Friday, May 8, 2020

Proses Menerbitkan Buku Ajar


Proses Menerbitkan Buku Ajar
Resume Pebelajaran Online Belajar Menulis bersama OmJay
Jumat, 8 Mei 2020
Pukul 13.00-15.00
Nara Sumber Joko Irawan Mumpuni



Nara sunber pembelajaran hari ini adalah seorang Direktur Penerbit, Penerbit ANDI, Beliau juga sebagai ketua 1 IKAPI Daerah Istimewa Yogyakarta, Selain itu beliau juga penulis buku bersertifikat BNSP, juga senagai Asesor BNSP.
Moderator siang ini akan dipimpin oleh pak @Bambang Purwanto Bandung yg biasa disapa Mr. Bams.
Ucapan salam  dan memberi penguatan kepada peserta disampaikan oleh OmJay dan langsung menyerahkan kepada Mr BamS.
Begitu pula Mr Bams menjawab dengan ucapan terimakasih dan ucapan salam kepada kita semua.Dan langsung menyapa Om Joko serta minta izin untuk pengumuman kepada pesrta tentang teknik bertanya pada narasumber nanti.
Kemudian Om Joko langsung menjelaskan dengan menampilkan beberapa slide tentang materi.

Perhatikan gambar di atas,diawal pertemuan ini harus mempunyai motivasi yang kuat,untuk menjadipenulis sampai jadi, jangan hanya dibawah, jadilah di level yang paling atas.
Prosesnya adalah diawali dari penulis yang punya naskah sampai pada pembacanya.
Mari kita dengarkan proses tengahnya, Proses dari awal sampai  menjadi buku.
Proses dipernebitan dimulai dengan gambar besar yaitu pada alur laku  yang disebut, Ekosistem Penerbitan disedehanakan, yaitu,
Penulis,Penerbit, Penyalur, Pembaca
Proses Naskah Menjadi Buku (Penebitannya)


Naskah yang sudah jadi  dikirim ke penerbit,yang pertama dilakukan penilaian bisa diterbitkan atau tidak.
Bedasarkan gambar, asumsikan naskah tudak dikembalikan,k akan diterbitkan akan dibuat surat pemberitahuan ke pada penulis,  diminta untun sofkopi, kemudian penulis akan menanda tangani sambil  menunggu sofkopi naskah untuk diterbitkan oleh  Penerbi.
 Selanjutnya,asumsikan saja bahwanaskah sudah diterma penerbit oleh karena itu menyerahkan sof kopi sudah lengkap, lalu naskah akan tetap diedit dari sisi bahasnya,tanda bacanya,kemudian diseting disesuaikan dengan ukuran tulisan,tebal bukunya,paralel menbuat kover buku sesuai dengan target naskahnya.

 Setelah selesai diedit,diseting dicetak satu berupa naskah pro  sudah seperti buku atau dami, diberikan ke penulis,akan diedit lagi,kirim naskah yang sudah jadi,jangn sampai dirombak total maka akan menyulitkan penerbit.
Pada akhirnya naskah yang sudah dicoret akan dikembalikan ke penulis,dikoreksi baru dibuat flm bari diplan atau plat  dicetak, lembar demi lembar sesuai dengan katerek, 1 katere bisa 16 halaman, 8 halaman, setelah itu baru masuk mesin lipat dipotong dan dibending.

Setelah terbit buku apa yang Penulis  Peroleh


Pada gambar kita perhatikan ada yang merupakan indikator.penulis berhasil atau tidak.
KEPUASAN
Idikasi yang pertama,Kalau berhasil maka akan mendapatkan kepuasan yang sangat amat dalam karena buku bermamfaat untuk  orang lain.
REPUTASI
 Indikasi yang kedua ,sudah mulai terkenal,reputasinya sudah terkenal,siswa semakinbanyak yang membaca jadi pembaca  meningkat, banya yan suscribe, banyak yang komentar ber ulang ulang membaca.
KARIER
Karier meningkat,ada surat keterangan dari penerbit  bahwa gru sudah menulis buku,untuk kepangkatan.
ROYALTE
Semakin besar  royalte, adalah pengaruh besar,jangan hanya puas sudah menerbitkan buku,dicetak dipajang, penerbit berharap agar  penulis mendapat  royalte sebesar-besarnya artinya bahwa penerbit juga mendapar untung yang besar juga.

Sistem Penerdit Editorial

EDITORIAL,PELUANG POTENSI PASAR,KELIMUAN,REPUTASI PENULIS
Penerbit  sudah kelihatan,yakin akan sukses bukan  dari editorial,tapi dilihat peluang  dari potensi pasar dan keilmuannya, serta reputasi penulisnya.
Simpulannya Buku sukses yang laku,buku yang pasarnya besar atau banyak.

Ciri-ciri buku yang peluangnya banyak /besar adalah
Buku yang memiliki:
1.Temanya Populer Penulis Populer,bisa sukses dan separuh sukses.kuadran atas
2.Tema tak Populer Penulis Populer,Kuadran kanan bawah
3.Tema Poupler Penulis tak Populer Penulis pemula pilih tema populer meski penulis tidak   populer.
4.Penulis tidak populer tema tidak populer,maka akan ditolak mentah mentah jadi tidak ada  alasanpun peluang bisa kemungkinan besar ditolak.

Cara mengecek tema populer, dibutuhkan atau tidak.

1.Dengan melihat gogle trend, ketik tema maka akan terlihat grafik, grafik atas,adakah peluang untuk menerbitkan buku.
Tema populur,cara mengecek,tampilan buku cenderung naik,stabil atau turun, sebaik lihat di gogle trend sampai kapan peluangnya,contoh,corona, yang paling enak pelajaran selama kurikulum tidak diganti maka masih dibutuhkan,paling tidah diawal semester.

2.Reputasi penulis dimana,kalau dosen akan kelihatan  sudah punya karya berapa, buku maupun jurnal,sudah dibaca orang atau belum, dikutip banyak orang, punya peluang bagus,
Kuadran  reputasi dapat  dilihat,sudah punya karya berapa, banyak dikutip banyak orang  atau tidak, akan dipertagungjawabkan apabila 2000x guru brosing dari guru atau siswa itu, kalau media sosial blognya banyak  yang folow ada peluang, tidak selalu gogel, skoler kalao dosen mencari data lain.
3.Proses penebitan harus melalui jumlah cetak,berapa oplah semakin gede semakin bagus, jumlahnya buku termasuk kudran mana,buku penerbit tidak rugi,tapi lama buku akan tetap laku karena buku ilmu murni, buku tipe ini dicetak sedang,
Buku yang lapnya panjang,misalnya eksiklopedia kompoter, matematika,akan lebih  laku
Kanam bawah lebar,tapi pendek buku yang tergantung perkembangan teknolgi, buku ketinggalan jaman, agar dirvisi, dimusnahkan supaya tidak rugi.
Jangan menulis berita mingguan jelas tidak diterima penerbit.
Digambar kositensi gaya selingkung,
Gaya selingkung,tertentu semua diterima asal konsisten, misalnya pakai
  ALA ( American Langue Assotiation),
  MLA (Michigan Language Assotiation)
  CMS(Chicago Manual Style)
  APA ( American Psychologi Association),sampai pada gaya selingkungan,teknik dibetulkan para editor akan mengedit sesuai dengan gaya selingkung yang diharapkan.

Kuadran kategori penulis akan berpengaruh pada produktifitas dan Kreatifitas

Kelompok idealis
Kelompok idealitas tidak pernah menanyakan uangnya, kapan royalti, berapa royalti yang diperoleh.Royalte berpengaruh,judulnya kurang bagus,judul  tidak boleh  diganti.

Kelompok Industrialis,
Semata-mata uang,mengharapkan imbalan,penulis industrialis akhirnya idealis,
Masalah judul jadi tidak laku, tetap saja dipakai.
Proses usia, yang dulunya penulis idustrialis menjadi idealis,karena sudah berubah ,kaku tidak diganti, sehingga kurang laku dipasarkan, karenatema bagus judulnya kurang baguspun tidak mudah dipasarkan.
Semoga tetap bekerja sama dengan penerbit soal judul dan lain lainnya,agar buku dapat menjadi potensi pasar.

Langkah-langkah menulis  teratur,cepat dan nyaman.

1.Buatlah sinopsis buku,
 Biasa ditulis dibelakang,konter buku secara singkat tentang buku,prasarat pembaca buku, tujuan   buku ditulis,konsumen yang dituju, tulislah dalam paragraf,maksimal 2 paragraf
2.Tentukan model buku,
 Buat erangka karangan,oflan,atau daftar isi, jangan menulis dahulu baru buat daftar isi. Supaya tahu untuk mengetahui sejauh mana tulisan itu sendiri.
Contoh kerangka yang baik dan benar, atau buat kovernya,supaya tahu tulisan sampai dimana.
3.Membuat tujuan manfaat buku
Supaya dibaca,dan diterjemahkan lebih dalam,dengan angka-angka sasaran pembacnya.,perkiraan calon pembaca di Indonesia,kira-kira pesaingnya ada berapa buku,kira-kira menang dalam bersaing,kemudian buat prospek pasar dengan hitung-hitung yang jelas.
4.Harus bisa menjelaskan tujuan tulisan itu,utuk siapa dan bagaimana.
5.Harus membuat tulisan tentang penulis,
Penting karena buku yang ber ISBN artinya buku dinvestasikan negara sepanjang masa, biasanya disimpan  di perpustakaan nasional selam-lamanya,maka harus membuat CV penulis,latar belakang, prestasi ,Profesi penulis,yang sesuai dengan  tulisan, dan dibuat satu paragraf.

Ada rasa takut sebagai penulis pemula yaitu, dituduh sebagi seorang plagiator.
Supaya tidak takut menulis, on joko memberikan kalimat, “ Tidak ada buku didunia yang ditulis dan  yang diterbitkan tanpa sumber refrensi buku yang lain.’ “ Jika menulis buku dengan satu  refrensi buku yang lain  itu disebut Plagiator, tetapi menulis satu buku dengan bebrapa refrensi  buku disebut Riset.Mengambil  kutipan, kata dengan gaya selingkung haruab tertip. Ungkapan penulis terkenal di dunia Yaitu James Chamesiener,I am not verry good writer but I ekselen, dia bukan penulis tapi dia hebat menulis dan ekselen dalam menulis buku yang lain.

Untuk direnungkan, Ada 5 burung bertengger di dhan pohon, 3 diantaranya berkehendak untuk terbang,Berapa sisa burung yang masih bertengger?

Pernah menerbitkan di indie,kalau terbitkan di mayor apakah harus dirubah?

Kalau buku itu sudah pernah meiliki ISBN berarti buku itu sudah legal terbit, nah kalau diterbitkan kembali makan itu namanya CETAK ULANG, kalau akan diterbitkan sebagai buku baru maka harus direvisi total
Jenis tulisan seperti apa yang penerbit ANDI inginkan?
Keduanya Populer (thema, nama penulis) tapi salah satu saja nggak papa, oleh karena itu tulislah buku yang themanya populer dan dibutuhkan masyarakat banyak.
ANDI menerbitkan thema apa saja asalkan kami perkirakan buku itu akan laku.

Bagaimana agar tulisan/ naskah kita bisa diterbitkan oleh Andi? Apakah tulisan tentang kegiatan menulis (kumpulan materi/resume) bisa diterbitkan Andi?
Model tulisan itu bisa saja diterbitkan, tetapi sangat tergantung dari kumpulan tulisan apa, resum tentang apa dari forus apa?, dari situ harus bisa disimpulkan kalau buku itru kan

Apakah setiap buku harus dicetak atau cukup pemasarannya secara e-book?
Bagaimana dengan nasib naskah naskah yang tidak Lolos saat di nilai?
Nasibnya akan tragis jika penulisnya putus asa  jangan putus asa ya, terus komukasi dengan penerbit manapun agar ada solusi naskah itu tetap terbit.

Mohon membagi pengalaman di forum ini, utk buku pelajaran Bhs.Inggris ... gambaran konten seperti apa yang paling laris? Selain syarat harus sesuai silabus tentunya.
TOEF, dan sejenisnya, atau buku bahasa inggris untuk profesi tertentu.

Pernah mengirimkan softfile nya saja, dan ternyata tidak dicetak biodata saya sebagai penulis.
Apakah saya dapat mengirimkan draf itu kembali ke penerbit lain?
Selama tidak ada perjanjian yang mengikat dengan pihak manapun bisa diterbitkan oleh penerbit mana saja. Sayang sekali ya naskah kok dijual putus, semoga harganya layak ya.

Bagaimana dengan RPP? Rencana pelaksanan pemvelajaran,apakah bisa diterbitkan juga, ada peluang?
RPP biasanya dibagi gratis ke guru yang telah memakai buku pelajaran utama, tentunya grtais dari penerbit yang buku utamanya dipakai.

Seberapa peluang penulis pemula dpt bertahan di posisi ini, tolong tipsnya agar dpt terus naik tangga kesuksesan?
 Jangan selalu diposisi Nol ya Pak, dulu semua penulis hebat mulai dari Nol, yang membuat mereka berhasil karen apantang putus asa, dan tidak berhenti menulis. penting bergaulah dengan penerbit sehingga tahu apa yang dimaui penerbit.. Semangat.

Dunia wirausaha saat ini sedang trend,namun anak2 kami yg SMK ini belum besar motivasinya
Kira2 materi atau naskah tulisan yang menarik untuk kalangan remaja usia SMK ini apa ya pak? Biar mereka makin tertarik dengan wirausaha

Buku kewirausahaan untuk SMK sudah banyak kita temui termasuk dari Penerbit ANDI, namun buku buku tersebut diterbitkan seseAI dengan kisi kisi kurikulum yang tidak Ada unsur motivasi sebagai wirausaha. Sebainya menulis buku pengayaan untuk SMK yang berisi motivasi menjadi pengusaha.

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete