Tuesday, April 14, 2020

Menulis Artikel di Majalah PGRI

Menulis Artikel di Majalah PGRI

Belajar Menulis gel.5 bersama OmJay

 Resume kuliah online  lewat WA Group bersama Bapak Dr Jejen Mustaf,
 Pemimpin redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI, dengan materi Menulis Artikel di Majalah PGRI.

                            
Hari/tanggal                       : Selasa/14 April 2020
Waktu                                   : 19.00 – 21.00

Dr Jejen Musfah,M.A adalah  seorang putra bangsa Indonesia yang lahir di Serang,02 Juni 1977. Dalam tugasnya beliau mempunyai jabatan  begitu banyak ,salah satunya adalah Dosen Prodi manejemen pendidikan UIN Syahid sejak tahun 2005 sampai sekarang.Buku yang sudah berhasil diterbitkan sebanyak 13 buah,yang semuanya berisi tentang pendidikan terutama tentang religi.Beliau juga menulis opini yang sudah diterbitkan dibeberapa media cetak,menulis artikel pun sudah  banyak,artikel berupa artikel ilmiah. Begitu juga dengan tulisannya yang lain beliau sebagai Reviuwer dan Peneliti,bahkan sebagai Nara sumber   pendidikan di beberapa  tempat yang  sudah dilaksanakannya.Saat ini beliau juga sebagai pemimpin redaksi majalah suara guru PGRI.
Sebagai pengantar kuliah malam ini  pak Jejen menjelaskan tentang opini .Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan  yang terjadi,artinya opini tidak akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta selalu hadir ,tapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi.

Guru adalah  pratisi  majalah,sedang PGRI sendiri sudah puluhan tahun,Tulisan bisa dimuat di online dan offline, majalah sudah dicetak 5000 lembar dan dikirim dan dibagikan ke hampir 34 propinsi. Rubriknya beragam: opini,Resensi,Sastra,Desnitasi,dll. Dalam pengantarnya beliau juga mengingatkan email bagi yang akan mengirim tulisan yaitu ke email :majalah.suaragur@gmail.com.

Syarat yang perlu agar kita dapat mengirimkan artikel  ke redaksi majalah guru adalah menyebutkan status dan foto,tulisan sesuai dengan rubrik yang sudah disebutkan di atas, diutamakan bidang pendidikan dan isu-isu yang hangat, sampai saat ini ternyata masih kekurangan naskah yang berkualitas,cenderung diterima dan diediting redaktur, naskah yang masuk minim.

Menulis dan mengirimkan tulisan di majalah suara guru PB PGRI  tidak ada honornya,akan ada honornya jika keuangan memadai dan dibayar ke depannya.Naskah yang dikirim ke majalah PB PGRI boleh lebih dari satu dan tulisan tentang pendidikan yang mutakhir,berbentuk sastra dan tidak mengandung sara, untuk opini yang dikirimkan maksimal 1000 kata.Untuk mengirim opini,artikel pada majalah PB PGRI tidak ada biaya,kita dapat mengirim dengan gratis.Naskah yang dikirim melalui online dalam hitungan jam langsung terbit,berbeda dengan majalah membutuhkan waktu dua bulan.Kita dapat mengetahui naskah sudah terbit atau belum melalui wedset atau dikirim di link oleh tim.Selain opini dan artikel dalam pendidikan, pada rubrik sastra dapat dikirim juga puisi atau cerpenting. 
Dengan terbitnya majalah PGRI, bukan berarti semua suara guru akan terwakili tetapi lebih banyak diperuntukan  info kegiatan ,supaya banyak orang tahu kegiatan kita.Artikel dapat dikatakan bagus apabila intinya orisinil bukan plagiat, dalam penerbitan artikel selama ini tidak ada entri,karena cenderung kekurangan naskah.Perbedaan opini dengan artikel adalah opini berupa pengabdian tapi artikel ilmiah masuk di jurnal.Kalau sudah masuk jurnal pasti dinilai sesuai dengan level jurnalnya.Untuk penelitian pendidikan tidak dapat dimuat di suara guru tapi dapat dimuat dalam jurnal PGRI.Artikel yang sudah dimuat disuara guru masih dapat  dimuat di majalah atau media cetak.Naskah yang sudah dimuat di suara guru dapat dibuat surat bukti dan akan dikirimkan majalahnya kepada penulis agar dapat digunakn untuk penilaian angka kridit  kenaikan pangkat.

Demikian pembelajaran malam ini,tidak terasa sudah terlewatkan sedikit,pak Jejen menyampaikan maaf bila ada pertanyaan yang belum terjawab.Beliau memberi kesempatan 20 penanya melalui japri. 
Simpulannya adalah dalam menulis Artikel,Opini,Resensi,Desnitasi,Sastra , dan lain – lain pada majalah PB PGRI, sebenarnya dapat dilakukan oleh kita sebagai guru,disinilah tempat menyalurkan berbagai inpirasi berupa tulisan- tulisan tentang pendidikan ,satra dan isu yang sedang hangat. Untuk pengirimannyapun tidak dipungut biaya, meskipun tidak mendapat honor juga. Tetapi sekali waktu dapat dipergunakan untuk penghitungan angka kridit dalam kenaikan pangkat. Terlebih untuk meinformasikan kegiatan yang dilakukan saat- saat ada momen penting di sekolah ,maupun kegiatan lain yang bertema pendidikan.( Lus,14 April 2020)

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete