Tuesday, April 21, 2020

RESUME PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL


RESUME KULIAH ONLINE  BELAJAR MENULIS BERSAMA OMJAY
 MATERI PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL
SELASA,21 APRIL 2020
PUKUL 19.00-21.00
                           

Seperti biasa kuliah online pada malam ini dimulai pada pukul 19. 00, OmJay mengawali pertemuan dengan mengucapkan salam, dan langsung menyampaikan bahwa kuliah online pada malan ini dengan menggunkan aplikasi zoom, kitapun segera mempesiapkan alat yang ada di rumah. Dengan penuh percaya diri,saya coba bergabung dengan group melalui zoom itu, karena saya berpikir sudah bisa melakukannya. Namun apa yang terjadi, ternyata saya tidak dapat mengikuti dengan baik, suara yang terdengar tidak jelas, dan kresek-kresek, sehingga menambah tidak jelasnya suara omJai yang sedang menjelaskan materi tentang pembelajaran daring yang ideal. Suara tidak jelas mungkin dikarenakan sinyal yang tidak kuat,seperti yang dijelaskan tadi,untuk melkukan pembelajran daring yang ideal jaringan harus kuat.Mungkin jaringan di rumah saya yang kurang lancar sehingga suara tidak jelas.Akhirnya saya hanya membuka saja materi yang diberikan Omjai melalui group Belajar menulis gel.5
Dalam materi yang diberikan memalui pdf ada 21 halaman yanga semua terdidir dari gambar gambar.
Saya sempat mendengarkan penjelasan gambar tersebut OmJay menceritakan ketika memperoleh juara inobel,beliau mendapat pemenang III.Kemenangan yang yang diraihnya adalah berkat beliau senang menulis, separti yang disampaikannya juga dalam kata kata yang dikutip dari Budiman Hakim Yaitu “Jangan Menunggu Ide Datang Lalu Baru Menulis, Menulislah Dulu Maka Ide Akan Datang Padamu.” Ada dua pilihan   menulis buku,Yaitu buku Digital atau buku Cetak. Maka  mulailah menulils.
 Mulailah Membuat Buku Digital
Menulis dapai dimuali dari cara biasa di dunia nyata, kalau melihat dari gambar yang terlihat adalah tentang  keadaan lomba inobel yang dilaksanakan OmJay. Melalui gambar itu juga dapat suatu tulisan,begitupun dengan gambar belajar disekolah,juga dapt dijadikan inspirasi untuk menulis.
Belajar menulis dapat juga dilakukan dengan menngunakan group WA, seperti yang dilakukan ini adalah belajar menulis gratis melalui Wa. Saya bersyukur dapat belajar menulis melalui WA ini,meskipun tulisan yang dihasilkan belum baik,masih banyak yangharus direvisi,dibenarkan,tapi itulah kemampuan yang saya miliki,memang harus belajar lebih banyak lagi.

Belajar Menulis Pakai Apa
Selain melalui Wa belajar menulis dapat digunakan dengan berbagai cara Misalnya.
·         Menggunakan Aglikasi zoom,
Seperti malam ini belajar menulis  gelombang 5 bersama OmJay menggunakan aplikasi zoom,namun sayang banyak yang tidak menguikuti karena jaringan kurang baik.
·         Workshop Elearning ke 55 kota
Di 55 kota ini Omjai sudah banyak menjadi narasumber dalam kegiatan menulis,untuk memotivas guru-guru yang ada di setiap kota yang beliau kunjungi. Beliau juga sempat menjadi nara sumber yang diadakan dikota tempat saya tinggal dan bertugas. Pada waktu itu kebetulan sayapun mengiuti workshop menulis. Kegiatan waktu itu diikuti kurang lebih 100 orang,. Banyak sekali ilmu yang diperoleh waktu itu,namun belum membuka niat saya untuk menulis,. Setelah ada kuliah online gel.5 ini baru saya mengikuti secara rutin.
·         Gunakan Live Youtube Chanel
Belajar menulis juga bisa dilakukan melalui youtube chanel,seperti yang sudah disampaikan beberapa hari yang lalu, yaitu dalam materi Menulis Buku dalam Seminggu  bersam Prof, Eko Indrajit.
·         Belajar di Rumah Seperti di Sekkolah
Ya bisa saja belajar di rumah seperti di sekolah,seperti yang dilakukan saat ini,karena adanya pandemi corona, sementara ini belajar di rumah seperti di sekolah,namun tentu saja masih banyak kendala, misalnya masih banyak siswa belum meilik android atau jaringan internet di rumah mereka, sehingga masih sulit untuk mengikuti pembelajaran secara daring.  Selain itu ada beberapa tampilan slide dari OmJay.mungkin dapat dijadikan inspirasi dalam menulis, 
·         Dengan menggunakan website
·         Belajar dari Pedagang Kurma
·         Pengurus PGRI Bertemu Mentri
·         Virus Korona dan dampaknya
·         Worshop Online yang Menarik
Pada akhir pembelajaran Omjai menyampaikan terimakasih  bahwa sudah melaksanakan tugas belajar memalui zoom, dan kita diberi tugas untuk menulis presentasi  pembelajaran daring yang dilakukan di sekolah  masing masing.
Selain itu kita juga diberi tugas mebaca buku beliau menulis reviunya selama 6 hari. Yah lumayan juag tugasnya semoga kita dapat menyelesaikan tugas ini.

1 comment:

  1. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete