Sunday, April 12, 2020

PENGHARGAAN INTERNASIONAL GURU PRESTASI


RESUME KULIAH ON LINE BELAJAR MENULIS GEL.5 BERSAMA OMJAY

Nara Sumber      : H. Encon Rahman
Moderator          : Bambang Purwanto,Bandung
Motivator           : OmJay
Hari/tanggal       : Minggu/12 April 2020
Waktu                 : pukul 19.00-21.00

 Penghargaan  Internasional Guru Prestasi

Lomba gupres bukan hanya ada di Indonesia  tetapi lomba gupres di terapkan di Asia Tenggara.
Lomba gupres termasuk ajang bergengsi,karena penilaian gupres lebih komprehensif dan menyeluruh dari berbagai faktor
Sebagaimana diketahui dalam undang undang nomor 14 tahun 2005 jabatan guru itu adalah profesi,seorang guru harus memiliki jabatan profesional ,jabatan ini menyangkut 7 M.
7 M adalah
 Mendidik
Membimbing
Mengarahkan
Melatih
Menilai
Mengajar
Mengevaluasi
Apabila  guru tidak memiliki 7 M ,maka yang menjadi pertanyaan besar karena guru adalah seorang profesional.
Pada sisi lainnya  pemerintah selalu mengadakan lomba gupres daik dari tingkat TK,SD,SMP,SMA .Tujuannya adalah:
1.       Mengangkat guru  sebagai profesi terhormat mulia bermartabat dan terlindungi
2.       Meningkatkan motivasi dan profesionalisme guru dalam pelaksanaan tugas profesionalnya.
3.       Meningkatnya persaingan yang sehat selalu pemberian perhargaan di bidang pendidikan.
4.       Membangun komitmen mutu guru dalam rangka peningkatan mutu guru dalam rangka peningkatan mutu pembelajaran dalam peningkatan  mutu pembelajaran menuju  standar nasional pendidikan.
Mengacu pada tujuan pemilihan gupres,maka kegiatan ini setiap tahun dilakukan.
Pada tahun 2016 pak Encon Rahman menjadi gupres tingkat nasional  dan mendapat juara 1.Maka beliau terpilih mewakili bangsa Indonesia   untuk tampil di ajang Internasional sebagai guru terbaik Indonesia tahun 2017 di Negara Thailand,perhargaan tersebut adalah The  Princes Maha Cakri Award ( PMCK).

 Berdasakan penjelasa pak Encon ,untuk menjadi gupres tidaklah mudah. Seperti yang sudah disampaikan diatas,ajang gupres  merupakan ajang  prestasi tertinggi bagi karir seseorang,apaila lomba sejenis yang diadakan kemendikbud berupa inobel,OGN itu bagian terkecil dari komponen gupres. Dengan penjelasan yang  disampaikan oleh pak Encon diharapkan banyak guru yang mengikuti ajang lomba gupres. Namun untuk mengikuti ajang ini tentu saja banyak yang harus dipersiapakan,seperti yang dilakukan oleh pak Encon Rahman.

Pada pembelajaran ini pak Encon menceritakan persiapannya agar menjadi juara 1 gupres tingkat nasional dan mewakili  Indonesia go Internasional yaitu ke Thailand.
Ada dua rahasia yang dilakuakan pakk Encon yaitu,memiliki amalan batiniah dan amalan lahiriah.
Persiapan batiniah dari pak Encon Rahman, bahwa beliau selalu yakin dan percaya diri terhadap nilai baik profesi guru. Dalam mendidik para siswanya ,pak Encon sering melakukann kunjungan ke rumah siswanya,untuk mengetahui lebih jauh tentang keadaad siwanya. Dengan demikian beliau dapat menentukan  metode yang dapat digunakan dalam mendidik siswanya, sehingga menghasilkan suatu inovasi yang tepat dalam melakukan pendidikan yang sesuai dengan standar pendidikan.

Persiapan yang dilakukan pak Encon Rahman selanjutnya, adalah sebagai guru matematika ,sains dan ilmu sosial,mengabdikan  dan mecurahkan dirinya  setelah  selesai tugasnya untuk mendidik dan membimbing siswanya. Tidak hanya bidang mata pelajaran saja atau bidang akademik bahkan dibidang lainnya pun beliau selalu meluangkan waktu untuk mendapingi siwanya.  Semua ini dilakukannya untuk  membantu mengembangkan sistem pengembangan pendidikan di Indonesia.

Beliau  banyak menghasilkan karya yang diterbitkan di koran, menulis artikel, dan jurnal pendidikan,menulis buku teks tingkat SD,menggambar karikatur juga merupakan keahlian yang sering digunakan saat mengajar sehingga suasana pembelajaran semakin menyenangkan,menulis penelitian yang dipublikasikan melalui Jurnal pendidikan.Selain itu pak Encon juga sering  tampil menjadi  nara sumber berbagai pelatiahan  bagi guru di Jawa Barat.

Persiapan yang dilakukan oleh pak Encon Rahman memang tidak mudah seperti yang diungkapkan sebelumnya. Banyak sekali kegiatan yang dilakukannya, Namun pak Encon memang sosok yang selalu bersemangat dan dengan tulus melakukan itu, terbukti bahwa beliau tidak mencerikakan biaya atas apa yang beliau lakukan, yang tentu saja membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun karena keiklasan hatinya dan potensi yang dimlikinya, sehingga pada akhirnya beliau mendapatkan perhargaan di ajang yang sungguh bergengsi itu.(12 April 2020)



2 comments:

  1. Sudah bagus bu...upayakan bagian kanan ikut rata bu.

    Kunjungi juga. agungpramono780. blogspot.com

    ReplyDelete