Monday, April 6, 2020

RESUME KULIAH ONLINE PROSES MENULIS dan MENERBITKAN BUKU MAYOR

 Proses Menulis dan Menerbitkan Buku Mayor


 Bersama OmJay dan Pak Akbar Zainudin


Hari/tanggal   : Minggu/5 April 2020
Pukul               : 19.00-2020
Nara Sumber   : Bapak Akbar Zainudin

Langkah-Langkah Menulis Buku

            Kegiatan kuliah online dimulaioleh pak Akbar dengan mengucapkan salam dan memperkenalkan diri. Beliau adalah seorang penulis buku Man Jadda Wajada. Berkat bunya ini,beliau dapat berkeliling di 33 Povinsi yang ada di Negara kita,hanya satu yang belum beliau kunjungiYaitu Papua. Berarti Provinsi Bengkulu sudah mendapat kunjangan dari Pak Akbar. Selain itu juga beliau menceritakan bahwa dia mulai menulis sejak dibangku SMA. Buku pertama yang berhasil diterbitkan berjudul Man Jadda Wajada, diterbitkan Gramedia, Wah hebat sekali buku pertama langsung diterbitkan oleh penerbit Mayor.Sampai sekarang buku yang sudah diterbitkan sebanyak 13 buah,Hampir semua  tentang motivasi.
             Materi yang disampaikan  pada kuliah tadi malam yaitu Langkah-Langkah Menulis Buku.Langkah dalam menulis disingkat  TOJTRP. Huruf yang pertama adalah T. Tema,Menurut pak Akbar  setiap menulis tentukan Tema besar terlebih dahulu,karena setiap buku harus mempunyai tema besar baik buku fiksi maupun non fiksi.Tema akan menjadi rel yang mengikat tulisan dari awal hingga akhir.Tema yang ditulis cukup satu saja misalnya,kerja keras, cara belajar ,  romantis dan lain sebagainya.Kalau buku yang ditulisnya merupakan motivasi. Berarti dalam menulis  bisa mengambil tema apa yang  diinginkan, Mungkin dapat  dilihat dalam kegiatan sehari-hari,Bisa saja saat berada di lingkungan sekolah,pasar atau pada momen spesial juga.
            Langkah  yang kkedua adalah O, Outline/daftar isi. Ternyata dalam menulis sanngat perlu adanya outline atau daftar isi, supaya tulisan kita terarah,bisa buat jadwal dan target agar dapat menhindari ngeblank pada saat menulis,agar bukunya selesai. Baru beberapa kali menulis terkadang saya kehabisan kata-kata,karena tidak adanya outline sehingga apa yang saya tulis  jadi ngeblank. Dengan membaca materi ini semoga semakin jelas bagi saya untuk memulai menulis.
            Lngkah yang ketiga adalah J, Jadwal. Menurut pak Akbar dalam menulis perlu dibuat jadwal, agar dapat mengontrol dan mengevaluasi  dari hasil tulisan itu.Jadwal dibuat untuk menunjang daftar isi yang sudah dibuat juga,sehingga dapai dimulai menulis dengan sesuai  jadwal misalnya seminggu sudah ada target judul  yang dapat  diselesaikan.
            Langkah keempat adalah T.Tuliskan ,Tema sudah ada,outline sudah ada,jadwal juga sudah ada,berikut adalah tuliskan sesuai dengan outline dan jadwalnya sehingga tulisan dapat diselesaikan. Dalam menulis ini dibutuhlkan disiplin diri  dan komitmen yang harus  dilaksanakan agar tulisan itu selesai dengan target yang sudah dijadwalkan.  Menjalankan komitmen inilah terkadang saya masih merasa kesulitan mungkin terbentur juag dengan banyaknya tugas sebagai ibu rumah tangga, namun seharusnya tdak menjadi hambatan untuk menulis selama akan berusaha dan ada kemauan.Karena sudah terjadwal sesuai dengan langkah langkah di atas.

          Langkah kelima adalah R, Revisi
Revisi dilakukan kalau semua draf tulisan sudah selesai,dalam merevisi jangan terpaku pada salah satu judul saja.Ada beberapa tahap dalam merevisi , Yang pertama menyelesaikan draf buku. Yang kedua,baru revisi, yang direvisi adalah  Data  dan informasi yang kurang.
Data dan informasi dalam buku itu harus jelas,apabila masih kurang kita dapat melenkap data dan informasi yang diperoleh.Selanjutnya Tata Bahasa. Tata bahasa yang digunakan dalam mnulis hendaknya ditulis dengan baik. Juga gaya tulisan, disamakan dari awal sampai akhir.Yang terahir dalam tahap dua ini Judul-judul artikel dibuat menarik.Agar dapat menarik minat pembaca. Yang harut diingat dalam merevisi adalah,jangan terpaku dengan satu judul sampai sempurna,yang penting selesaikan dulu semua draf apapun bentuknya. Penjelasan yang ini saya rada bingung,maksudnya bagaiman ya? Nanti suatu saat akan saya tanyakan.
            Langkah keenam adalah kirim ke penerbit.
Apabila buku sudah dikirim ke penerbit,buku akan dipertmbangkan terlebih dahulu,karena yang paling utama adalah bukunya nanti laku atau tidak, memenuhi kebutuhan masyarakat.bila pembaca butuh buku,dan berapa banyaknya,buku apa yang menjadi kebutuhan masyarakat sekarang,maka akan dapat diterbitkan. Jadi menurut saya kalau menulis berarti disesuaikan dengan kebutuhan atau situasi sekarang. Sebagai penulis harus memahami buku kita,siapa yang akan membeli,kira-kira siapa yang akan membaca,kita juga harus dapat memasarkan atau menjual sendiri,seperti yang sudah dilakukan oleh penulis penulis sebelumnya.

Kita harus bias menbedakan buku sejenis,apa yang membedakan buku kita dengan buku sejenis, harus pandai juga menbandingkan.
Lalu apakah kita juga dapat membantu pemasaran buku itu,kita harus punya jawaban.
Pengiriman naskah dapat dilakukan  bila naskah sudah jadi,diprint,dikirim dengan hard copy dan soft copydalam bentuk CD atau plashdis. Setelah pengiriman kita menunggu hingga 3 bulan.

Simpulan materi kuliah  tentang Langkah-lamgkah menulis adalah  Dalam menulis, supaya tulisan dapat menarik minat pembaca harus ditulis berdasarkan enam langkah yaitu,Tema.Outline,Jadwal,Tulis,Revisi,Penerbit.(lus,5 April 2020}

4 comments:

  1. Terima kasih sudah berbagi
    Yuk mampir http://srisugiastutipln.com

    ReplyDelete
  2. Numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete