Monday, April 27, 2020

MENULIS dan MEMBUAT BUKU DIGITAL


Resume Belajar menulis gelombang 5 bersama OmJay
Menulis dan Membuat Buku Digital

       
Sesuai jadwal yang sudah ditayangkan OmJay kemarin,untuk pembelajaran selama bulan Ramadhan pada pukul 13.00- 15.00 WIB.Maka pembelajaran pun dimulai dengan nara sumber Bapak Onno W Purbo, Materi Menulis dan Membuat Buku Digital.

Sangat beruntung sekali saya sebagai peserta belajar menulis gelombang 5 bersama Omjay,pada siang ini mendapat kesempatan belajar dengan seorang bernana Dr Onno W Purbo, orang yang tidak asing lagi di dunia pendidikan,beliau adalah seorang pakar Pendidikan  dalam bidang teknologi dan Informasi.Begitu banyak penghargaan yang diperolehnya merupakan bukti bahwa seorang Dr Onno W Purbo adalah pekerja keras yang sangat mencintai  kealiannya,sehinnga hasil karyanya dapat dinikmati orang yang selalu mebaca dan mendengarkan setiap pembelajaran nya melalui youtube.com/c/OnnoCenter.Pak Onno lahir di Bandung, beliau adalah lulusan terbaik ITBpada tahun 1981, kemudian melanjutkan Studinya di Kanada. Beliau juga seorang pelopor dunia Internet yang berhasil mengukir Sejarah Internet di Indonesia.Suaranya yang renyah enak didengar,penuh keramahan mebuat peserta semakin semangat mengikuti pembelajarananya dan banyak pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan.  Dari informasi  yang saya baca beliau disebut juga bapak internet Indonesia.

Beliau mengawali pembelajaran dengan megucapkan salam dan ucapan terimakasih,kemudian melanjutkan,begini penjelasanya.

Targetnya adalah Menulis dan menerbitkan,kalau menulis melalui pdf itu biasa, yang menjadi tantangan adalah menulis dan menerbitkan buku.  Saat menulis Biasanya yang menjadi masalah adalah sulit mengumpulkan kata-kata. Kita dapat menggunakan 5Wdan H.
Teknik menulis buku dan artikel   diawali dengan pengumpulan tulisan-tulisan dalam buku-buku yang lain. Membaca dari beberapa buku dibuat paragraf baru namun jangan lupa menulis sumber refrensinya. Menurut pak Onno menulis bisa diawali dengan ngobrol-ngobrol, ya seperti ini, ngobrol seperti ini dapat dijadikan sebagai tulisan, ngobrol dengan teman,atau dengan siapa saja, apalagi seorang guru, sering ngobrol dengan siswa atau dengan rekan yang dapat menjadi  sebuah tulisan, Untuk menjadi penulis juga banyak membaca terlebih dahulu.Menulis tanpa harus mengumpulkan kata kata terlebih dahulu , menulis adalah banyak membaca,minat membaca dari google,mencari sumber dengan membaca dan mecatat buku refrensi. Intinya dapat mengumpul tulisan tulisan yang lain dari beberapa buku,lalu dibuat kata-kata yang enak dan menjadi paragraf baru,tetapi bukan terjemahan. Jadi tanpa membaca tidak akan bisa menulis.

Cara menulis atau teknik menulis  bermula membuat
Daftar Isi
Kata pengantar
Judul 1
Judul 2
Judul 3
Menulis:
1.       Tentang diri kita/penulis  misalnay 1 paragaraf
2.       Dftar pustaka; tulis yeng menjadi refrensi apa saja yang digunakan sebagi ucapan terimakasih
3.    Sinopsis                : Berupa tentang buku yang ditulis,dibuat menarik supaya menarik   minatpembaca agat buku yang dterbitkan dapat masuk pasaran dan laku dijual.
4.      Cover                 : Cover buku dibuat gamabr yang menarik,boleh mengambil do gogle tapi  yang sudah fre. Atau dapat juga disetting oleh penerbit.

Menerbitkan:

 Buku yang dapat diterbitkan bukan karena buku berkualitas tetapi buku yang laku dijual.
Contoh  Buku yang laku dijual adalah buku yang sangat dibutuhkan misalnya buku pelajaran SD, tentu lebih banyak peminatnya dibandingkan dengan buku SMA atau buku kuliiahan,karena anak-anak banyak sekali,beruntunglah anda yang menajdi guru,apalagi guru Sd, karena dapat menulis buku yang dibutuhkan anak-anak SD.Misalnya penulisan buku pembelajara/ pegangan belajar dapat dibuat dari beberapa buku menjadi buku yang baru namun harus tetep mencantumkan refrensinya.
Menurut pak Onno menulis buku untuk anak-anak SD lebih banyak peluang daripada buku,SMP,SMA aplagi universitas, lebih laku dan lebih banyak peminatnya.

Bagaimana dengan buku digital agar laku dijual?
Buku akan laku dapat dilihat dari folow up nya,semakin banyak folownya semakin laku dan akan diterbitkan.
Buku digital dapat dibuat dengan cara membuka miscrosof word.lalu pilih file untuk menyimpan format Pdf yang sudah tersedia  dalam aplikasi komputer. Selain itu proses pengubahan file dengan bantuan internet.Yang artinya membutuhkan bantuan dari jasa internet  yang bila belum ada aplikasinya dapat didownlod terlebih dahulu,sehingga dapat disimpan  dalan pdf.  

Dari penjelasan pak Onno  tadi berarti buku-buku yang dikirim oleh OmJay dan beberapa nara sumber yang lainnya itu melalui Pdf itulah yang yang disebut dengan buku Digital.
Tak terasa pembelajaran pun selesai, saat pak Onno pamit sempat memberikan kesempatan kalau ada yang menghubungi melalui Japri dan baliau memberi alamat yaitu
http://lms.onnocenter.or.id/moodle/
Dan jangan lupa di like dan di subscribe.

2 comments:

  1. Teman-teman yang baik,tolong komentarnya,terimakasih

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete