MENULIS DESAIN PEMBELAJARAN
MODERN
RESUME KULIAH ONLINE GELOMBANG
5 BERSAMA OMJAY
DENGAN NARASUMBER BAPAK DR
PAIDI
SELASA,28 APRIL 2020
PUKUL 13.00 – 15.00
NARA SUMBER
Nara sumber kita sore ini adalah
pak Dr Paidi,S.Pd,M.TPd,beliau lahir di Bantul,01 Januari 1971,dan beralamatkan
di Jln. Timur Indah V No. 39 RT. 19 Kelurahan
Sidomulyo Kota Bengkulu 38229.
Blog : https://pdsmk1bkl.blogspot.c
Riwayat pendidikan :
1. SD tamat tahun 1985 di SDN Banyumas Baru;
2. SMP tamat tahun 1988 di SMPN 2 Bengkulu;
3. SLTA tamat tahun 1991 di SMEAN Bengkulu;
4. S1 tamat tahun 1996 di Prodi S1 Pendididikan Akuntansi
IKIP Padang;
5. S2 tamat tahun di Prodi S2 Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Bengkulu;
6. S3 tamat 2019 di Prodi Teknologi Pendidikan
Universitas Negeri Jakarta.
Riwayat pekerjaan :
1.Guru
SMEAN Bengkulu tahun 1996 s.d. 1999;
2.Guru
SMAN 2 Talo tahun 1999 s.d. 2003;
3.Guru
SMKN 1 Kota Bengkulu tahun 2003 s.d. 2018;
4.Dosen
Luar Biasa FISIP Unib tahun 2000 s.d. sekarang;
5.Dosen
Luar Biasa Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Bengkulu tahun 2008 -2014;
6.Dosen
Pascasarjana TP UNIB tahun 2019 s.d. sekarang;
6.Tutor
Univeritas Terbuka UPBJJ Bengkulu tahun 2011 s.d. sekarang;
7. Asesor
BAP SM Provinsi Bengkulu dari tahun 2012 s.d sekarang;
8. Asesor
LSP Telematika tahun 2008 s.d. sekarang;
9. Ketua
LSP SMKN 1 Bengkulu dari tahun 2015 s.d. 2018;
10Anggota
BKSP Provinsi Bengkulu tahun 2015 s.d. sekarang;
11.Kepala
SMKN 4 Kota Bengkulu tahun 2019 s.d. sekarang;
12.Ketua
MKKS SMK Kota Bengkulu tahun 2019 s.d. sekarang;
13.Ketua
MKKS SMK Provinsi Bengkulu tahun 2019 s.d. sekarang.
Tanda penghormatan yang diperoleh pak Paidi adalah
sebagai berikut:
1. Satyalancana Karya Sapta X tahun dari Presiden
Republik Indonesia tahun 2016;
2. Instruktur Nasional Pelatihan Kurikulum 2013 dari
Mendikbud tahun 2016.
Pelatihan Kepala Sekolah :
Sertifikat Kepala Sekolah / Madrasah dari Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan
dan Kebudyaaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan tahun 2014.
Publikasi :BUKU
“Membuat Laporan Keuangan dengan MyOB 19.6” Edisi Perdana
tahun 2017 diterbitkan oleh Penerbit Salemba IV Jakarta.
“Membuat Laporan Keuangan dengan MyOB 19.6” Edisi I tahun
2018 diterbitkan oleh Penerbit Salemba IV Jakarta.
“Membuat Laporan Keuangan dengan MyOB 19.6” Edisi II
tahun 2019 diterbitkan oleh Penerbit Salemba IV Jakarta.
Buku Ajar Simulasi dan Komunikasi Digital, Tingkat
SMK/MAK Kelas 10 tahun 2019 diterbitkan oleh Penerbit ANDI Jogyakarta.
JURNAL INTERNASIONAL
1.Utilization Of Mobile Phones To
Apply Blended Learning At Higher Education: Computer Subject at State
Vocational Hight School 1 Bengkulu oleh Paidi & Basuki Wibawa,
International Jounal Of Engineering & Technology (IJET), (2018).The
Developnen Of Blended Learning Based On Handphone for Computer System Subject
on XI Grade of SMKN 1 Bengkulu City,
Humanities & Social Sciences Reviews eISSN: 2395-6518, Vol 7, No 3,
2019, pp 497-502.
Pada awal pembelajaran pak Dr
Paidi memulai dengan mengucapkan salam dan mengucapkan selamat bertemu di dunia
maya untuk berbagi ilmu,semoga menjadi catatan amal kebaikan bagi kita. Amin.
Pak Paidi yang saat ini
menjadi Kepala Sekolah SMKN 5 Bengkulu, akan berbagi milmu pengetahuan kepada peserta
belajar menulis bersamaOmJay tentang mendesain buku pembelajaran.
Teknik yang digunakan adalah
Mengacu pada tokoh fenomenal
bidang desain pembelajaran yaiti Prof Dr Atwi Suparman ( mantan rektor Utdan Dick
N carry.
Secara umum dalam mendesai
pembelajaran dan sekaligus menghasilkan pembelajaran secara ilmiah dapat dibuat
dengan skema desain pembelajaran itu.
Seperti contoh dibawah ini,
Secara umum ada beberapa langkah proses perancangan desain
pembelajaran yaitu:
1. Perlu
mendapatkan data dan informasi guna mendapatkan masukan dari siswa/pengguna
atas materi-materi yang dianggap sulit
atau perlu dipelajari lebih lanjut.
2. Berdsarkan
data yg di dapat dari langkah 1 selanjutnya kita perlu membuat identifikasi
kebutuhan peserta didik terhadap mata pelajaran / bahan yng akan kita rancang
3. Berdasarkan
data langkah 2 selanjutnya kita mulai membuat analisis
instruksional/pembelajaran mata pelajaran yang akan kita rancang
4. Seorang
perancang perlu mendapatkan gambaran karakteristik peserta didik yang akan
menjadikan
target atau pemakai buku yg kita rancang.
5. Membuat
rumusan tujuan instrusiona khusus(penggunaan istilah intruksional disin
berdasarkan sumber asli yang dikarang oleh Dck & Carry yaitu instructional)
6. Melakukan
penyusunan tes
7. Membuat
perencanaan startegi instruksional/pembelajaran yang akan digunakan(dalam hal
inidirancang pembelajaran secara blended learning)
8. Mengembangkan
dan memilih bahan intrukksional. Bahan pembelajaran yang durancang daoatdibedakan menjadu dua bagian yaitu bahan tercetak dan bahan online.( dapat
dilihat dari buku Rothwell sedangkan pembelajaran online bisa menggunakan teori Hannafin)
9. Setelah
draft yang tersedia(langkah 8) selanjutnya dilakukan evaluasi dengan format:
a.
one-to-one expert dengan melibatkan 4 orang pakar (pakar Desain, pakar Media,
pakar Materi, pakar bahasa)
b.
One-to-one learner (melibatkan 3 orang siswa yang berasark dari siswa peringkat
atas, menengah dan bawah)
c. Evaluasi
Small group (melibatkan sekitar 9 siswa yang berasakl dari kelompok, menengah
dan bawah)
d. Field
trial yaitu tahap uji coba luas dengan melibatkan siswa sekitar 30 siswa yang berasal dari kelompokl Atas, menengah
dan bawah. Setiap tahapan muai evaluasi one-to-one, evaluasi small group akan
menghasilkan namanya draft bahan pembelajaran dan setelah field trial baru
dinamakan prototipe bahan pembelajaran.
Langkah yang terakhir adalah evaluasi
sumatif sifatnya tidak harus dilakukan dengan proses desain pembelajaran,karena
tes sumatif dapat dilakukan pihak lain.
Untuk pembelajaran yang dirancang oleh
penerbit biasanya pihak penerbit sudah ada.
Agar buku penulis bisa diterbitkan maka format/standar yang digunakan harus mengacu pada format yang
disediakan penerbit.
Pada akhir penjelasannya bahwa cara
mendesainbaha pelajaran yang secar ilmiahdapat dipertanggungjawabkan,jka
tahapan dailakukan secara benar,maka tidak akan terjadi kasus salah
gambar,seperti dulu yang pernah terjadi
di buku-buku yang yang beredardi lingkup dipbud khususnya jenjang sd
P1
Assalamualaikum..selamt sore menjelang
siang pak Paidi mau tanya :
1.Setelah meliht dan memahmi PPT,
Elearning SMK Bengkulu, saya berasumsi bahwa itu adalah desain belajar untuk
program sekolah Afirmasi dan mirip
classroom kira-kira tangapan bapak seperti apa?
2.Tolong beritahu kami cara praktis
mendesain pembelajaran seperti SMKN Bengkulu?
Atas jawabnya terims banya🙏🏻🙏🏻Andy Muhtadin -Beltim-Babel.
Jawab:
Terimakasih Mas Andi (Babel), untuk
pertanyaan.
1, kebetulan saya pernah merancangkan
sebuah desain pembelajaran untuk SMKN 1 Bengkulu, dimana waktu itu pihak
sekolah kesulitan untuk mencari pola pembelajaran untuk siswanya yang
melaksanakan di industri sekitar 6 bulan, maka saya buatkan sebuah konsep
namanya blended learning dan alhamdulilah bisa digunakan dengan media yang
dipakai siswa dan guru kala itu adalah Handphone. Praktek pembelajarannya
memang menggabarkan antara pembelajaran di classroom dengan online
2.Untuk cara praktisnya sepertinya bisa mas
Andy ikuti alur yang ada di slide no. 7 tentang Pengembangan Blended Learning
Berbasis Handphone (BLISH)......
P2.
Assalamualaikum pak Paidi ... kenalkan
nama saya Rasita dari Kab Mukomuko Bengkulu tugas di SDN 16 Penarik
Pertanyaannya:
untuk langkah yg ke 9 mencari pakarnya
agak susah di daerah bagai mana mengatasinya, apa lagi kami dari SD agak terbatas
kemampuan serta personilnya.
Terima kasih.
Jawab:
P3
Selamat siang Pak Paidi.. kalau boleh
tau apa nama aplikasi e learning nya. Kayaknya keren banget.
Ridwan Nurhadi
Jawab:
oftware yang pernah saya untuk
e-learning tersebut menggunakan moodle, murah meriah pak karena sifatnya open
source. Tapi saat ini tidak bisa masuk lagi link tersebut karena sudah saya
serahkan ke pihak SMKN 1 Kota Bengkulu. Jika mas Ridwan ingin melihat lebih
jauh isinya nanti saya coba mintakan sama pihak SMKN 1, jika sudah ada hasilnya
saya sampaikan kepada om Jay
P.5
Ass wr wb
Sy Bu Iez dari Lumajng
Bertanya apakah langkah2 mendesain
cara mengembangkannya sama dg model dick and Carry ya
Terima kasih
Jawab:
Betul mbak Iez, karena sy jg
menggunakan model Dick & Carrey👍
Namun mbak Iez juga bisa
mengkombinasikan dengan teori/model lain seperti pada langkah 8 selagi sesuai
dengan karakteristik bahan pembelajarannya.
Jawab:.
heeee bukan, kalau Versi penerbit
biasanya ini ada kebutuhan tertentu yang di tetapkan oleh penerbit karena
menyangkut utk keuntungan penjualan dll
Pihak penerbit biasanya sudah punyak
team editor sendiri, seperti yang pernah sy lakukan untuk memperbaiki draft
buku di Penerbit Salemba IV - Jakarta, sehingga buku tersebut bisa
dicetak/diterbitkan oleh Salemba IV .
P6
Assalamualaikum saya ika s. Dari
tangerang , boleh dijelaskan mengenai teori rothwel dan teori hannafin pada
langkah ke 8 dalam.mendesain pembelajaran.
Jawab:
Tidak, blended learnin itu sebuah
model pembelajaran, sedangkan yg sy masukd Reseacrh versi penerbit ini lebih
pada aturan tata cara pengetikan seperti desain cover, isi dll yang
diberlakukan oleh penerbit jika buku tsb dicetak oleh Penerbit [N]
P7
Terimakasih, Lusia ,Curup.
Slmt siang pak Paidi,terimakasih
penjelasannya,apakah rancangan pebelajaran seperti ini bisa untuk
sd,sedangkan guru di sd mengajar seluruh
mata pelajaran kecuali Agama dan PJOK.bagaimana teknik prnyederhanaannya?
Jawab:
Pada prinsipnya Desain pembelajaran itu bisa
untuk semua mata pelajarannya, yag membedakannya terletak pada isi pelajarannya
Utk pertanyaan mbak Ika, Maaf sy ada
salah tulis tadi Teori Rowntre itu adalah cara-cara untuk membuat buku yg
sifatnya tercetak. Dan Hannafin itu untuk merancang bahan yang non cetak alias
online. Untuk teknisnya nanti sy kirimkan e-booknya ya[N]
P8
Assalaamu'alaikum pak paidi...setelah
membaca semua materi yg berisi langkah pembuatan design pembelajaran saya masih
belum bisa membayangkan hasil akhirnya. Yg ingin says tanyakan bagaimana bentuk
hasil design pembelajarannya, apakah menjadi sebuah buku atau yg lainnya?
Bagaimana cara penerapan hasil design pembelajaran tadi ke siswa? Terima kasih.
Sri indayani Lamongan.
Jawab:
Untuk mbak Sri, kelebihan desain
pembelajaran ini adalah akan mengasilkan buku pembelajaran yang bisa dijamin
kebenaranya selagi prosedur dikerjakan dengan benar. Kelebihan lain juga desain.
pembelajaran ini akan dilengkapi dengan instrumen pendukungnya termasuk model pembelajarannya sudah ditentukan.
P9
Assalamualaikum pak,,saya Noralia
Semarang.
Ijin bertanya,saya pernah melakukan
penelitian R&D untuk tesis saya dulu, saya mengambil judul pengembangan
modul pembelajaran. Dan itu saya penelitian hingga menjadi produk akhir yang
bagus bisa sampai 6 bulan, padahal hanya untuk 1 bab materi ajar karena
beberapa kali diujikan ke kelas besar
shg dapat prototipe produk yang bagus.
pertanyaan saya,
1.untuk pengembangan bahan ajar
seperti yang bapak laksanakan yg menghasilkan produk buku ajar untuk 1 tahun
pelajaran, butuh berapa lama pak penelitiannya?
2. Apakah tiap bab materi ajar di buku
ajar yang dikembangkan harus diujikan di kelas besar atau hanya kita ambil
sampel salah satu materi ajar saja?
Jawab:
Terima kasih
Untuk mbak Noralia,
1. waktu yang dibutuhkan untuk 1 buku /tahun sy butuh waktu antara 6
sampai 10 bulan itupun sy sambil nyambi mbak heeee. Jika focus utk desain buku
saja 6 bulan itu insyallah sudah selesai;
2. Iya betul setiap bab harus diujikan untuk
tahap Small group dan Field trial.
P10
Jika mengacu kepada keterangan terahir
yg ttg buku yg d rancang untuk keperluan penerbit, penerbit sdh mempunyai
format sendiri mohon arahan
Ass,saya Bu Dede dari SLB AB Kemala
Bhayangkari 2 gresik.
Berkenaan dengan buku yg akan saya
buat subjeknya ABK
Lalu untuk uji coba seperti tahapan d
atas apa memungkinkan.
Jawab:
Untuk mbak Dede,
Betul mbak, penerbit sudah mempunyai Format
tersendiri versi penerbit, si penulsi tinggal mengikuti outline. Contohnya saya
mendapatkan amanat dari penerbit erlangga untuk membuat buku-buku SMK dengan
outline sudah ditentukan pihak Erlangga.
Mbak Dede maaf singaktan dari apa ya ABK?
Numpang promo ya gan
ReplyDeletekami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*