Friday, December 25, 2020

Suasana Natal di Tengah Pandemi Covid-19

 

Suasana Natal di tengah Pandemi Covid -19             

 

Halo sobatku,  Bersyukur adalah salah satu kata yang wajib kita lakukan, di setiap saat. Yaitu  saat duka apalagi suka. Ucapan yang selalu mengalir dalam setiap doa yang dipanjatkan, seperti saat ini, bersyukur dan bersyukur suasana Natal di tengah pandemi corona ini  mempunyai makna yang sangat mendalam bagi umat Kristiani,terlebih dapat diberi kesempatan melaksanakan ibadah Natal dengan tatap muka. Tuhan sungguh baik Anugerah Natal di Tengah Pademi  ini.

 

Mungkin masih banyak Gereja yang ada di Idonesia ini yang belum mendapat kesempatan untuk melaksanakan ibadah Natal secara tatap muka, bersyukur sekali di daerah kami sudah dapat melaksanakan. Namun pelaksanaan tetap harus  sesuai dengan protokol kesehatan yang sudah dicanangkan oleh pemerintah.

 

Kurang lebih satu bulan  persiapan  dilakukan mulai dengan pembentukan  dan pemantapan panitia  dengan kesepakatan  mulai tanggal 21 Desember hinggal 24 Desember, maka sesuai dengan tugas masing-masing pelaksanakan dikerjakan sejak tanggal 21 itu.

 

Persiapan yang dilakukan atara lain, melakukan pembersihan disekeliling gereja, pembuatan Gua Natal  dikerjakan oleh lingkungan Santo Petrus yang dikordidnir oleh Ibu Anna, dekorasi menghias altar dikerjakan oleh Ibu Indri dan kawan-kawan, pemasangan tenda oleh seksi yang lain. Umat melaksanakan tugas masing-masing dengan penuh sukacita, terlebih ketika kegiatan simulasi tata cara masuk ke Gereja mulai dari pintu gerbang hingga sampai di dalam Gereja. Semua dilakukan  tetap tidak mengabaikan protokol kesehatan.Semua tertip dan sesuai dengan protokol kesehatan,adapun kegiatan simulasi dikordinir oleh drg Merry dan ibu Seni Manik yang tergabung dalam seksi kesehatan.


          




Berbeda dengan Natal tahun sebelumnya, malam ini Ibadah natal dijaga begitu ketat, di kedua pintu masuk gerbang sudah siap para petugas yang siap melayani para jemaat yang datang. Mulai dari pengecekan kedatangan,  menuju tempat cuci tangan, kemudian ke pengecekan masker, bagi yang memakai masker tidak sesuai dengan standar kesehatan langsung ditukar. Lalu menuju pengecakan suhu, kemudian menuju tempat persembahan, lalu menuju pada hand sanitizer, baru menuju pintu Gereja yang juga disambut oleh pengatur tempat duduk yang penuh dengan keramahan, diantar menuju tempat duduk yang sudah disediakan.

 

Ibadah malam ini 24 Desember dilakukan 2 shiep, sihiep pertama dimulai pukul 16.30  dipimpin oleh Romo Gading Sianipar,sedangkan shiep kedua dilaksanakan pada pukul 19.00 wib. Kapasitas Gereja yang normalnya memuat 400 ratus orang , pada masa Pandeni ini hanya memuat 150 0rang saja, itupun sepertiga berada ditenda. Tempat duduk yang diatur dengan jarak 1,5 meter  ini  dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan agar dapat memutus rantai penularan covid 19.

 

Meskipun diatur sedemikian rupa, tidak mengurangi semangat para umat atau jemaat untuk mengikuti ibadah Natal ini. Semua sangat tertip, hingga Misa Kudus selesai, pengaturan tetap dilasanakan ketika  para jemaat keluar melalui pintu samping yang sudah disediakan khusus untuk  keluar. Kemudian gereja ditutup kembali dan dilakukan penyemprotan. Pada Pukul 18.30 baru dibuka kembali untuk pelaksanaan Misa Natal Shiep kedua.

 

Demikian Suasana Malam Natal  ditengah Pademi Covid-19,  yang dapat dilaksanakan, meski dalam suasana ini tidak mengurangi makna Natal untuk menyambut Sukacita Natal agar lebih bersemangat dalam menghadapi covid-19 ini. Semoga cepat berlalu, mari Kita sambut Suka cita Natai, Hendaklah langit bersukacita dan bumi bersorak sorai di hadapan Wajah Tuhan karena Dia sudah datang.

 

Mari kita sambut kelahiran Tuhan Yesus dengan penuh sukacita, tanpa mengabaikan protokol kesehatan. Setelah ada kesempatan misa segera pulang ke rumah dan dilanjutkan dengan sukacita natal di rumah saja, tanpa adanya kunjungan apa lagi open house, hendaklah kita memaklumi akan hal ini.  Selamat Natal , semoga damai natal menyertai kiata dan Semoga kita  sehat selalu.

 Lusia Wijiatun,24 Des 2020

5 comments:

  1. Bunda... Selamat hari Natal semoga keluarga bahagia, Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, terimakasih, doa terbaik untukmu dan keluarga.

      Delete
  2. Replies
    1. Terimakasih,ucapan yang sama untukmu dan keluarga.

      Delete
  3. Terimakasih,ucapan yang sama untukmu dan keluarga.

    ReplyDelete