Saturday, May 23, 2020

Mencoba Menulis

Mencoba Menulis

Lebaran dalam Keprihatinan

Sabtu,23 Mei 2020 adalah hari terakhir saudara-saudaraku melaksanakan ibadah puasa, Besok mereka sudah merayakan Idulfitri yang merupakan hari kemenangan setelah melaksanakan puasa selam 30 hari.Tidak seperti tahun yang sudah sudah, bulan ramadahn tahun ini diaksanakan dalam suasana yang penuh kecemasan,karena virus corona ini.

Biasanya satu hari menjelang lebaran atau Idulfitri,saya juga selalu sibuk mengantar pesanan beraneka macam kue kepada teman-teman yang memesan. Namun untuk tahun ini,di masa pandemi covid-19 ini, sedikit sekali pesanan  yang dilayani,bahkan mereka datang sendiri ke rumah untuk mengambilnya,itupun tidak banyak hanya 2 orang saja. Hal ini mebuat terasa sangat berbeda, namun saya cukup maklum dengan keadaan ini.

Di tengah pandemi covid- 19 ini tidak banyak yang dapat kita lakukan, karena demi menjaga kesehatan bersama, semua dilakukan di rumah. Tidak hanya saudara-saudaraku yang beragama Islam saja yang melaksanakan kegiatan ibadah dari rumah,bahkan kita semua.Namun tidak mehilangkan rasa persahabatan dan toleransi  diantara kita.

Saya berharap saudara-sadaraku dapat merayakan Idulfitri dengan penuh kegembiran,meski dalam keprihatinan.Saya juga sudah tidak sabar mengucapkan selamat Idulfitri Mohon Maaf Lahir & Batin kepada mereka. Tidak sabar menunggu sampai besok sejak jam  selesai doa sore saya sudah mengirim ucapan selamat dan dilanjutkan sesudah doa malam ini saya lanjutkan lagi. Muda-mudahan tidak ada yang ketinggalan.Saudara-saudaraku semua baik tanpa terkecuali, biasanya kami sering saling berkunjung, meskipun berbeda keyakianan tidak menjadi suatu penghalang bagi saya dan teman-teman untuk saling mengunjungi. Tapi untuk saat ini, sesuai dengan protokol pemerintah,demi kesehatan bersama kita tunda untuk saling berkunjung.

Sungguh suasana yang tidak begitu nyaman sebenarnya, kebiasaan yang kita lakukan selama ini tidak dapat dilaksanakan secara langsung melalui dunia nyata, namun kita merasa terhibur karena dengan adanya teknologi yang semakin canggih saat ini kita dapat bersilahturami meski melalui dunia maya, mulai dari menyapa melalui WA,IG,FB dan lain-lain bahkan ada yang dapat tatap muka langsung melalui aplikasi yang saat ini sudah banyak digunakan.Semua itu dapat dijadikann sarana untuk bersilahturami.

Lebaran di tengah pandemi covid-19 ini, memang sangat dirasakan  perbedaannya. Semoga kita dapat memetik suatu yang baik dari peristiwa ini.Memang dampak covid-19 ini  mengakibatkan perubahan total bagi kita semua di segala bidang. Namun kita pun harus tahu bahwa dampak yang lain pun dapat kita rasakan bersama misalnya saja, yang selama ini jarang berkumpul dengan keluarga, sekarang menjadi lebih sering berkumpul, yang dulunya belum dapat mengoperasikan android untuk hal-hal  belajar jarak jauh,belanja on line dan lain lain,sekarang dapat melakukannya. Dulunya selalu ragu belanja online sekarang sudah bisa bahkan sudah mahir dan banyak lagi dampak lainnya yang bermanfaat.

 Semoga kita dapat menyikapi peristiwa ini dengan bijaksana, dan semoga covid-19 ini cepat berlalu,sehingga kita dapat melakukan kegiatan lebih baik setelah berakhirnya virus ini.Selamat Idulfitri,Mohon maaf lahir dan batin.( Lus,23052020)

3 comments:

  1. Hari Kemenangan

    Hari ini umat Islam merayakan hari kemenangan. Sebulan penuh kita berpuasa. Menahan lapar dan dahaga. Melawan hawa nafsu dalam dirinya. Semoga menjadi hamba Allah yang bertakwa.

    Tak terasa 30 hari di bulan Ramadhan telah kita lewati bersama. Pesantren ramadhan telah kita lalui dengan suka dan duka. Semoga kita bisa seperti ulat yang berubah menjadi kupu kupu yang indah. Kepompong ramadhan telah membuat dirinya sadar bahwa kita hanya insan yang lemah.

    Hari ini kita menjadi manusia yang suci. Manusia yang kembali fitri. Jika hawa nafsu dalam diri sudah bisa dikalahkan. Mari kita berlebaran. Saling maaf memaafkan.

    Selamat hari raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin.

    Salam blogger persahabatan
    Omjay
    Guru blogger Indonesia.
    Blog http://wijayalabs.com

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete