Monday, May 25, 2020

Membuat Siaran Televisi Pedidikan Lewat Aplikasi HP


Membuat Siaran Televisi Pedidikan Lewat Aplikasi HP
Jumat,22 Mei 2020

                                                


Selama ini saya berpikir guru yang mengajar melalui program televisi itu memang sudah  ditugaskan di program telavisi khusus  pendidikan. Wah hebatnya ya, pembelajaran dapat ditayangkan melalui program Televisi.

Ternyata kita juga bisa bahkan siapapun juga bisa melakukannya,bagaimana cara melakukannya? Kita ikuti pelajaran dari bapak Prof Deni Darmawan.
Beliau adalah Kepala Humas Universita Pendidikan Indonesia yang berada di Bandung Jawa Barat.  Siang ini kita akan mendapatkan materi baru tentang membuat siaran televisi pendidikan lewat aplikasi di HP. Materi ini akan disampaikan oleh Prof Deni.Adapun yang menjadi moderatornya adalah ibu Fatimah dari Aceh, dan mohon kawan kawan yang mau bertanya, bisa berkomunikasi dengan ibu Fatimah.

Berdasarkan penjelasan Prof Deni Darmawan, membuat siaran televisi pendidikan melelui aplikasi Android adalah, kita dapat  mengetahui terlebih dahulu  Program siaran yang mengelola tentang Pedidikan.

Pada materi ini Prof Deni Darmawan  memperkenalkan Tentang TVUPI yaitu Televisi Universitas Pendidikan Indonesia yang merupakan telivisi digital yang diluncurkan oleh UPI  pada tanggal 28 April 2020.TVUPI ini dikelola oleh UPI  yang tujuanya untuk mengedepankan pendidikan dan ditayangkan melalui http://humas.upi.edu/.  Selain itu  TVUPI dapat diakses melalui chanel youtube UPI.

Berbeda dengan TV lainnya TVUPI, kita dapat berpartisipasi melakukan siaran langsung, bahkan apabila terjadi benrtokan jadwal dengan yang lain, kita dapat mengirimkan  tayangan  saja dan dapat disiarkan sesuai waktu atau jadwal yang sudah disepakati.

Lalu bagaimana caranya?
Ada tiga langkah cara membuat siaran televusi lewat hp  android yaitu:
1.Mendownloud aplikasi
Setelah mendownloud aplikasi ,aplikasi yang kita gunakan adalah wowza gocoder di android dan ios yang dapat diunduh di tautan yang sudah diberikan oleh Prof Deni Darmawan yaitu http;//human.upi.edu/upi-tv/.


2.Menginstal
   Instal aplikasi seperti menginstal aplikasi biasa hingga selesai, kemudian langkah selanjutnya.

3.Menggunakan aplikasi untuk siaran,  
   Setelah selesai kita dapat mengkoneksikan wowza streming cloud dan wowza sterming engine, denag host 51.77.118.20 dan port 1935

Namun sebelum kita melakukan siaran langsung sebelumnya kita harus riquest pada tim TVUPI untuk kesepakatan jam tayang supaya tidak bentrok jadwal dengan yang lain,seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu acara kegiatan pesanan pribadi  yang dilakukan pada kegiatan pengajian setiap hari Rabu subuh,dilakukan secara live, dapat ditayangkan sendiri, tinggal menghubungkan power poinnt pada kamera android saja.  Siaran langsung dapat dilakukan sendiri melalui live kamera android sendiri,bahkan dapat siaran langsung dari rumah.

Jadi tidak perlu kru dari  TVUPI dantang meliput. Wah hebat  seakli ya, teknologi yang canggih dapat melakukan siaran sendiri dari rumah, seperti yang dikatakan Prof Deni Darmawan, Dunia ada digenggaman bapak ibu sendiri.(24052020)

    




    

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete