Saturday, August 1, 2020

“6 Cara Menulis Buku Best Seller"


“6 Cara Menulis Buku Best Seller"
Jumat,31 Juli 2020

Materi malam ini dibawakan oleh kang Enhon Rahman,beliau adalah Gupres juara 1 Tingkat Nasional.Dan menerima penghargaan sebagai guru Internasional. Malam ini Kang Enchon akan berbagi Ilmu menulis  Buku Best Seller.

Dalam menulis buku harus mempunyai tujuan
Kang Enchon menjelaskan tentang Tujuan menulis menurut Kang Enchon adalah untuk
mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi bentuknya antologi(kroyokan),untuk kenaikan pangkat,bentukanya buku solo,karya bersama,artikel,best praice,diklat.Bahkan untuk mencari uang( Finansial) bentuknya How to.


                                           
Materi ini disampaikannya dari pukul 19.00-21.00. Awalnya saya tidak ingin mengikuti,karena pertemuan yang lalu saya sudah pernah mendapat materi dari Kang Enchon ini. Tetapi setelah melihat materinya,saya lansung memngikuti,materi yang disampaikannya berbeda dengan yang terdahulu.

Penerbitan buku antologi merupakan  untuk koleksi pribadi ,sebagai pengembangan  budaya literasi saja, untuk penjualan antologi  menurut penerbit memang mengalami kesulitan.biasa dibeli oleh penulisnya,buku kroyokan cenderung pribadi,hanya untuk dinikmati sendiri.


Untuk kenaikan tingkat,sudah ada panduan dan pedoman untuk kenaikan tingkat,dan sudah ada payung hukumnya apapun bentuknya,buku atau karya ilmiah.

Sedangkan buku finansial untuk sebagai penghasilan, dari buku dan artikel,tidak diharamkan,bahkan sebuah karya dapat laku dipasaran dan dinikmati orang banyak.
Bila sudah meulis buku dan dipasarkan atau sudah menjadi bess seller artinya karya sudah dinikmati orang banyak.  Syukur –syukur mencapai ke luar negeri penulis sudah menjadi penulis tingkat tinggi atau level tinggi,tetapi bila menulis hanya untuk menjadi koleksi pribadi masih berada tingkat yang rendah atau level rendah.

Level tinggi adalah apabila penulis buku ditawarkan pada penerbit mayor atau diterbitkan sendiri dan buming.  Output suatu karya atau bagaimanapun karyanya harus bisa dinikmati masyarakat , penelitian lalu dibuat, ditawarkan,Dan dinikmati orang banyak itu penulis sampai pada gol terahkir pada sebuah karya. Satu contoh saat ini masa pandemi covid-19 orang mencari obat yang paling mujarab. Siapapun penemunya akan menghasilkan uang,   karena hasil penelitian akan dibutuhkan negara.
Ketika menulis buku,mampu mempublikasikan,memasarkan dan dapat dinikmati orang banyak. Bila menulis hanya dinikmati sendiri artinya masih dalam level 1,level 2 dan 3 adalah orang-orang yang berani mempublikasikan berbagai sektor,pada peserta lain hingga bukunya laku keras.

Pemasaran

Memasarkan buku adalah salah satu ilmu yang harus dipelajari,jadi bukan hanya,menulis,memproduksi,menerbitkan buku masih disebut biasa-biasa saja, tapi  penulis yang baik  juga harus memasarkan karena,kita harus memiliki branding yang menunjukan siapa kita sebenarnya.

Apabila menulis buku untuk tujuan  angka kredit kenaikan pangkat  maka tidak boleh lepas dari yang disyaratkan oleh kementrian, Buku-buku yang dinilai adalah sebagai berikut: 

Jenis Buku Pendidikan
1.      Karya bersama
2.      PTK dan Best Practise
3.      Tulisan Ilmiah Populer( artikel)
4.      Tulisan hasil Penelitian
5.      Buku Teks Pelajaran
6.      Buku Pengayaan
7.      Buku Pedoman Guru
8.      Modul/Diklat Pembelajaran
9.      Buku Bidang Pedidikan
10.  Karya Terjemahan
Kesepuluh buku inilah yang dapat dijadikan untuk kenaikan pangkat dan dapat dijadikan nilai kredit.

I.Karya Bersama
Buku Karya bersama adalah  buku pendidikan yang ditulis maksimal  4 orang penulis.nilai kridit untuk penulis utama 40% sedangkan untuk penulis,1,2 dan 3  adalah 20%.Jadi buku antologi 20 orang tidak termasuk karya bersama seperti yang disyaratkan oleh Kemendikbud.

2.PTK dan Best Practise

Adalah publikasi hasil penelitian dalam bidang pendidikan yang dilakksanakan sekolah.Ada nilainya, ber ISBN memiliki angka kreditnya 4, ketika dijurnalkan.



3.Tulisan Ilmiah Populer( artikel)

            Artikel populer adalah tulisan Ilmiah yang dipublikasikan di Media masa (koran,majalah)   yang menyangkut bidang pendidikan,Angka kriditnya untuk tingkat nasional nilainya 2 contohnya,di Kompas sedangkan tingkat propinsi nilainya1,5, dimuat di daerah provinsi.

4. Buku Hasil Penelitian

5.Buku Teks Pelajaran
            Adalah buku yang berisi pengetahuan untuk bidang ilmu atau mata pelajaran tertentuk dan diperuntukan bagi peserta didik suatu jenjang  pendidikan tertentu sebagai pegangan guru,baik sebagai buku utama atau buu pelengkap.
Angka kedit,
Buku teks pelajaran lolos BNSP: 6, dicetak penerbit ber ISBN: 3,dicetak penerbit tidak ber ISBN: 1

6.Buku Pengayaan
 Buku yang ditulis untuk pengayaaan materi belajaran.


7.Buku Pedoman Guru
Buku  yang berisi rencana kerja tahunan,terdiri dari:
a.Rencana kerja pengembangan pembelajaran bagi peserta didik.
b.Rencana pengembangan profesi guru pembelajar.
Anka kreditnya : 1,5

8.Modul /Diklat
Modul adalah materi pelajaran yang dususun dan disajikan secara tertulis sedemikian rupa sehingga pembecanya duharapkan dapat menyerap sendiri materi tersebut.
Diklat adalah catatan tertulis suatu mata pelajaran atau bidang studi  yang disiapkan guru untuk mempermudah /memperkaya materi pelajaran bidang studi yang disampaikan dalam proses belalajar mengajar.
Angka kreditnya, Modul tingkat Provnsi: 1,5, Tingkat Kabupaten/kota: 1 Tingkat sekolah: 0,5

9.Buku Bidang Pedidikan
            Adalah buku yang berisi pengetahuan terkait dengan bidang pendidikan. Harus bermanfaat bagi guru dan siswa. Dengan angka kredit dicetak ISBN : 3.dicetak penerbit belum  ber ISBN:1,5
10.Karya Terjemahan

Karya terjemahan adakah tulisan yang dihasilakan dari penerjemahan  buku pelajaran atau buku dalam bidang pendidkna dalam bahasa asing atau bahasa daerah ke bahasa Indonesia atau sebalinya. Angka kreditnya : 1

Selanjutnya kang Enchon menjelaskan tentang Buku Best Seller,berikut ulasannya.

Pengertian Buku BEST Seller
Adalah buku yang laris manis dalam jangka waktu yang pendek sejak diterbitkan.

Kriteria Best Seller adalah penjualan mencapai 30-50 ibu  buku pertahun serentak disepuluh toko buku.

6 cara menulis buku Best Seller
1.      Menulis buku 2jam x 10 hari itu lebih baik daripada menulis buku 10 jam x 2 hari.
Artinya ketika menulis buku cukup 2jam  dalam 10 hari dari pada 10jam dalam 2 hari.
2.      Miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis.Artinya,biasakan menulis dengan beberapa buku penunjang agar tulisan semakin bagus dan berkualitas.Agar menambah wawasan ,kualitas serta bobot tulisan.
3.      Menulis buku lebih nyaman disepertiga malam atau pagi hari antara pukul 03.00-06.00.  artinya dalam menulis buku,supaya lebih pres dipagi hari.
4.      Menulis buku harus seizin suami/istri.
Artinya Ridho Allah adalah Ridho Suami,Supaya mempunyai harapan untuk best seller dan akan menjadi amal jariah.
5.      Sebelum menulis dianjurkan memiliki wudhu agar tulisan mempunyai’ Ruh”
Supaya dimudahkan dalam menulis dan selalu mendapat tuntuan darI Allah Yang Maha Kuasa.
6.      Menulis resume buku karya orang lain dengan tema yang sejenis sesuai dengan buku yang kita tulis. Artinya bila agak mandek dalam menulis buku,disarankan mencari buku yang sejenis, dibuat resumenya, dengan demikian dapat menegembangkan tambahan-tambahan dalam buku kita.

Penertian Resume,Ringkasan,Rangkuman dan Ikhtisar
Yang perlu dipahami  dari kata di atas adalah

Resume adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja.Dalam menulis resume tidak boleh ditambah pendapat pribadi.

Resume yang menarik adalah resume yang bukan hanyajudulnya menarik tetapi bagaimana  penyampaian sistimatika agar pokok-pokok yang disampaikan narasumber bisa ditangkap dengan mudah oleh orang lain.

Ikhtisar adalah menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokoknya berdasarkan pemahaman sendiri.

Langkah-langkah menulis Resume
1.      Membaca buku
2.      Menemukan gagasan pokok
3.      Menulis kembali gagasan pokoksecara berurutan
4.      Menulis Resume yang singkat dan padat
5.      Mempublikasikan resume.
Maksudnya agar dapat dibaca bagi orang lain.
Dalam proses pembuatan buku Kang Enchon menjelaskan bahwa,ada yang pemula dan yang mahir.
Bagi pemula memang belum tahu bagaimana langkah-langah menulis buku.
Bagi yang sudah mahir,sudah terbiasa menulis buku dan memahami proses tahapan menulis buku.
Oleh karena itu kang Enchon memiliki beberapa group,yang diberi bimbingan dalam menulis buku,untuk kenaikan pangkat dan  buku bersifat untuk  mencari uang dibimbing selama 4 bulan diberi out line dicetak dan diterbitkan .  Untuk penerbit bila sudah didraf yang layak, silahkan mencari penerbit mayor atau indie.

Pada akhit pertemuan kang Enchon menyampai terimakasih dan memberikan 3 jenis buku  yang dibimbing kang Enchon untuk penulis pemula selama 4 bulan. Dalam bimbingan itu Kan Enchon berfungsi  lebih fokus sebagai mentor.

Pada sesi terahkir kang Enchon menyampaikan satu hal bahwa menulis buku itu jangan takut salah,tapi takutlah tidak bisa memperbaiki kesalahan.
Ala bisa karena biasa, Ala biasa karena dipaksa.

Terimakasih sangat bermanfaat, salam literasi.

2 comments:

  1. Lengkap sekalii Bu Lucia,,,, masih semangat walaupun sudah menerbitkan buku 👏 ( bu sri)

    ReplyDelete
  2. Terimakasih bu,semoga tetap semangat.

    ReplyDelete