RESUME KULIAH
ONLINE BERSAMA OMJAY
DENGAN NARA SUMBER
ARIS AHMAD JAYA Mr.SUGESTI
MENGAJAR GAYA MOTIVATOR
HARI/TANGGAL : KAMIS/16APRIL
2020
PUKUL : 19.00 – 21.00
Aris Ahmad Jaya merupakan seorang motivator
sekolah-sekolah unggul di Indonesia,selin menjadi motivator beliau juga menjadi
konsultan bagi sekolah – sekolah unggul untuk menemukan kekhasan dan
kekhususan.Sudah 15 tahun beliau menjadi motivator di seolah-sekolah unggul di
Indonesia.
Aris Ahmad Jaya lahir di Pati,23 Februari 1974.Pernah
diterima di dua universitas ternama di
Indonesia yaitu IPB dan UGM.Beliau memperoleh gelar Dokter Hewan pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan
peperoleh gelas Magister Manegemen di UINK Bogor tahun 2015.
Beliau juga merupakan pendiri CEO di lembaga Abco Sugesti
Motivatindo yang bergerak dibudang motivasi dan konsultan bagi sekolah- sekolah
unggul di Indonesia.
Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan karya bulu best
seller diataranya 30 Hari Mencari Jati Diri yang telah terjual 45000
ekxemplar.LOVE TOUCH PARENTING, QUATOS Auto Sugesti Power,Endophin Teacher,Spirith
of Succces dan buku lainnya.Beliau juga
telah memberikan berbagai macam materi training motivasi dibanyak sekolah unggul di Indonesia.
Pada kuliah online bersama onjai malam ini Pak Aris Ahmad Jaya
menjelaskan tentang Mengajar Gaya Motivator.
Pada awal pembelajaran beliau menyampaikan tentang dasar
niat seseorang menjadi guru ada dua yaitu:
1. Guru
Betulan
2. Guru
Kebetulan
Guru Betulan adalah guru yang dari awal ingin menjadi
seorang pendidik,ingin mengajar dan ia memang ingin menjadi guru,guru betulan
adalah guru yang diidamkan ,ia memiliki sinergi mengajar,sinergi untuk bertemu
dengan siswa,sinergi untuk menularkan ilmu yang dimilikinya. Namun yang sering
ditemukan guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan mengajar maka ia menjadi
guru ,kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu lowongan pekerjaan
dia menjadi guru seterusnya, kebetulan ada yayasan orang tua yang butuh
guru,butuh dimeneds,sehingga mau tidak mau harus melanjutkan menjadi guru dan
pendidik di yayasan itu.Kebetulan ada teman yang .. ngajak dari pada nganggur
lebih baik menjadi guru. Menurut pak Aris, guru kebetulan salah kalau
kebetulannya terus menerus dan tidak mau belajar, namun kadang kadang guru
kebetulan menjadi guru betulan,ketika mau belajar,mau mengabdi bahwa ini bagian
dari proses yang harus dihadapi. Dan kadang-kadang pun guru kebetulan jadi
mencintai guru yang dicintai,guru yang
menyelami kegiatan belajar mengajar dengan sungguh -sungguh karena ia menyadari
bahwa ini bagian dari sebuah proses. Beliau menyampaikan bahwa guru betulan
atau guru kebetulan tidak jadi soal,yang jadi masalah adalah apabila guru yang
menyesali dirinya sebagai guru. Pada kesempatan ini beliau meminta izin
mengajarkan kita menjadi guru yang dicintai, meninpirasi, menarik dan
menyenangkan.
Berdasarkan kinerja beliau membagi tiga tipe guru yaitu,guru nyasar,bayar,sadar.
Guru Nyasar
adalah guru yang tidak punya tujuan,tidak punya arah, dia adalah guru yang
menyesatkan karena murinya bia membeci pelajaran karena guru yang kurang
bersinergi,guru yang demikian hany menjadikan jam dinding bergerak lambat karena murid jenuh,guru nyasar lebih
baik segera menyadari kalau memang tidak etiket menjadi guru lebih baik
mengundurkan diri,dari pada banyak korban yang tidak menyukai pelajaran apapun
yang disampaikan.
Guru Bayar adalah guru yang sinerginya finansial yang
bekerja karena ada gaji, mengajar sebatas karena ada gaji yang harus diterima,
kadang-kadang bekerja berdasarka uang. Guru yang seperti ini adalah guru yang
tidak konsisten,ketika tanggal muda terlihat semangat, cerah,karena finansial
tercukupi, namun terkadang merasa bahwa
pekerjaan tidak menjajikan, menyedihkan karena tidak menghasilkan
kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi.
Guru bayar disarankan untuk segera sadar,karena banyak murid yang pada
dasarnya harus mendapatkan inspirasi
keilmuan tapi mendapatkan guru yang pen-off.Kadang semangat kadang tidak,inilah
figur yang tidak dapat meninspirasi siwanya.
Guru Sadar adalah
seorang guru yang kehadirannya menjadikan murid-muridnya mecintai pelajarannya, dan mencintai kehidupan karena
apapun yang keluar dari mulutnya adalah kata kata yang bisa mempengaruhi
pembelajarannya menjadi menyenangkan,keilmuannya menjadi mengasikkan.Kehadirannya
adalah kehadiran yang menyenangkan,kepergiannya adalah kepergian yang
merindukan. Karenanya mengajar gaya motivator adalah sebuah teknik bagaimana
kita menjadi seorang pendidik atau menjadi seorang guru yang sadar, menyadari
sepenuhnya bahwa guru profesi yang mulia. Sebuah profesi yang mengatarkan
murid- murid mendapatkan kepahaman yang
baik dan benar sehingga mampu menghadapi permasalahan-permasalahan sesuai dengan
zamannya.Guru sadar adalah konektor kebaikan,
guru sadar adalah konektor keilmuan yang layak dicintai, dan akhirnya
murid-murid mencintai ilmu itu.Guru sadar adalah guru yang mengetahui suatu
hari kalau meninggal maka murid – murid inilah yang menjadi amal jariahnya,
ilmu yang ditinggalkan akan menjadi inspirasi .Guru sadar adalah guru yang menyadari sepenuhnya bahwa dia
adalah magnet magnet kecintaan terhadap
keilmuan yang diberikan kepada siwanya.
Berikutnya Mr Sugesti menjelaskan tentang lima langkah Mengajar Gaya Motivatur (5 MGM).
Dengan langkah langkah 5MGM diharapkan agar kita semua
mampu merubah cara berpikir serta pola perilaku dalam mendidik anak-anak
kita.Karena langkah ini sudah dibuktikan oleh ribuan klain di seluruh
Indonesia, maka akan membawa perubahan juga pada diri anak kita.
Langkah – langkah
tersebut adalah :
I.Jadilah guru
yang menarik dan menyenangkan.
Dengan
menarik,kitamemiliki daya tarik denga menyenangkan kita memiliki daya
ras agar siswa merindukan kita.
Untuk menjadi guru yang menarik,persiapkan diri menjadi
menarik dari penampilan,dari perilakku dapat menarik sehingga layak untuk
diizinkan,adalah saat murid.memperhatikan,mendengarkan,didalam murid ada
duapintu,mengizinkan dan tidak mengizinkan.Pintu yang mengizinkan guru
cerdas,menyenangkan maka pintu akan terbuka sedangkan tidak mengizinkan,pintu akan tertutup tertutup.
Terbuka,sebelum murid menerima bawa syarat yang pertama
adalah mereka menerima kia,maka harus menjadi pribadi yang menyenangkan, harus
mampu memahami perilaku mereka,ketika mengajar tk,harus memahami perikaku
mereka........jangan paksa mereka untuk memaksa mengerti kita,tetapi harus mampu mengerti mereka. Atau sesuatu yang
menarik akan diterima,maka jadilah pribadi yang menyenangkan,pintu terbuka
untuk anda,maka anak akan membuka pintu mereka.
Contoh:
1. Masuk
dalam kondisi yang jenuh,pastikan permasalahan anda bukan masalah anak
anda,senyum 1225,senyum masuk,
2. Salam
sapa dengan salam yang berbeda,bila dengn as,semoga yang menjawab salam saya menjadi.....setelah itu baru
mengucapkkan salam. Daripada langsung menanyakan Pr .
3. Berikan
Apresiasi,katakan saya suka,bangga, dan lain lain,senang.dengan cara ini
Trik pintu
mengizinkan pikiran terbuka
1,Berikan simulasi sederhana,tepuk,tebak2kan,atau game
yang diambil dari youtube,vidio sederhana training, Muda2han bisa ,supaya
suasana tidak garing diawal,atau menyanyikan lagu bersama,maka hormon,......
ketika sudah mampu bersimulasi, sebenarnya mereka sudah mengikuti contoh,tepuk
sekali,anak anak 2 kali,guru 3 kali anak anak tepuk,
Setiap kali selesai game beri apresiasi.Dengan demikian
maka pintu masuk diizinkan.
II. Temukan Titik
Lebihnya Temukan nilai unggulnya
Langkah yang hebat,mampu menjadi pemain bukan penonton,motivasi
mereka, temukan titikmlebih dan keunggulalnya.
Seorang guru yang hebat mampu menunggulkan kemampuan
mereka.
Anak tidak pada,karena diberikan nilai momentum kelemahnannya,misalnya
anak mempunyai keunggulan dibidang matematika maka diarahkan pada baktnya namun
diarahkan juga pada pelajaran yang lain agar menunjang bakatnya tersebut.
Misalnya dengan mengucapkan kamu hebat pelajaran ini,suatu
hari akan sukses,namun harus dengan pelajaran yang lain juga, akan mengiringi
pelajaran kamu,untuk yang berkemampuan suara bagus, berikan waktu unuk
menunjukkan kebolehkannya,namun kamu harus berani belajar yang lain amak akan
lebih sukses
Temukan nilai lebih setiap murid kita, karena orang yang
hebat adalah orang yang mampu adalah
Bagaimana cara menemukan nilai tambah siswa agar kita
diterima,dizinkan.
III Menemukan nilai tambah
1. Mampu memberukan momentum,kesempatan hebat berdasarkan
kemampuan siswa,
Guru saya berbicara,beri kesempatan kepada murid
Momentum.memberikan kepercayaan kepada ada, supaya merasa dipercaya,diniai,seorang
yang menyukai olahraga akan sukaa bila tampil mengikuit lomba.momentum diberika
bukan arena jadi juara atau yang lain ,karena supaya menjadi
duta,kepercayaan,jangan hanya itu itu saja yang dikirim,jadikan pasir yg
biasapun akan menjadi hebat bila masuk kerang mutiara, guru yng hebat adalah
guru yang sealu memberikan momentum kepada siswa.
IV.Libatkan Meraka
jadi bagian dari pemain
Jadikan histori,berpendapat, beride, bergagasan,beri ide
kepada mereka misalnya seandainya jadi wali kelas apa yang akan rubah.akan
mengungkapkan ide,gagasan,kemudian dijalankan,mereka akan bertanggungjawab apa
yang,sudah melibatkan menjadi pelaku bukan penonton,guru hebat adalah guru yang
mampu melibatkan siswa dalam sejarah.
V.Label positif
Berikan label
positif dapat diberikan secara umum
misalnya kepada kelas,individu, label positf dapat berupa prosesi,rasa,kata2
adalah proposal hidup,kata-kata adalah doa. Seperti ini merupakan gaya magnet
agar anak semakin tertarik dengan apa yang kita ajarkan.
contoh tip dalam memberikan label positif bagi siswa
adalah ketika menjadi guru kita memberikan ucapan suka mengajar kalian karena kelas yang hebat, hebat,antusia,karena kelas
kompak maka kelas ini diberi nama kelas lebah,supaya menjadi mampu meniru cara
hidup lebah, maka akan membangun persepsi, kata- kata yang baik akan mempengaruhi pola kehidupan.
Setelah penjelasan diatas dilanjutkan dengan sesi
pertanyaan.Pertanyaan dimulai dari
Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat. Menurut
Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR ,
meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai guru BAYAR dan guru NYASAR
Jawab:
Semua guru berpotensi menjadi guru sadar, namun akan
terkait bagaimana meluruskan niat,keingan yang kuat,pada dasarnya guru sadar
terkait dengan latar depan bukan latar belakang. Latar belakang mungkin tidak
sesuai dengan keilmuan,namun karena sadar maka maubelajar, memperbaiki dan
belara metode yan tepat, belajar banyak ilmu maka menjadi guru sadar.
Pertanyaan selanjutnya,
Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan
namun yg benar adalah penget adalh kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika
dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang
Jawab.
Pengetahuan adalah kekuatan,
Semua ilmu akan menjadi nyata bila diaplikasikan, bukan
berada di perpustakaan atau di lab,pada dasarnya kelimuan adalah 10% ide 90%
aksi.Aksi yang menjadikan pengetahuan
bermanfaat,karenanya pada
dasarnya Guru hebat adalah guru yang mempraktekkan,mengaplikasikan,dan
memperbaiki serta menevaluasi diri sehingga mampu menjadi guru yang diidolakan
siswanya.
Gini, Saya mengajar sudah mulai tahun 2000. Tapi saat ini
saya laga shok. Ada siswa saya main hp di kelas. Saya bentak suruh keluar dari
kelas. Karena hp saya sita tidak dikasih kan ke saya. Padahal kalau saya sita
hp ganti pelajaran udah saya kasih. Pulang sekolah udah saya kembalikan. Tapi
siswa ini malah pilih keluar kelas dan tidak kembali lagi
Yang saya tanya kan gimana ya solusinya agar anak ini bisa
nurut guru nya. Kok gurunya yang harus nurut ke siswa. Ini kan kebalik.
Jawab:
Karena adanya peraturan yang kurang jelas,karena pada
dasarnya peraturan diberlakukan dari
sekolah.Aturan penggunaan handpon sudah diperlakukan di sekolah yang sudah membuat peraturan jadi ada sanksi
bagi yang membawa.
Selamt malam pak Aris, kali ga salah dengar sepertinya
label hampir sama dengan apresiasi ya,apa petbedaanya, apa perbedaannya? Lusia
Jawab:
Apresiasi adalah betuk riward,penghargaan sedangkan label
adalah bagian dari apresiasi
Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak
mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya
dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas.
Adakah tips jitu lainnya pak? 🙏🏻
Ridwan Nurhadi
Jawab.
Kadang siswa sulit menerima guru karena hasutan dari
teman-temannya. Itu betul,ini persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang
diberikan siswa-siswi terhadap guru dan itu akan menjadi titik tular keyakinan
atas persepsi guru,bagaimana guru yang menyenangkan,menarik atau guru yang
menyebalkan sehingga persepsi ini harus diubah dengan kondisi oleh guru yang
sesungguhnya,kalua persepsinya jelak atau kurang bagus,itu akan menguatkan
siswa bahwa informasi itu adalah yang benar.
Pertanyaan dari ibu Priyani,Semarang.
Jawaban,ketika murid mencintai kita,meridukan
kita,menjadi bagian dari kehebatan mereka, tetaplan menjadi guru yang
hebat,guru yang mempesona,guru adakan menjadi sejarah kehebatan murid yan akan
datang.
Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yg
senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut
siswa berprestasi sang guru tidak dapat ikut lomba guru yg berprestasi..ada
juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya
berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Trims..Andy -Beltim, kep.babel
Jawab:
Sebenarnya adalah pola menejemen saja,guru yang berprestasi
itu bagus tapi tidak bisa pada menciptakan siwa prestasi, karena guru tidak
bisa menimplementasi ilmunya kepada muridnya, sehingga pembelajaran tidak menyenangkan
hingga tidak menjadikan muridnya berprestasi,Sebaliknya mampu menciptakan anak
berprestasi namun dia tidak sempat ikut lomba gupres,ini manejemen waktu
saja,karena membutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi.
Assalaamu'alaikum
pak Aris...sy guru sma mapel fisika pak..sy pernah mencoba games spy ank2 tdk
tegang trs tp ank2 kok tdk suka ya pak? Bagaimana solusinya? Sri Indayani
lamonganr,namunsebaliknya,bisa melakukan sebaliknya,yang terjdi adalh oarang
akan berbalik,tetapkan berbuat baik sehingga persepsi akan terlihat yang
sebenarnya.
Jawab;
Sebagian mungkin memiliki niat atau tiba memberikan yang
kaku,tumben,pada dasarnya inti dasar jiwanya memerlukan permainan, hingga
diberikan permainan yang sesuai dengan kondisi dan situasi,dan usianya.
Ass pa Aris, bagaimana menjadi guru motivator belajar
bagi anak yang malas belajar sering masa
bidoh dan suka menggu teman waktu belajar dan gaduh, simon Anunu Kupang NTT
Jawab:
Anak yang malas dan suka mengganggu teman biasanya karena dia
kurang tertarik dengan pelajarannya, atau kurang tertarik, atau belum menemukan
cara belajar,guru harus mampu memahami, auditori, dan visual.intinya bahwa
hanya belum menemukan cara yang tepat untuk belajar atau dia disamaratakan
dengan siswa yang lain, yang sudah bisa
belajar dengan benar.
Pada akhir kuliah malam ini pak Aris menutup dengan
menyampaikan bahwa pembelajran ini baru sebagian saja,maka kita diundang untuk
belajar melalui youtubenya pada chnel yang tertulia di bawah ini.
Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas
Seorang Guru akan
mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya.
5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan
Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa
Sentuhan Cinta.
1. https://youtu.be/UAZ02bxlzyM
Bahasa cinta APRESIASI.
2. https://youtu.be/39raqyvipcE
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. https://youtu.be/AdXLTi1-pPs
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. https://youtu.be/xVBnh4TsPgw
Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
Peratnyaan terakhir yang disampaikan.
Kalau tadi saya nonton
lagu topi bulat srcara klasikal, tapi bagaimana memotivasi anak secara
pribadi anak yang masa bodoh begitu
terus
Simson ANUNU KUPANG NTT
Jawab:
Pada dasarnya satu atau dua orang dikelas yang suka
mengganggu itu dikarenakan anak tersebut
kurang mendapatkan cinta, bisa jadidari keluarga bermasalah,atau memang sudah
bermasalah.Anak-anak yang masa bodoh biasanya memiliki dendam masa laluatas
pembelajaran di sebuah pelajaran tertentu atau pada guru tertentu,karenanya
sebagai guru yang menangani dia,kita harus mampu menjalin informasi tentang
siapa dia,mengapa dia seperti itu? Dan dengan melakukan pendekatannya tentu
dengan cinta ,nanti ada perubahan.Jangan menasehati jika sedang dalam masalah,
karena bila dinasehati dia akan menolak,namun justru dekatilah dia sesuai
dengan hobi dia,kesukaan dia dengan bakat yang dia miliki.Dengan cara tersebut
maka pintu mengzinkan akan terbuka.
Simpulannya adalah bahwa:
Dengan Bahasa
Cinta yang Cerdas,Seorang Guru akan
mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya.
5 Bahasa Cinta
tersebut adalah: Bahasa Sentuhan Cinta.
1. Bahasa cinta APRESIASI.
2. Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL
Numpang promo ya gan
ReplyDeletekami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*