Friday, July 24, 2020

Quick Writing Series


Quick Writing Series
Bersama Lukman Hakim
Rabu,22 Juli 2020

Malam ini kembali Bu Sri Sugiastuti yang lebih akrab dipanggil bu Kanjeng bertindak sebagai moderator akan mendampingi Narasumber yang akan berbagi ilmu dan pengalamannya. Bu Kanjeng yakin bahwa nara sumber sudah siap.

CV narsum  malam ini,  Pak Lukman yang akan berbagi malam ini, profilnya  sebagai berikut:
Lukman Hakim
P3G Jawa Timur
Penerbit Delta Pustaka
Blogger: kelaskuonline.id
Vlogger: kelasku online
Bu Kanjeng langsung mempersilahkan pak Lukman untuk  berbagi ilmu dan pengalamannya

Pak Lukman Hakin yang lebih suka dipanggil Cak Lukman telah mendedikasikan diri kepada pengembangan diri guru, mulai dari Pengembangan Diri, Publikasi Ilmiah, dan Karya Inovatif
untuk itu beliau  memiliki lembaga: Pusat Pengembangan Profesi Guru Jawa Timur (wadah pelatihan pengembangan diri) dan Penerbit Delta Pustaka serta Jurnal Inovasi Pembelajaran (wadah PI dan KI)
 Beliau njuga sebagai penggagas beberapa pelatihan diantaranya

Pelatihan PTK ini didesain mulai dari awal sampai menjadi Buku,tetapi karena ada pandemi maka terhenti sementara karena untuk penerapannya membutuhkan tatap muka.setelah PTK selesai, maka pelatihan selanjutnya adalah:

PTK diubah menjadi buku referensi/buku pendidikan.
Angkatan 2 baru saja selesai dengan menghasilkan 90 karya buku pendidikan/referensi berISBN yang diterbitkan oleh delta pustaka
Bagi teman-teman yang tidak menulis serius seperti PTK dan PTK jadiBUKU, saya menggagas Quick Writing Series:

QWS adalah menulis santai tentang catatam harian guru,sebagai guru apapun kegiatan yang dilakukan dapat menjadi catatan harian.
Awalnya   mungkin 2 halaman kemudian 6 halaman,tagline: 1 hari 1 buku antologi
QWSpertama telah selesai dan menghasilakn 14 buku selama 14 hari. Bagaimana teman teman? Tertarik ya, kita tinggal mengatur waktu,semoga cak Lukman bisa memdapimhi kiat menulis QWS.

Masa pandemi  yang sampai saat inimasih berlangsung, cak Lukman  mencoba membuat pelatihan modul terintegrasi Youtube. Mari kita tonton youtubenya, jangan lupa lke dan suscruber lho katanya.

PelatihanModul: 
https://www.youtube.com/playlist?list=PLVYSTXgn1aHpJEsLql5WgZYg105rDo15V

Pendahuluan:
Dapat ditulis berdasarkan  pengalaman menarik dalam aktivitas sebagai seorang guru. Pengalaman mendidik dan mengajar  di kelas maupaun diluar Youtubenya masih berlangsung untuk tingkat lanjut,dan diakhir acara Cak Lukman membagikan ebook bukunya sebanyak 3 buku secara gratis.PTKjadi BUKU

Penerbit Delta di CV cak Lukman merupakan penerbit indie yang mendedikasikan diri untuk para guru yang igin menerbitkan buku terutama untuk kenaikan pangkat.
Untuk membuat buku catatan guru harian guru dijelaskan oleh cak Lukman dalam youtube

Cak Lukman sebagi penggagas  QWS memang untuk menulis santai dengan  outline sederhana: pendahuluan, isi dan penutup.
kelas dapat dijadikan sebagi bahan tulisan yang menarik.Tulis saja dengan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami. Pengalaman mungkin diperoleh saat mengantar atau mendampingi siswa mengikuti lomba, nah ini juga bisa dijadikan sebagi bahan tulisan ditambah dengan dokumen pendukung seperti foto kegiatan.

Inti ;
Bagian inti menjelaskan kejadian yang dialami dalam sudut pandang yang menginspirasi.
pada bagian ini tulislah ide yang muncul,tuangkan apa yang menjadi pikiran kita saat itu , tulislah dengan jari jemari yang menari diatas keybord.sama denag pendahuluan tulis dengan bajhasa sederhana dan mudah dimengerti,makan terbentuk suatu artikel yang bermakna.yang dapat bermamafaat bagi diri kita dan orang lain.

penutup:
Pada bagian penutup meburut cak Lukman tulis hal- hal  yang dapat diambil oleh ibroh/pelajaran oleh pembaca.
Tulisan cak Luman  di http://kelaskuonline.id/kebanyakan adalah catata harian,yang  tulisannya  pendek pendek dan enak dibaca.
Tips manajemen waktu antara mengajar, menulis, dan mengelola penerbitan? Menurut cak Lukman
Baginya, Menulis  adalah bagian dari mengajar,menulis itu juga memunculkan penerbit,semua terkoneksi antar satu dengan lainnya,sehingga semua bisa berjalan beriringan.Buku IPA SMK itu muncul dari kebutuhan untuk mengajar

 Pada tahun 2009 cak Lukman  diterima PNS, masuk tahun ajaran baru beliau  menggunakan LKS  beli dengan harga 7 ribuan. Merasa bahwa LKS yang dibeli kurang layak,maka untuk tahun berikutnya memutuskan untuk berhenti menggunakan LKS dan memutuskan untuk membuat sendiri. Maka lahirlah buku LKS yang diterbitkan dengan menggunakan penerbit sendiri, yang dibuatnya sendiri.

Menulis di kelaskuonline.id juga sama apa yang dialami ketika menjadi guru, ditulis di sana sebagai tabungan yang akan diterbitkan menjadi buku yang kedua.Guru Penggerak 4.

Dari tabungan di blog: kelaskuonline.id,jadi cak Lukman  tidak membutuhkan manaj waktu.
Syarat jika buku dibuat ebook  tidak ada,semua buku yang  didaftarkan dalam bentuk cetak.
Kalau ada permintaan dari penulis untuk diebookkan saya akan ebookan

Untukmembuat semacam LKS/LKPD (panduan pembelajaran), sangat bisa dijadikan buku  tetapi jika diberi kelas maka harus berjilid,misalkan  cak Lukman  di SMP mengajar IPA,maka buku pelajaran harus lengkap 3 mapel.Karena ada ISBN ber jilid,kalau sudah di ISBNkan dan diterbitkan tidak perlu validasi dari dinas pendidikan,kalau tidak di ISBNkan, maka wajib ada pengesahanya,untuk menentukan nilai AK,silahkan baca buku 4 PKB.
Bagi teman teman yang akan menerbitkan PTK menjadi buku,cak Lukman siap berbagi silahkan WA pri.ingin instan https://youtu.be/Ec0WXYcx-5Q

1. Bagaimana langkah yg paling mudah dan sederhana untuk mengubah skripsi, tesis, dan PTK menjadi sebuah buku?
2. Jika variabel dalam sebuah PTK sama dapat di PTK kan lagi dalam populasi dan sampel yang berbeda?
PTK itu memiliki kekhasan yaitu: pada kelas tertentu dan mapel tertentu,tidak bisa digeneralisir,misalnya membuat PTK IPA PBL di kelas V-a,maka  akan  diteliti lagi PBL di kelas VII-b, jadi  tidak ada masalah’

Untuk menyelesaikan kegiatan dalam waktu yang bersamaan ada baiknya buatlah sekala prioritas, mana yang akan diselesaikan terlebih dahulu.Jika dipaksa memnbagi waktu, gunakan waktu luang saat tdk mengajar untuk menyempatkan diri menulis atau membuat media.Misalkan antara membuat media dan buku,buku lebih urgen daripada media maka selesaikan dulu buku,untuk pelatihan, cak Lukman pernah menulis di blog bahwa tidak semua pelatihan harus diikuti.

Untuk mengirim naskan PTK dijadikan buku di penerbit cak Lukman membutuhkan waktu 1 bulan: 1 hari layout, cetak 2 minggu.  Dengan prosedur sebagai berikut: kirim naskah kemudian ditata,diedit silang,artinta cak Lukman edit,penulis juga mengedit.

Kenapa jarang guru bahasa yang bisa nulis bagus?
kelaskuonline.id adalah menulis santai dan kadang menulis serius,siapapun yang belajar menulis, menulis dan menulis maka dia akan menemukan gaya menulis,mencontoh kemudian menemukan rasa diri sendiri genre tulisan ,cerita nyata dan buku-buku serius. Cak Lukman mengatakan bahwa beliau lemah dalam sastra,cerpen dan puisi, beliau tidak mahir.

Tetapi,Tulisan Cak Lukman tidak hanya ringan untuk dibaca tetapi berkarakter dan mengajarkan kehati-hatian. apakah menurut Cak Lukman semua tulisan/ catatan harian yang dijadikan buku itu bisa memiliki nilai jual? Bagaimana jika catatan harian itu diambil dari berbagai pengalaman yang berbeda? Apakah kesannya tidak jadi ramai?

Jika ditulis dengan bahasa yang sederhana dan pendek (2-6 halaman A5) dan menginspirasi maka akan sangat layak jual. Tentuk ini masalah PD atau tidaknya penulis sih. Kalo saya tidak pernah menjual buku saya. Saya suka membagikan atau bayar seikhlasnya

Masalah jurnal yang dikirim untuk kenaikan pangkat itu harus memenuhi penerbit jurnal yang sudah beraviliasi dengan perguruan tinggi. Di mana  harus mengirimkan jurnal itu ?
Sebenarnya di buku 4 tidak ada ketentuan seperti. berafiliasi maksdnya adalah bermitra bestari dengan perguruan tinggi. Bila dipadang layak, bisa kirim tulisan artikel.

Pada akhir sharingnya cak Lukman menyampaikan  kalimat motivasi.Dan menyatakan siap membantu menerbitkan buku. Dengan slogan,Antitolak,Antimahal,Silahkan dicoba.

Belajar menulis. Semua penulis hebat selalu diawali dengan penulis pemula. Jika anda sdh menjadi penulis pemula, maka akan ada kemungkinan menjadi penulis hebat.

2 comments: