Monday, June 29, 2020

Mengelola Sekolah di Era Covid-19 Bersama Ibu Dra Beti Risnalenni,MM

Mengelola Sekolah di Era Covid-19
Bersama Ibu Dra Beti Risnalenni,MM
Senin,29 Juni 2020


Kuliah online pada malam ini dibuka oleh Bapak  Bambang Purwanto Bandung, ucapan salam meluncur dengan penuh keramahan, dan langsung menyampaikan bahwa pada malam ini kita akan mendapatkan pencerahan tentang bagaimana mengelola sekolah di era Covid-19 bersama
Ibu Dra. Betti Risnaeli,MM. Seorang pendiri  TK dan SD Insan Kamil Bekasi.

Kemudian Mr Bams menyerahkan kegiatan kepada ibu Ftimah sebagai moderator. Sebelum bu Beti hadir Mr Bams menjelaskan bahwa banyak  prestasi  yang diraih Dra. Betti Risnalenni, MM, pendiri Kelompok Belajar (KB), TK dan SD Insan Kamil, Bekasi.
Bu Beti mempunyai  prinsip yang sangat luar biasa,beliau juag  tak pernah lelah dalam mengajar.

Mr Bams menyampaikan Mr Bams menjelaskan Kuliah ini digelar untuk membantu bapak ibu semua nya dalam menulis Dan menerbitkan buku,kemudian mengingatkan juga bahwa bagi yang bertanya silahkan langsung japri kepada moderator denagn no 081360347555


Pada awal penjelasannya beliau menyampaikan bahwa beliau seorang guru yang mempunyai niat membuka sekolah yg bagus tapi bisa buat siapa saja. Sebelum membuka sekolah beliau  membuka kursus.Sekolah yang dibuka bu Beti di daerah Bantar Gebang Bekasi.

Kalau untuk profit, ga mungkin lah. tetapi seiring jalan, saya bisa ikut menikmati hasil juga dari membuat sekolah itu.
Bu Beti mulai membuat sekolah tahun 2003. dan sampai sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD. Sebenarnya manfaat yang dapat kita raih dari membuat sekolah itu bukan hanya untung uang tapi banyak hal yang didapat. Saya bisa jadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juga juara interpreuner tingkat Jawa Barat untuk kalangan Guru Paud.

Dan dari segi pertemanan jangan di tanya. Kita jadi punya teman banyak, pengetahuan juga bertambah.

Nah kan judulnya tentang bagaimana program selama pandemi ini . Mungkin yang  saya lakukan sama dengan sekolah ibu bapak semua. Kita melakukan Daring selama 3 bulan kebelakang walau lokasi sekolah saya Zona Hijau selama ini. Alhamdulillah tidak pernah ada yang kena covid 19.

Selama Daring materi tidak hanya pelajaran saja tapi kami juga menugaskan kegiatan rumah ( life skill dan karakter )
Alhamdulillah masih berhasil walau untuk tingkat KB dan TK sudah mulai bosan. Mereka pengen ketemu gurunya.

Bu Beti menyampaikan sharing tentang kegiatannsekolah yang dibawah pimpinannya, dan langsung memberi kesempatan bagi peserta yang akan bertanya. Supaya kegiatan lebuh hidup karena sebenarnya beliau juga harus banyak belajar.  Beliau menyatakan bahwa beliaun mungkin agak nekat aja jadi apa yang saya inginkan , alhamdulillah ya bisa terlaksana.

Selama masa pandemi ini kita memang harus bisa bekerja sama dengan seluruh guru dan karyawan.
Lebih hati hati juga karena mereka pun stress dengan musibah ini dan harus berpikir juga  untuk mengajar . bekerja dirumah lebih susah karena gangguannya lebih banyak.

 Menurut bu Beti  solusi bagi k anak yang keranjingan main hap atau kecanduan bermain hp perlu adanya kerja sama orang tua dan guru, dalam waktu memegang hp. Guru itu lebih diptuhi daripada orang tua. Jadi guru membantu memberi tau anak bahwa megang hp itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit.

Untuk membatasinya perlu adanya alarm. Selain itu beliau juga mempublikasikan lewat instagram apa yang menjadi tugas anak-anak,jadi anak anak juga senang. Bisa dilihat di IG insankamil. Bekasi

Dalam sharingnya untuk membuat sekolah tidaklah sulit tapi  harus ijin RT, RW dulu. Kalau untuk ijin ke disdik ya harus ada murid dulu supaya tidak fiktif. Kemudian setelah memasukan proposal ke disdik nanti akan ada uji dari berbagai bidang tingkat wilayah kita . ( kota / kab)

Sebagai guru,dalam mengajar bu Beti mempunyai prinsif  dalam mengelola keuangan yaitu,

Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali tantangan. Untuk bisa survive kita memang harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit tujuannya. tapi kita jangan nombok juga. nanti kita tidak semangat dalam bekerja .
Sebaiknya itu dikelola dengan baik. karena itu sumber keuangan juga, untuk pengolahan keuangan  di sekolahnya  dipercayakan pada  koperasi.

Selain itu beliau  juga membuat kursus berbayar untuk umum . Kebetulan saya memang masih senang dengan aritmatika, dan bukunya juga buatan sendiri. jadi kita bisa jualan buku . Saya juga buat kursus Bahasa inggris metode pare karena anak saya juga pernah belajar di situ.

Pada  awalnya menginginkan   muridnya  bisa bahasa inggris dengan lebih dekat. Ke Pare kan jauh dan muridnya masih kecil kecil. Sebagai unggulan sekolahnyan adalah lulus in syaa Allah  hafal juz 30.

Awal mula bu Beti membuat sekolah dengan perjuangan yang tidak mudah. Beliau mengisahkan pada tahun 1996 membuat kursus aritmatika pak. 6 bulan buka, muridnya cuma 3 orang. tapi bu Beti bertahan, tahun 1998   beliau membuat buku sendiri dengan harga 10 ribu rupiah, cabang nya  di Bekasi aja ada 24 cabang. Dan salah satu cabangnya  ada yangg ingin membuka TK. Dan bu Beti diajak kerjasama karena  sudah punya yayasan.

 Pada awalnya beliau merasa takut untuk buka sekolah. Karena desakan seorang  teman  akhirnya mau bekerjasama dengan mengontrak sebuah rumah. 3 bulan berjalan temannya  mundur karena dia merasakan rugi, sedang bagi  bu Beti hal seperti itu tidak  bisa. makanya akhirnya  diteruskan sendiri. 1 tahun ngontrak , ada rezeki dan ada yangg jual / Over rumah, akhirnya beli. Kita mulai dari rumah itu dan saya didukung oleh perumahahan tersebut. Supportnya yaitu masuk ke dalam kalender perumahan, lumayan promosi bareng.

Untuk menghadapi tahun ajaran baru ini, beliau menjelaskan Kalau di Bekasi, sekolah boleh mengajukan ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua dan program. itu juga dinilai dulu. tidak langsung boleh buka. tapi daerahnya masih zona hijau. saya juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. kalau ok, ya bisa tatap muka. kalau belum ok ya PJJ lagi. Bu Beti memberi contoh sebuah vidio persiapan aktifitas KBM di era new normal,dengan langkah-langkah yang harus kita taati pada saat berada di sekolah sesuai protokol kesehatan.
Selamat menyaksikan

Cara menyampaikan pembelajaran  langsung ke orang tua dan peserta didik  TK,dilaksanakan setelah mendapat izin,Tapi untuk murid yang belum kenal kita sudah adakan pertemuan akhir tahun ajaran lalu. sekitar pertengah Juni. anak anak kita mulai dengan cara foto dengan lingkungan sekolah. Terus kita kasi mainan edukatif. Jadi mereka senang dan sudah pengenalan dengan calon gurunya. Seperti ini contohnya.

 Motivasi awal Ibu Beti  mendirikan sekolah di Bekasi
Karena ibu Beti menginginkan anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus. Motivasinya  adalah suatu  prinsip yaitu,

 nak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa, itulah yang  dilakukannya di Insan Kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free. Tanpa harus membawa SKTM.Karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin, kalau yang mampu ya  bayar normal.

Kedala yang dihadapi PAUD KB  tentang a) susahnya mencari tenaga pengajar b) memberikan pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka beranggapan kl KB dulu anak akan terlalu lama di PAUD, penginnya langsung TK, 2 tahun langsung ke SD shgg muridnya sedikit; c) pembiayaan rendah dan banyak kendala.

Solusi menghadapi kasus seperti itu adalah  perlunya  kolaborasi dengan orang lain atau lembaga lain seperti yang dilakukanyan yaitu dengan  mengadakan acara parenting   dengan Narsum nya bisa bu Beti, temannya, anaknya yang sarjana psikologi, atau teman anaknya .

Jadi sosialisasi tentang keorang tua dan masalah anak bisa dibicarakan. Sekolahnya sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita.Acara nya bisa dengan lomba lomba. Bisa lomba  anak, bisa lomba orang tua.

Menurut ibu Beti  untuk peserta didik KB, TK dan SD  efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring selama 3 bulan yang lau  Dan strategi untuk mengurangi efek negatif yaitu
Untuk pembelajaran Daring  anak KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi bisa dibuat pembelajaran yang  lebih memberikan kegiatan yang menyenangkan.
contohnya membuat kue.

Menurut Bu Beti dalam pembuatan sekolah kendala selalu ada  tapi kalau keinginan kuat  dapat teratasi.

Prosedur pembuatan sekolah antara lain:

Langkah pertama , ijin warga,100 tanda tangan. ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut ke disdik kota. Jamannya dulu, di sidangkan di tingkat kotamadya. Dan perlu tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2, sudah dijelaskan di atas. Selain itu harus punya akte yayasan yang sampai KemHumkam

Tips mengelolah tiga lembaga sekaligus KB-TK-SD? 

1. Jaga kesolid an dalam sekolah itu sendiri.
-  Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.
- Sering pantau dengan sharing. ( di sekolah saya setiap senin setelah pulang siswa )
2. Saya pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan , misalnya mau ulangan, harus lunas spp bulan..., pembagian modul harus lunas spp bulan .. jadi ortu tidak terbebani tp kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan.
3. Salaman ,  hafalan juz 30 , hadist dan surat2 pendek,  menjaga kebersihan, wirausaha


Kesimpulan :
Kalau ada niat baik lakukanlah, in syaa Allah akan membantu..Kalau mengerjakan sesuatu, lakukanlah yang terbaik karena nilainya akan memperbaiki citra dan kehidupan kita.

Pada akhir sharingnya ibu Beti memohon maaf kalau ada yang kurang berkenan bagi ikita semua. Karena ini adalah pengalaman hidupnya sebagai seorang guru yang pernah mengajar di tempat bagus dan didalamnya ada anak panti asuhan yang nasibnya kurang beruntung.
Sekolah itu adalah pelecutnya sehingga beliau  bisa mendirikan sekolah seperti itu. Sekolah itu adalah sekolahnya bapak menteri pendidikan kita sewaktu SD.

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete