Friday, April 17, 2020

AYO,KITA MENGAJAR GAYA MOTIVATOR


RESUME KULIAH ONLINE BERSAMA OMJAY
DENGAN NARA SUMBER ARIS AHMAD JAYA Mr.SUGESTI
 MENGAJAR GAYA MOTIVATOR
HARI/TANGGAL                  : KAMIS/16APRIL 2020
PUKUL                  : 19.00 – 21.00


Aris Ahmad Jaya merupakan seorang motivator sekolah-sekolah unggul di Indonesia,selin menjadi motivator beliau juga menjadi konsultan bagi sekolah – sekolah unggul untuk menemukan kekhasan dan kekhususan.Sudah 15 tahun beliau menjadi motivator di seolah-sekolah unggul di Indonesia.

Aris Ahmad Jaya lahir di Pati,23 Februari 1974.Pernah diterima di dua universitas  ternama di Indonesia yaitu IPB dan UGM.Beliau memperoleh gelar Dokter Hewan  pada tahun 2000 di Institut Pertanian Bogor dan peperoleh gelas Magister Manegemen di UINK Bogor tahun 2015.
Beliau juga merupakan pendiri CEO di lembaga Abco Sugesti Motivatindo yang bergerak dibudang motivasi dan konsultan bagi sekolah- sekolah unggul di Indonesia.
Aris Ahmad Jaya telah mempublikasikan karya bulu best seller diataranya 30 Hari Mencari Jati Diri yang telah terjual 45000 ekxemplar.LOVE TOUCH PARENTING, QUATOS Auto Sugesti Power,Endophin Teacher,Spirith of Succces dan buku lainnya.Beliau juga  telah memberikan berbagai macam materi training motivasi  dibanyak sekolah unggul di Indonesia.

Pada kuliah online bersama onjai  malam ini Pak Aris Ahmad Jaya menjelaskan  tentang  Mengajar Gaya Motivator.
Pada awal pembelajaran beliau menyampaikan tentang dasar niat seseorang menjadi guru ada dua yaitu:
1.       Guru Betulan
2.       Guru Kebetulan
Guru Betulan adalah guru yang dari awal ingin menjadi seorang pendidik,ingin mengajar dan ia memang ingin menjadi guru,guru betulan adalah guru yang diidamkan ,ia memiliki sinergi mengajar,sinergi untuk bertemu dengan siswa,sinergi untuk menularkan ilmu yang dimilikinya. Namun yang sering ditemukan guru kebetulan yaitu kebetulan ada lowongan mengajar maka ia menjadi guru ,kebetulan lulus dari universitas dan sambil menunggu lowongan pekerjaan dia menjadi guru seterusnya, kebetulan ada yayasan orang tua yang butuh guru,butuh dimeneds,sehingga mau tidak mau harus melanjutkan menjadi guru dan pendidik di yayasan itu.Kebetulan ada teman yang .. ngajak dari pada nganggur lebih baik menjadi guru. Menurut pak Aris, guru kebetulan salah kalau kebetulannya terus menerus dan tidak mau belajar, namun kadang kadang guru kebetulan menjadi guru betulan,ketika mau belajar,mau mengabdi bahwa ini bagian dari proses yang harus dihadapi. Dan kadang-kadang pun guru kebetulan jadi mencintai  guru yang dicintai,guru yang menyelami kegiatan belajar mengajar dengan sungguh -sungguh karena ia menyadari bahwa ini bagian dari sebuah proses. Beliau menyampaikan bahwa guru betulan atau guru kebetulan tidak jadi soal,yang jadi masalah adalah apabila guru yang menyesali dirinya sebagai guru. Pada kesempatan ini beliau meminta izin mengajarkan kita menjadi guru yang dicintai, meninpirasi, menarik dan menyenangkan.

Berdasarkan kinerja beliau membagi  tiga tipe guru yaitu,guru nyasar,bayar,sadar.
Guru Nyasar adalah guru yang tidak punya tujuan,tidak punya arah, dia adalah guru yang menyesatkan karena murinya bia membeci pelajaran karena guru yang kurang bersinergi,guru yang demikian hany menjadikan jam dinding bergerak  lambat karena murid jenuh,guru nyasar lebih baik segera menyadari kalau memang tidak etiket menjadi guru lebih baik mengundurkan diri,dari pada banyak korban yang tidak menyukai pelajaran apapun yang disampaikan.
Guru Bayar  adalah guru yang sinerginya finansial yang bekerja karena ada gaji, mengajar sebatas karena ada gaji yang harus diterima, kadang-kadang bekerja berdasarka uang. Guru yang seperti ini adalah guru yang tidak konsisten,ketika tanggal muda terlihat semangat, cerah,karena finansial tercukupi, namun terkadang  merasa bahwa pekerjaan tidak menjajikan, menyedihkan karena tidak menghasilkan kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi.  Guru bayar disarankan untuk segera sadar,karena banyak murid yang pada dasarnya harus  mendapatkan inspirasi keilmuan tapi mendapatkan guru yang pen-off.Kadang semangat kadang tidak,inilah figur yang tidak dapat meninspirasi siwanya.
Guru Sadar adalah seorang guru yang kehadirannya menjadikan murid-muridnya mecintai  pelajarannya, dan mencintai kehidupan karena apapun yang keluar dari mulutnya adalah kata kata yang bisa mempengaruhi pembelajarannya menjadi menyenangkan,keilmuannya menjadi mengasikkan.Kehadirannya adalah kehadiran yang menyenangkan,kepergiannya adalah kepergian yang merindukan. Karenanya mengajar gaya motivator adalah sebuah teknik bagaimana kita menjadi seorang pendidik atau menjadi seorang guru yang sadar, menyadari sepenuhnya bahwa guru profesi yang mulia. Sebuah profesi yang mengatarkan murid- murid  mendapatkan kepahaman yang baik dan benar sehingga mampu menghadapi permasalahan-permasalahan sesuai dengan zamannya.Guru sadar adalah konektor kebaikan,  guru sadar adalah konektor keilmuan yang layak dicintai, dan akhirnya murid-murid mencintai ilmu itu.Guru sadar adalah guru yang mengetahui suatu hari kalau meninggal maka murid – murid inilah yang menjadi amal jariahnya, ilmu yang ditinggalkan akan menjadi inspirasi .Guru sadar adalah  guru yang menyadari sepenuhnya bahwa dia adalah magnet  magnet kecintaan terhadap keilmuan  yang diberikan kepada siwanya.

Berikutnya Mr Sugesti menjelaskan tentang lima  langkah Mengajar Gaya Motivatur (5 MGM).
Dengan langkah langkah 5MGM diharapkan agar kita semua mampu merubah cara berpikir serta pola perilaku dalam mendidik anak-anak kita.Karena langkah ini sudah dibuktikan oleh ribuan klain di seluruh Indonesia, maka akan membawa perubahan juga pada diri anak kita.

Langkah – langkah tersebut adalah         :
I.Jadilah guru yang menarik dan menyenangkan.
Dengan  menarik,kitamemiliki daya tarik denga menyenangkan kita memiliki daya ras  agar   siswa merindukan kita.
Untuk menjadi guru yang menarik,persiapkan diri menjadi menarik dari penampilan,dari perilakku dapat menarik sehingga layak untuk diizinkan,adalah saat murid.memperhatikan,mendengarkan,didalam murid ada duapintu,mengizinkan dan tidak mengizinkan.Pintu yang mengizinkan guru cerdas,menyenangkan maka pintu akan terbuka sedangkan tidak mengizinkan,pintu  akan tertutup tertutup.
Terbuka,sebelum murid menerima bawa syarat yang pertama adalah mereka menerima kia,maka harus menjadi pribadi yang menyenangkan, harus mampu memahami perilaku mereka,ketika mengajar tk,harus memahami perikaku mereka........jangan paksa mereka untuk memaksa mengerti kita,tetapi  harus mampu mengerti mereka. Atau sesuatu yang menarik akan diterima,maka jadilah pribadi yang menyenangkan,pintu terbuka untuk anda,maka anak akan membuka pintu mereka.
Contoh:
1.       Masuk dalam kondisi yang jenuh,pastikan permasalahan anda bukan masalah anak anda,senyum 1225,senyum masuk,
2.       Salam sapa dengan salam yang berbeda,bila dengn as,semoga yang menjawab  salam saya menjadi.....setelah itu baru mengucapkkan salam. Daripada langsung menanyakan Pr .
3.       Berikan Apresiasi,katakan saya suka,bangga, dan lain lain,senang.dengan cara ini

Trik pintu  mengizinkan pikiran terbuka
1,Berikan simulasi sederhana,tepuk,tebak2kan,atau game yang diambil dari youtube,vidio sederhana training, Muda2han bisa ,supaya suasana tidak garing diawal,atau menyanyikan lagu bersama,maka hormon,...... ketika sudah mampu bersimulasi, sebenarnya mereka sudah mengikuti contoh,tepuk sekali,anak anak 2 kali,guru 3 kali anak anak tepuk,
Setiap kali selesai game beri apresiasi.Dengan demikian maka pintu masuk diizinkan.

II. Temukan Titik Lebihnya Temukan nilai unggulnya

Langkah yang hebat,mampu menjadi pemain bukan penonton,motivasi mereka, temukan titikmlebih dan keunggulalnya.
Seorang guru yang hebat mampu menunggulkan kemampuan mereka.
Anak tidak pada,karena diberikan nilai momentum kelemahnannya,misalnya anak mempunyai keunggulan dibidang matematika maka diarahkan pada baktnya namun diarahkan juga pada pelajaran yang lain agar menunjang bakatnya tersebut.
Misalnya dengan mengucapkan kamu hebat pelajaran ini,suatu hari akan sukses,namun harus dengan pelajaran yang lain juga, akan mengiringi pelajaran kamu,untuk yang berkemampuan suara bagus, berikan waktu unuk menunjukkan kebolehkannya,namun kamu harus berani belajar yang lain amak akan lebih sukses
Temukan nilai lebih setiap murid kita, karena orang yang hebat adalah orang yang mampu adalah
Bagaimana cara menemukan nilai tambah siswa agar kita diterima,dizinkan.

III  Menemukan nilai tambah
1. Mampu memberukan momentum,kesempatan hebat berdasarkan kemampuan siswa,
Guru saya berbicara,beri kesempatan kepada murid Momentum.memberikan kepercayaan kepada ada, supaya merasa dipercaya,diniai,seorang yang menyukai olahraga akan sukaa bila tampil mengikuit lomba.momentum diberika bukan arena jadi juara atau yang lain ,karena supaya menjadi duta,kepercayaan,jangan hanya itu itu saja yang dikirim,jadikan pasir yg biasapun akan menjadi hebat bila masuk kerang mutiara, guru yng hebat adalah guru yang sealu memberikan momentum kepada siswa.

IV.Libatkan Meraka jadi bagian dari pemain
Jadikan histori,berpendapat, beride, bergagasan,beri ide kepada mereka misalnya seandainya jadi wali kelas apa yang akan rubah.akan mengungkapkan ide,gagasan,kemudian dijalankan,mereka akan bertanggungjawab apa yang,sudah melibatkan menjadi pelaku bukan penonton,guru hebat adalah guru yang mampu melibatkan siswa dalam sejarah.

V.Label positif
 Berikan label positif  dapat diberikan secara umum misalnya  kepada  kelas,individu, label positf dapat berupa prosesi,rasa,kata2 adalah proposal hidup,kata-kata adalah doa. Seperti ini merupakan gaya magnet agar anak semakin tertarik dengan apa yang kita ajarkan.
contoh tip dalam memberikan label positif bagi siswa adalah ketika menjadi guru kita memberikan  ucapan suka mengajar kalian karena  kelas yang hebat, hebat,antusia,karena kelas kompak maka kelas ini diberi nama kelas lebah,supaya menjadi mampu meniru cara hidup lebah, maka akan membangun persepsi, kata- kata  yang baik akan mempengaruhi pola kehidupan.
Setelah penjelasan diatas dilanjutkan dengan sesi pertanyaan.Pertanyaan dimulai dari

Ari Yunanda, Sijunjung, Sumatera Barat. Menurut Pengalaman Bapak, Apakah semua guru berpotensi untuk menjadi guru SADAR , meskipun dengan latar belakang tipe sebelumnya sebagai  guru BAYAR dan guru NYASAR
Jawab:
Semua guru berpotensi menjadi guru sadar, namun akan terkait bagaimana meluruskan niat,keingan yang kuat,pada dasarnya guru sadar terkait dengan latar depan bukan latar belakang. Latar belakang mungkin tidak sesuai dengan keilmuan,namun karena sadar maka maubelajar, memperbaiki dan belara metode yan tepat, belajar banyak ilmu maka menjadi guru sadar.

Pertanyaan selanjutnya,
Ass wr wb Bp Mr Sugesti Indonesia,
Bertanya, kata Francis Bacon pengetahun adalah kekuatan namun yg benar adalah penget adalh kekuatan saat diterapkan, nah bgmn jika dikaitkan dg MGM
Bu Iez Lumajang
Jawab.
Pengetahuan adalah kekuatan,
Semua ilmu akan menjadi nyata bila diaplikasikan, bukan berada di perpustakaan atau di lab,pada dasarnya kelimuan adalah 10% ide 90% aksi.Aksi yang menjadikan pengetahuan  bermanfaat,karenanya  pada dasarnya  Guru hebat  adalah guru yang mempraktekkan,mengaplikasikan,dan memperbaiki serta menevaluasi diri sehingga mampu menjadi guru yang diidolakan siswanya.

Gini, Saya mengajar sudah mulai tahun 2000. Tapi saat ini saya laga shok. Ada siswa saya main hp di kelas. Saya bentak suruh keluar dari kelas. Karena hp saya sita tidak dikasih kan ke saya. Padahal kalau saya sita hp ganti pelajaran udah saya kasih. Pulang sekolah udah saya kembalikan. Tapi siswa ini malah pilih keluar kelas dan tidak kembali lagi
Yang saya tanya kan gimana ya solusinya agar anak ini bisa nurut guru nya. Kok gurunya yang harus nurut ke siswa. Ini kan kebalik.
Jawab:
Karena adanya peraturan yang kurang jelas,karena pada dasarnya peraturan  diberlakukan dari sekolah.Aturan penggunaan handpon sudah diperlakukan di sekolah  yang sudah membuat peraturan jadi ada sanksi bagi yang membawa.  

Selamt malam pak Aris, kali ga salah dengar sepertinya label hampir sama dengan apresiasi ya,apa petbedaanya, apa perbedaannya? Lusia
Jawab:
Apresiasi adalah betuk riward,penghargaan sedangkan label adalah bagian dari apresiasi

Saya tertarik memperdalam tentang pintu yang tidak mengijinkan. Kadang siswa lebih sulit jika terhasut untuk tidak suka gurunya dari teman temannya. Sehingga mereka pun menyepelekan guru didepan kelas.
Adakah tips jitu lainnya pak? 🙏🏻
Ridwan Nurhadi
Jawab.
Kadang siswa sulit menerima guru karena hasutan dari teman-temannya. Itu betul,ini persepsi adalah bagaimana tanggapan umum yang diberikan siswa-siswi terhadap guru dan itu akan menjadi titik tular keyakinan atas persepsi guru,bagaimana guru yang menyenangkan,menarik atau guru yang menyebalkan sehingga persepsi ini harus diubah dengan kondisi oleh guru yang sesungguhnya,kalua persepsinya jelak atau kurang bagus,itu akan menguatkan siswa bahwa informasi itu adalah yang benar.

Pertanyaan dari ibu Priyani,Semarang.
Jawaban,ketika murid mencintai kita,meridukan kita,menjadi bagian dari kehebatan mereka, tetaplan menjadi guru yang hebat,guru yang mempesona,guru adakan menjadi sejarah kehebatan murid yan akan datang.

Assalamualaikum.. sang motivator yang super..ada guru yg senantiasa menjdikan siswanya berprestasi, tpi akhirnya karena ia sibuk membut siswa berprestasi sang guru tidak dapat ikut lomba guru yg berprestasi..ada juga tipe guru yg berprestasi tetpi ia tdk mampu menjdikan siswanya berprestasi...tanggapan anda terhadap kasus ini bagaimana?
Trims..Andy -Beltim, kep.babel
Jawab:
Sebenarnya adalah pola menejemen saja,guru yang berprestasi itu bagus tapi tidak bisa pada menciptakan siwa prestasi, karena guru tidak bisa menimplementasi ilmunya kepada muridnya, sehingga pembelajaran tidak menyenangkan hingga tidak menjadikan muridnya berprestasi,Sebaliknya mampu menciptakan anak berprestasi namun dia tidak sempat ikut lomba gupres,ini manejemen waktu saja,karena membutuhkan persyaratan yang harus dipenuhi.

 Assalaamu'alaikum pak Aris...sy guru sma mapel fisika pak..sy pernah mencoba games spy ank2 tdk tegang trs tp ank2 kok tdk suka ya pak? Bagaimana solusinya? Sri Indayani lamonganr,namunsebaliknya,bisa melakukan sebaliknya,yang terjdi adalh oarang akan berbalik,tetapkan berbuat baik sehingga persepsi akan terlihat yang sebenarnya.
Jawab;
Sebagian mungkin memiliki niat atau tiba memberikan yang kaku,tumben,pada dasarnya inti dasar jiwanya memerlukan permainan, hingga diberikan permainan yang sesuai dengan kondisi dan situasi,dan usianya.

Ass pa Aris, bagaimana menjadi guru motivator belajar bagi anak  yang malas belajar sering masa bidoh dan suka menggu teman waktu belajar dan gaduh, simon Anunu Kupang NTT
Jawab:
Anak yang malas  dan suka mengganggu teman biasanya karena dia kurang tertarik dengan pelajarannya, atau kurang tertarik, atau belum menemukan cara belajar,guru harus mampu memahami, auditori, dan visual.intinya bahwa hanya belum menemukan cara yang tepat untuk belajar atau dia disamaratakan dengan siswa yang lain, yang sudah bisa  belajar dengan benar.

Pada akhir kuliah malam ini pak Aris menutup dengan menyampaikan bahwa pembelajran ini baru sebagian saja,maka kita diundang untuk belajar melalui youtubenya pada chnel yang tertulia di bawah ini.

Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas
Seorang  Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya.

5 Bahasa Cinta yang layak Anda pelajari dan Praktekkan....
Silahkan lihat penjelasan satu per satu dari Bahasa Sentuhan Cinta.
1. https://youtu.be/UAZ02bxlzyM
Bahasa cinta APRESIASI.
2. https://youtu.be/39raqyvipcE
Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. https://youtu.be/AdXLTi1-pPs
Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. https://youtu.be/U8uyPVhRFTQ
Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. https://youtu.be/xVBnh4TsPgw
Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL

Peratnyaan terakhir yang disampaikan.
Kalau tadi saya nonton  lagu topi bulat srcara klasikal, tapi bagaimana memotivasi anak secara pribadi anak yang  masa bodoh begitu terus
Simson ANUNU KUPANG NTT


Jawab:
Pada dasarnya satu atau dua orang dikelas yang suka mengganggu itu dikarenakan  anak tersebut kurang mendapatkan cinta, bisa jadidari keluarga bermasalah,atau memang sudah bermasalah.Anak-anak yang masa bodoh biasanya memiliki dendam masa laluatas pembelajaran di sebuah pelajaran tertentu atau pada guru tertentu,karenanya sebagai guru yang menangani dia,kita harus mampu menjalin informasi tentang siapa dia,mengapa dia seperti itu? Dan dengan melakukan pendekatannya tentu dengan cinta ,nanti ada perubahan.Jangan menasehati jika sedang dalam masalah, karena bila dinasehati dia akan menolak,namun justru dekatilah dia sesuai dengan hobi dia,kesukaan dia dengan bakat yang dia miliki.Dengan cara tersebut maka pintu mengzinkan akan terbuka.

Simpulannya adalah  bahwa:
 Dengan Bahasa Cinta yang Cerdas,Seorang  Guru akan mendapatkan Cinta dari Anak Didiknya.

5 Bahasa Cinta tersebut adalah: Bahasa Sentuhan Cinta.
1. Bahasa cinta APRESIASI.
2. Bahasa Cinta KOMITMEN dan Keteladanan
3. Bahasa Cinta TEMUKAN KEUNGGULAN SISWA
4. Bahasa Cinta HUBUNGAN INTERPERSONAL
5. Bahasa Cinta HARGAI HAL HAL KECIL

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete