Thursday, April 30, 2020

AYO MENULIS,MENULIS dan BELAJAR MENULIS

Belajar,Belajar,dan Belajar Menulis Setiap Hari

RESUME KULIAH ONLINE BERSAMA OMJAY
NARA SUMBER : Dr USWADIN,M.Pd
Hari RABU,29 APRIL 2020
PUKUL        13.00-15.00
                                        
       

Bapak Dr. Uswadin, M.Pd. dilahirkan di Brebes,15 Maret  1968, Pendidikan MP S3 UNJ,Saat ini beliau menjabat sebagai Guru SMP Labschool Jakarta, dan Kebayoran. Kepala SMP Labschool Cibubur 2011 sd 2019 dan Pengembang Labschool UNJ, Beliau sudah dukaruniai 2 orang anak,bertempal tinggal di
 Matraman Jakarta Timur
Email: dinuswa15@gmail.com
Motto Bermanfaatlah untuk sesama

Salam adalah yang diucapkan oleh Bapak Uswadin,M.Pd pertama kali, beliaupun berharap semua dalam keadaan sehat, hari ini beliau berbagi tentang kiat-kiat menulis. Dibilang mudah ya mudah dibilang sulit ya sulit tergantung dari mana kita memulai. Materi yang disampaikannya adalah, Kiat menulis,menulis dan menulis.


MENULIS adalah ide,pikiran yang kita keluarkan
Memulai adalah sesuatu yang baik
Karya yang terbaik adalah tulisan yang sudah selesai
Jangan takut untuk menulis,jangan ragu untuk menulis,menulislah sesuai dengan ide yang muncul dari pikiran kita.
Sebelum menulis tulis terlebih dahulu ide ide dalam catatan kecil,ide yang muncul saat duduk santai dan supaya dapat dicatat.
Tulisan yang dibuat, bisa dibagikan ke publik bisa melalui blog kita atu melalui media sosial fb atau media cetak atau online. Kita akan bangga dengan tulisan kita sendiri jika tulisan dapat dimuat apalagi  di surat kabar yang sudah populer atau berskala nasional. Seperti tulisan-tulisan yang dibuat oleh bapak yang dikarunai dua anak ini,  Tulisannya yang berjudul Mengambil Hikmah dibalik Pandemi Covid-19, dimuat dibeberapa blog dan ada lagi yang berjudul Ancaman Moralitas di Era Globalisasi pun dimuat disebuah surat kabar terkenal.
Menurut pak Uswadin  tulisan yang diuploud di blog sendiri bisa juga menjadi media informasi kita selain itu dapat  dishare di facebook  juga.
Kalau sudah terbiasa menulis maka kita  pun sebagai guru dapat kita tingkatkan menjadi sebuah buku, bisa menjadi buku pelajaran yang kita ampu.Karena disampaikan setiap hari maka dengan mudah ditulis dalam buku, itulah penjelasan dari pak Uswadin. Seperti yang disampaikan nya dalam pemjelasannya  di atas, kelihatannya begitu mudah. Terkadang saya masih sulit untuk menuangkan kata-kata agar menjadi paragraf yang enak dibaca.

Pada materi ini,saya berharap materi yang disampaikan oleh bapak Uswahdin semakin mengikat pengetahuan saya terhadap menulis.
Contohnya buku PKN kelas 7,8.9 dan 10. Buku PKn yang terlihat pada gambar yang dipostinganya,buku kelas 7 dan 9 adalah karyanya yang sudah ada ISBN.

Pengalaman –pengalaman dan tulisan-tulisan yang disimpan dalam blog bisa dikumpulkan juga menjadi sebuah buku.Dengan menulus ide yang muncul kadang-kadang baru muncul,dan tidak hanya tulisan,kitapun dapat membuat syair lagu, yang bisa menjadi sebuah lagu jika dinyanyikan. Seperti  contoh yang diposting berjudul Hebatnya Negriku.
Hebatnya Negriku adalah sebuah lagu ciptaan pak Uswadin yang dinyanyikannya dengan seamngat dan semamgat.
Menurut pak Uswadin hasil penelitian  dapat dijadikan buku populer karena penelitian data dan faktanya sudah dikartakan valid,jadi tinggal dikemas supaya mudah dipahami pembaca. 
Carannya antara lain dapat dilakukan dengan
1. Mengambil latar belakang dari penelitian ditulis lagi di bagian pendahuluan dengan bahasa yg simpel saja. Bisa dipecah menjadi 2 bab
2. Menyampaikan penemuan penting atau ide penting apa dari penelitian tsb. Ini bisa di bagi menjadi 3 atau 4 bab.
3. Rekomendasi apa dari penulisan tsb dalam 1 bab.
4. Penutup atau kesimpulan jadikan 1 bab.
5. Tambahkan gambar atau foto atau data yg membuat tulisan menjadi lebih menarik.
 Pada sesi tanya tanya jawab berikutnya  pak Uswadin juga memjelaskan supaya tulian bagus penulis harus selalu menulis, menulis dan belajar menulis.Beliau juga masih belajar,yang penting jangan dipaksakan kalau sdg tidak mood. Suasana batin sgt mempengaruhi dalam menulis.
Sebelum di upload mimimal baca 3x dan nanti kita akan menemukan kekuranagnnya.
Syukur ada kawan yang mau baca sebelum diuploud.

Apabila penulis ingin mengirim tulisan di media online,bisa lihat dibagian redaksi dan tata cara mengirim artikel, jangan takut karena media online sangat menbutuhkan konten-konten,apabila tulisan ditolak jangan putua harapan.
Tuangkan ide agar mengalir dibuat runtutan dulu dalam konsep-konsep. Setelah dianggap runtut baru tuangkan dalam tulisan.
Setelah tulisan jadi dibaca-baca dan dibaca... kemudian tinggal beberapa waktu 1 atau 2 jam baru di baca lagi.terkadang membutuhkan waktu selama 4 jam dari konsep,koreksi dan sampai jadi.Bahkan membutuhkan waktu3 hari, seperti buku inspirasiku selesai dalam 4 tahun.  Pak Uswatun juga menyampaikan pengalamannya saat pertama kali bukunya diterima beliau sangat senang, judulnya adalah Guru Honor Naik Haji
Trik menulis;
        Percaya diri,menulis,menulis dan belajar menulis
        Jangan memaksa menulis saat nge blank,istirahat lebih dulu.
        Konsisten,jangan memaksa diri kalau belum punya ide.
        Banyak membaca tuliasan orang yang bagus,sehingga tulisan juga bagus.
       Tulis,dan kumpulkan ide-ide  yang muncul,tulis poin-poinnya,kemudian merangkai kalimat                  dijadikan tulisan.
       Latihan menulis di blog sendiri.
Intinya bahwa untuk menjadi penulis,  Menulis,menulis dan belajar menulis,sesuat denag pesan bapak Uswadin saat menutup pembelajran yaitu Jngan menyerah untuk menulis.

2 comments:

  1. Teman-teman yang baik, tolong kasih komentar ya.terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete