Wednesday, April 22, 2020

RESUME KULIAH ONLINE MATERI MENULIS dan MENERBITKAN BUKU


RESUME KULIAH ONLINE  MATERI MENULIS dan MENERBITKAN BUKU
 di PENERBIT ANDI   YOGYAKARTA
RABU                       : 22 APRIL 2020
PUKUL                      : 19.00 – 21.00
NARA SUMBER      :  EDI S. MULYANTA,S.Si.MT
MODERATOR          : BAMBANG PURWANTO


CV Singkat
Nama              : Edi S. Mulyanta S.Si, M.T.
Jabatan           : Publishing Consultant Andi Publisher
TptLhr            : Jogjakarta/Tgl Lhr : 24 Mei 1969
Status              : Menikah
Istri                  : Retna G.
Anak                :
Nindita Saheka Ramadhani
Raditya Rizky Duanda (alm)
Naditya Tertia Alfarizky
Hobby            : Membaca, Menulis, Olah Raga, Musik
Fb                    : https://www.facebook.com/edis.mulyanta
Blog                 : www.sobatambyar.com
Pendidikan
S1 Geografi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 1994
S2 Magister Teknologi Informasi Fak. Elektro UGM Yogyakarta 2006
Riwayat Pekerjaan pak Edi begitu panjang, menunjukan bahwa beliau orang yang sangat enerjik dan hebat, hingga pada saat ini beliau bekerja di Penerbit Andi Yogyakarta.

Seperti biasa kuliah dimulai pada pukul 7 malam tepat,OmJay membuka kegiatan dengan ucapan salam dam menyampaikan bahwa pada malam ini akan mendapat materi dari pak Edi S Mulyanta dari penerbit Yogyakarta.moderator pada malam ini adalah MrBams.

Pak Edi membuka pembelajaran malam ini dengan mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk menyampaikan materi tentang penerbitan buku.

Beliau menjelaskan bahwa saat ini penerbitan sedang betul-betul diuji ketahanannya,terutama kondisi terkini di outlet penerbitan tutup karena pandemi yang luar biasa mengubah haluan kami secara mendadak.

Darah penerbitan adalah karya tulis dan penulisnya,dimana dari karya tulis tersebut dan diubah menjadi sebuah media buku yang dapat dinikmati pembacanya melalui outlet pemasaran baik toko buku,kampus,sekolah,dan pembaca secara langsung.
Setiap penerbit telah dipercayakan ISBN dari perpustakaan nasional,sebagai penanda setiap terbitnya,dan dinaungi di bawah IKAPI sebagai lembaga yang ditunjuk pemerintah untuh mewadahi setiap penerbit diluar penerbit kampus.
Penerbit di bawah IKAPI secara alamiah memilih jalur masing-masing sesuai passionnya dalam menerbitkan buku.

Sebagai penulis,sebaiknya memahami ciri khas terbitan setiap penerbit.Tentunya bertujuan agar tulisannya sesuai dengan misi penerbit yang dapat menerbitkan segala tema di setiap terbitnya.
Penulis dapat mengirimkan usulan dan proposal terlebih dahulu untuk menjajaki apakah jalur tulisannya sudah sesuai dengan visi dan misi penerbit belum. Hal ini untuk menghemat waktu dan biaya dalam mempersiapkan tulisannya.

Setiap penerbit mempunyai SOP dalam ilmiah,memilih tulisan untuk dijadikan komoditas industri dengan tujuan utama tentunya adalah terbitannya dapat terserap di pasar dengan cepat.
Mempunyai peta pasar yang direkam dari outletnya sehingga instink penerbitan yang telah lama bergelut dibidangnya akan semakin terasah.
Dari melihat judul outline,dan siapa penulis,terkadang penerbit dapat memproyeksiksn pasar buku yang menjadi sasarannya.

Kunci pertama bagi penulis adalah pemilihann judul yang baik,pasar sasaran yang akan dituju,lakukan sedikit pesaing sehingga dapat dengan gamblang ditawarkan pada penerbit.
Apalagi tema yang baru,perlu tambahan data riset kecil yang tidak gampang untuk memengaruhi penerbit.Penerbit lebih cenderung mencari tema yang secara pemasaran sudah ada,sehingga gablang dalam membiyaai penerbitannya ,karena mempunyai resiko yang semakin kecil untukk tidak terserap pasar.

Kirim ke beberapa penerbit,apabila penulis belum berpengalaman bekerjasama dengan penerbit.
Penerbit akan menyeleksi tulisan, dengan beberapa pertimbangan. Pling banyak porsi pemasaransebagai pertimbangan utamanya.Berikan sedikit penjelasan pasar sasaran, dengan data-data angka akan lebih menarik.
Contohnya adalah saat ini buku yang sangat dicari adalah buku tentang covid-19. Cari secepatnya apa,bagaimana,virus tersebut.Apakah buku yang kita tulis betul-betul mempunyai manfaat pada pembaca.

Jenis Penulis
1.       Penulis perintis pertama,Biasanya dapat menikmatipasar awal yang cuupmenarik.Biasanya tulisan pertama mempunyai kualitas yang belumbaik,akan tetapi mengejar momen yang cukup bagus.
2.       Penulis Follower
Biasanya mempunyai penyajian materi yang lebih baik akan tetapi terkadang menikmati pasar sisa daripada penulis perintis.
Proses Penerbitan buku:
Proses penerbitan buku cukup panjang waktunya,dari administrasi penerbitan awal,editing, setting layout,desain cover,dan proses produksi
Tanpa ada antrian proses penerbitan buku memakan waktu antara 2 minggu hingga 1 bulan paling lama. Yang membuat lama adalah proses antrian baik dari sisi penulis maupaun  beberapa bagian di penerbitan.

Yang diperlukan pada proses adminitrasi penerbitan adalah:
·         Kelengkapan naskah
·         Judul dan sub judul
·         Nama pengarang
·         Kata pengantar
·         Prakata
·         Dftar Isi
·         Bab hingga sinopsis
Yang diperlukan dalam proses editing akan terbantu dengan
·         Pengetahuan ejaan
·         Pilihan kata
·         Kalimat
·         Paragraf
Hingga hirarki bab yang baik dari penulis.
Proses Editor akan membantu hal tersebut akan taetapi apabila penulis telah menata denan baik,maka kerja editor akan lebih fokus ke dalam bagaimana memilih efektifkan kalimat dan struktur bab yang baik.
Setting layout juga mempunyai peranan yang penting,karena memnentukan uuran buku,jumlah halaman,dan keindahan halaman per halaman .Titik kursial ada disini karena dengan pengaturan halaman yang baik,maka harga buku akan efektif ditemukan,harga buku yang menarik akan cukup memengaruhi pembeli dalam memutuskan akan membeli atau meninggalkannya.
Desain Cover,
Mempunyai peranan strategis dalam sebuah buku.Apalagi tipe pembeli buku di Indonesia adalah didasarkan dari kendaha dan seberapa menarik cover.
Tipika Pembaca buku di Indonesia adalah sightseeing,sehingga cover sangat penting sekali dalam pemasaran.Setiap penerbit mempunyai data bagaimana cover yang menarik,dan terbukti mendongkrak pemasaran.
Proofing,Sebaiknya penulis memberikan beberapa perbaikan ide untuk memperkuat pasar buku yang ditulis.Kerja sam yang baik dari penulis dan pengetahuan data dari penerbitakan dapat menentukan keberhasilan untuk diserap di pasar.
Beliau juga menyampaikan bahwa dari pengalamannya, tidak ada buku Best Seller yang By Desain,artinya banyak buku Best Sller di Indonesia,terkadang karena karunia semata,Jadi jangan taut menawarkan tulisan ke penerbit.Karena pada dasarnaypenerbit juga tral and eror dalam menerbitkan bukunya.Hanya pengalaman dan intuisi terkadang membantu untukk menhindari kerugian akibat terbitannya tidak laku di pasar.

Kesimpulan;
Yang harus diketahuai dalam penerbitan buku
1.Penulis melakukan pemilihann judul yang baik,pasar sasaran yang akandituju,lakukannsedikitpesaing sehingga dapat dengan gamblang ditawarkan pada penerbit.
2.     Penulis,sebaiknya memahami ciri khas terbitan setiap penerbit.
3.    Penulis dapat mengirimkan usulan dan proposal terlebih dahulu untuk menjajaki apakah jalur tulisannya sudah sesuai dengan visi dan misi penerbit.
4.  Kirim ke beberapa penerbit,apabila penulis belum berpengalaman bekerjasama dengan   penerbit.
5.       Penulis juga harus tahu proses penerbitan buku.

10 comments: