bisa saja membuat informasi kepada khalayak tentang pendidikan sehingga  dapat membantu orang lain menyelesaikan masalah.

Kemudian  bisa dipublikasikan, saat ini media massa mainstream (Kompas, Republika, Tempo, dan lain-lain) sudah membuat wadah jurnalisme warga, seperti Kompasiana (milik Kompas). Di sana kita bisa menulis tentang apa saja, selam itu baik dan informatif. Cara mendaftarnya pun mudah dan gratis. Na,kita bisa  membuat akun di sana, kemudian  tuliskan artikel informatif yang sudah  ditulis. Kemungkinannya besar untuk dibaca khalayak jika topik yang Ibu angkat bersifat umum dan informatif.www.kompasiana.com

Sebagai bentuk tanggung jawag atas kebenaran informasi yang dibuat  jika tidak ada yang menggugat tidak ada surat keterangan pun tak mengapa.
Surat keterangan kan biasanya diperlukan untuk ranah hukum ya. Jadi, jika tulisan kita dapat diterima dengan baik, tidak disertai surat keterangan pun tak mengapa., Itu yang disampaikan ibu Siska. Jngan khawatir apabila kita aan membuat tulisan ragam nonfiksi.

Lalu bagaimana cara membuat surat keterangan tersebut, sepertinya bisa kita cari tahu dari institusi pemerintah yang menangani Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), ada Dirjen Kekayaan Intelektual

Best Practice

Adalah tulisan tentang pengalaman terbalik dalam menyelesaikan suatu permasalahan, biasanya ditulis oleh para pendidik atau mereka yang atau mereka yang terlibat dalam dunia pendidikan.Selain sebagai lesson studi produk tulisan best paractice juga bisa menjadi masukan bagi pemerintah untuk perbaikan kualitas pendidikan.

Best untuk pembelajaran tentang sesama guru,yang menarik sering ditulis dalam bentuk formal, seperti PTK, bisa juaga ditulis dalam bentuk feature.bersama pak agung mengolah masalah dalam pendidikan menulis denagn tulisan yang ringan,dan renyah.

Contohnya adalah buku Best Practice Bukann Sekadar Mendisplay

Menjawab pertanyaan mengapa memilih menulis bukan di blog, ibu muda ini menyampaikan bahwa  Pertama, alhamdulillah sampai saat ini masih banyak yang order jasa penulisan maupun editing Bu, sehingga waktu saat ini terpakai untuk itu dulu. Jujur sudah cukup lama dia tidak menulis untuk dirinya sendiri 😁, semoga segera bisa ya... mohon doanya.

Kedua, bu Siska lebih memilih platform forum  seperti Kompasiana (walaupun akun nya sudah lama tidak  aktif juga πŸ™ˆ karena alasan pertama tadi), karena kemungkinannya lebih besar untuk tulisan nya terbaca oleh orang lain.

Langkah langkah atau persiapan saat akan membuat sebuah tulisan menurut bu Siska


Yang paling pertama  dilakukannya adalah mengeluarkan apa yang berseliweran di pikiran.Misalnya  akan menulis tentang virus corona, maka semua yang dipikirkan tentang itu yang ditulis dulu. Dengan  menggunakan mind mapping sederhana untuk itu.

Hal ini dilakukan agar ketika menulis nanti  tidak "tersesat" dan tidak ada informasi yang ingin disampaikan kemudian terlewat  dituliskannya. Pada dasarnya di sininsedang membuat kerangka tulisan, hanya dalam bentuk sangat sederhana dan "kasaran".

Setelah semua isi pikiran  dikeluarkan, lalu  disusun, mana yang akan diletakkan di bagian pembuka, tengah, dan penutup tulisan.

Setelah semua selesai ditulis, kemudian diendapkan dulu tulisan itu. Minimal 15 menit saja. Tujuan mengendapkan ini adalah untuk mengistirahatkan otak.

Kemudian,  dibaca lagi tulisan itu. Biasanya setelah otak lebih jernih, maka akan lebih teliti saat membaca ulang ini. Jika ada salah ketik, atau letak yang tidak pas, bisa kita perbaiki. Nah di sini juga perlu dilakukan "self editing" atau mengedit sendiri. Kesalahan-kesalahan dalam tulisan tadi bisa di revisi terlebih dahulu.

Setelah semua dirasa oke, barulah disetor tulisan  ke editor (jika itu tulisan pesanan), atau diposting jika tulisannya untuk kepentingan  pribadi.

Tips atau kiat-kiat untuk untuk menulis Fiksi ala ibu Siska

Tentang menulis fiksi, pertama, perlu banyak membaca karya fiksi juga untuk memicu otak kita berimajinasi dan membangun cerita yang menarik.

Terkadang saat hendak menulis fiksi kita ingin menyajikan konflik yang menarik agar pembaca bisa menikmati karya kita. Nah, saking ngΓͺbΓͺt-nya untuk itu, kita suka berpikir jauh dan mengawang-awang, akhirnya kadang tersesat.

Maksudnya tersesat pada konflik yang kita tidak pahami. Nah, tips berikutnya adalah, ambil konflik dari keseharian kita dan hal-hal yang dekat dengan kita. Misal, saya seorang ibu rumah tangga, maka jalan cerita yang saya bangun, konfliknya, ya tidak jauh dari kehidupan berumah tangga.

Cerita yang diangkat dari sesuatu  yang tidak dipahami dan tidak beraktifitas langsung akan menimbulaan tuliasn yang garing. Jadi tulisakan sesuatu yang dekat dengan kehidupan dan yang mudah dipahami,maka akan menjadi tulisan yang renyah dibaca. Silahkan mampir ke

https://www.storial.co/book/mencari-bahagia/
Tulisan juga bisa diposting di sana dan Bisa belajar juga dari penulis-penulis kawakan di sana

Pada akhir belajar malam ibu Siska menjawab pertanyaan dari ibu Esti  Yaitu,tentang teknik penulian esai.

Esai itu sama seperti opini di media massa. Bu Esti bisa coba lihat di koran pada kolom opini.

Ketika mau menulis esai, kita tentukan dulu topik apa yang mau kita tanggapi. Kemudian uraikan tanggapan kita seperti apa. Terakhir cari referensi yang terkait jika diperlukan.

Misal, Bu Esti ingin menanggapi tentang kasus positif corona di Indonesia yang terus meningkat. Pertama Ibu kumpulkan dulu data tentang itu, misal jumlahnya berapa, kenaikannya berapa per hari, dan seterusnya.

Kedua, tuliskan apa gagasan Ibu terhadap itu, misal Ibu punya ide tentang bagaimana caranya mengurangi penyebaran corona. Nah uraikan satu per satu, misal pertama di rumah aja, kedua rajin cuci tangan, dan seterusnya. Jangan lupa masing-masing poin dijelaskan.

Ketiga, jika ada referensi untuk mendukung ide Ibu, akan lebih baik. Misal, rajin cuci tangan bisa mencegah penyebaran corona, adakah teori atau pendapat ahli yang menguatkan itu.

Demikian Bu Esti πŸ™πŸΌπŸ˜

Contoh esai yang pernah saya tulis nanti saya lampirkan lagi di bawah sini ya Bu. Di internet juga banyak, Ibu bisa googling.

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete