Monday, April 13, 2020

MENULIS BUKU DALAM SEMINGGU

Menulis Buku  dalam Seminggu

 Resume Belajar Menulis bersama OmJay

Dengan Nara Sumber     Prof. Richardus Eko Indrajit
Hari/tanggal                       : Senin/13 April 2020
Waktu                                   : 19.00-21.00 wib
Modeator                           : Mr.BamS

Malam ini,seperti biasa kuliah online bersama OmJay,sebelumnya Omjay sudah menyampaikan bahwa kuliah malam ini bersama Prof Richardus Eko Indrajit,adapun kuliah pada malam ini yaitu Menulis  Buku dalam Seminggu dari Seminar Virtual di Youtube.Kuliah dibuka oleh omjay dengan memberikan salam serta penguatan  dan mengingatkan  bahwa setiap mata kuliah supaya dibuat resumenya agar peserta mampu mengikat ilmu dan dikirim ke omjailabs.

Kuliah online dibuka oleh moderator yang sudah handal yaitu pak Bambang Purwanto yang lebih dikenal dengan panggilan Mr,BamS.Berbeda dari biasanya materi malam ini,  supaya asik dan tidak membosankan  disajikan  dimulai dengan Prof  Ricard memberi kesempatan  Mr.Bams untuk bertanya terlebih dahulu.Prof melakukannya karena belia yakin bahwa  yang sudah bergabung pasti sudah punya niat menulis. Ya, memang benar  apa yang disampaikan Prof Ricard itu,memang banyak yang berniat menulis, salah satunya saya. Meskipun belum pernah menulis ingin rasanya  menulis sesuatu  supaya nanti bisa  sedikt tertular seperti Prof Ricard Eko Indrajit.

Penjelasaa Prof. Diawali dengan menjawab  Pertanyaan yang diajukan Mr. BamS yaitu,Apa sih sebetulnya yang akan dibagikan kepada kami?  Dengan penuh semangat Prof  mengucapkan terimakasih dan langsung memulai kisahnya.

Ketika pandemi terjadi,semua harus berkarya dan bekerja dari rumah,dan  yang penting harus menjaga stamina tubuh agar tidak turun,sehingga tidak mudah terserang virus ini.Beliau sudah mengajar semenjak masih  di sekolah dasar,Beliau besar di kota terpencil Dumai di Riau. Mengajar sudah menjadi hobinya dari kecil sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Yang diajarkannya pun macam-macam mulai dari yang kecil, yaitu mulai mengajar sandi-sandi pramuka ,cara main sulapkartu,membuat perangkat elektronik dan lain sebagainya. Singkat cerita pada akhirnya menjadi dosen sekaligus konsultan. Saat covid ini beliau tidak lagi mengajar langsung  tatap muka, untuk menjaga supaya staminanya tidak turun,pada hari e-5 lockdown  di rumah , beliau memutuskan untuk mengajar via streming Youtube.Dengan semangat beliau membuat EKOJI CHANEL. Dan pada tanggal 20 Maret 2020 prof, Ricard Eko Indrajit  memulai seminar virtual gratis.Tanpa diduga yang menonton youttbenya sebanyak  6000 orang untuk tema yang pertama yaitu,Digital mindset,lebih terkejut lagi yang pesan sertifikat 1.116 orang,dan dapat menghasilkan 11 juta sehari, wau luar biasa hebat sekali profesor kita ini. Hingga sekarang  Prof. Ricard Eko Indrajit melakukan seminar 1-2 jam setiap pagi dimulai jam 08.00.

Kuliah dilanjutkan dengan memberi kesempatan peserta untuk bertanya, kurang lebih 25 pertanyaan yang dapat dijawab  malam ini, pertanyaan semuanya tentang menulis, baik dari yang  sudah biasa menulis maupun pemula.Dan semua dijawab dengan jelas dan gamblang,Jawaban  yang diberikan semakin menambah wawasan bagi seluruh peserta,terutaman saya sebagai pemula yang terkadang masih ragu-ragu untuk menulis apalagi membuat youtube.

Menurut Prof Eko, menulis buku dalam seminggu caranya mudah yaitu harus mendisrupsi diri sendiri dan langsung pada pokok masalah.pilih hal yang menarik perhatian yang relatif yang disukai dan dikuasai.Lalu diberikan pertanyaan sederhana mengenai topik yang akan dibahas yaitu dengan menggunaan 5W1H. 1. APA,MENGAPA,SIAPA,DI MANA,KAPAN,BAGAIMANA. Dengan 5W1H  itu berarti hari keenam sudah jadi,Pada hari ketujuh tulisan sudah ditambah-tambah lansung diterbitkan  seperti yang diposting dari CV PREINEXUS. Supaya tidak terbentur dengan kegiatan lain hendaknya waktu  diatur supaya terfokus pada saat menulis misalnya hari Sabtu dan Minggu.Buat kontrak tak tertulis kepada suami/istri dan anak bahwa menulis suatu yang penting dan genting,sehingga harus dikerjakan yang dinamakan prioritas.

Sungguh luar biasa kuliah malam ini, bahkan beliau memberi contoh-contoh berupa buku  yang  banyak sekali halamannya. sang Profesorpun menawarkan kesediaannya untuk membimbing memulis seminggu  kepada beberapa penanya.  Wah,   baik  sekali  hati pak Profesor  Eko Indrajit mau juga dong.

Pada akhir kuliah malam ini,sebelum ditutup oleh Mr. BamS sebagai  moderator  Profesor Eko Indrajit  menampilkan suara emasnya memalui www.youtube.com.
Kemudian ucapan terimakasih  dan salam sehat  meluncur buat kita sumua  dan kembali menampilkan lagu karangannya sendiri dan dinyanyikan bersama keluarganya. (Lus,13 April 2020)

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete