Halo, selamat pagi, selamat bertemu lagi di blog Dunia Belajar,mari kita lanjutkan pelajaran kita pada:
Pembelajaran Tema 4 kelas 6
Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Kompetensi Dasar:
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca
4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif.
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyebutkan informasi penting dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dengan tepat.
2. Dengan membaca teks eksplanasi, siswa mampu menyajikan informasi penting dari teks tentang cara menghasilkan energi listrik dalam bentuk visual dengan tepat.
Informasi penting dari Teks Ekspalanasi
Anak-anak masih ingat ya apa itu teks eksplanasi?
Teks Ekksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu fenomena atau peristiwa,baik fenomena alam maupun sosial secara ilmiah berdasarkan prinsip sebab akibat.
Teks eksplanasi bertujuan memberikan informasi yang jelas kepada pembaca.
Mari kita mrnemukan informasi dari teks ekplanasi pada bacaaan yang berjudul
Pembangkit Listrik Tenaga Air
Listrik memiliki peran penting di era globalisasi. Tidak dapat dimungkiri, bahwa globalisasi terjadi karena perkembangan teknologi di berbagai bidang, yang didukung oleh peran listrik sebagai sumber energi di dalamnya. Dengan ditemukannya televisi, komputer, dan telepon genggam, arus informasi kemudian menyebar dengan begitu cepat ke berbagai negara di berbagai belahan dunia. Kebutuhan akan listrik kemudian menjadi suatu hal yang harus dipenuhi bagi semua negara di era globalisasi saat ini.
Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi.
Pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), air dari waduk/sungai (1) masuk melalui pintu (2) yang diatur oleh katup pengaman (3). Air kemudian masuk ke tangki pengaman tekanan (4). Air di dalam pipa pesat (5) mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin (7) melalui katup pengatur tekanan (6) untuk mendapatkan tekanan energi yang besar. Energi potensial air kemudian menggerakan turbin. Energi gerak tersebut kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator (8). Energi listrik dari generator kemudian diatur kapasitas tegangannya dan dialirkan oleh transformer (9). Energi listrik kemudian dibagikan ke konsumen oleh saluran transmisi (10).
Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin tersebut harus bergerak untuk menghasilkan energi gerak yang kemudian diubah menjadi energi listrik oleh generator. Energi penggerak turbin, selain dari aliran air, juga bisa didapat dari angin (PLTA), panas bumi (PLTU), dan sumber energi lainnya. Adakah sumber energi di daerahmu yang bisa digunakan sebagai pembangkit energi listrik?
Keterangan gambar:
1. Sungai/waduk, tempat penampungan air.
2. Pintu masuk air sungai/waduk.
3. Katup pengaman, berfungsi sebagai katup pengatur masuknya air.
4. Tangki pengaman tekanan air jika tiba-tiba naik saat katup pengatur ditutup.
5. Pipa pesat, untuk mengalirkan dan mengarahkan air ke turbin dan untuk mendapatkan tekanan energi yang besar.
6. Katup pengatur turbin.
7. Turbin, mengubah energi potensial air menjadi energi gerak.
8. Generator, menghasilkan energi listrik dari energi gerak.
9. Transformer, untuk transfer energi listrik antardua sirkuit dengan induksi elektromagnet.
10. Saluran Transmisi, penyalur energi listrik ke konsumen.
Pada bacaan dapat kita temukan informasi yaitu:
1.Paragraf ke-1: Topik masalah
: Listrik memiliki peran penting di era globalisasi.
2.Pragraf ke-2: Deret Penjelas
a. Listrik dihasilkan di pusat pembangkit menggunakan beragam sumber energi.
antara lain Pembangkit Listrik Tenaga Air.
b. Proses/cara PLTA menghasilkan energi listrik sampai pada konsomen,melalui 10 tahap.Paragraf ke-3;
Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Komponen utama pada semua pembangkit energi listrik adalah turbin dan generator. Turbin dapat digerakan oleh energi angin , panas bumi(PLTU) dan energi lainnya.
Demikian materi hari ini, silahkan anak-anak melanjutkan dengan membaca bacaan selanjutnya pada buku tema 4 halaman 25, 29, dan 45. Selamat membaca,dan temukan informasi penting dalam bacaan itu.
Sampai bertemu pada materi selanjutnya.Terimakasih,Tuhan Memberkati.Amin
*vjchxhxhxjxuiblbljppcuc*
ReplyDeleteSangat jelas bu, terima kasih
ReplyDelete